12 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan Tubuh



Buah nanas dikenal dengan rasanya yang nikmat dan segar, tidak heran apabila banyak orang yang menggemari buah nanas tersebut. Berikut penjelasan mengenai manfaat dari buah nanas.

Buah nanas adalah salah satu macam buah yang sering dihubungkan dengan mitos-mitos tertentu, seperti pemicu sakit perut, keputihan, bahkan sampai keguguran. Hal itulah yang menjadikan banyak orang untuk berpikir ulang dalam mengkonsumsi buah nanas.

Padahal, manfaat dari buah nanas bagi kesehatan tubuh sangatlah banyak. Buah nanas memiliki nutrisi dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Dalam 160 gram buah nanas, memiliki kandungan seperti :

- 80 kalori

- 0,8 gram protein

- 20 gram karbohidrat

- 0,1 gram lemak

- 2,1 gram serat

- 16 gram gula

- 77 miligram vitamin C

Manfaat buah nanas bagi kesehatan tubuh

1. Melancarkan sistem pencernaan

Dengan mengkonsumsi buah nanas dapat membantu dalam melancarkan sistem pencernaan Anda. Karena, buah nanas memiliki bromelain yang merupakan enzim proteolitik.

Enzim tersebut dapat berguna dalam melunakan makanan dan memecah protein yang berada di dalam lambung, sehingga dapat membantu tubuh Aanda dalam mencerna dan menyerap nutrisi yang terdapat dalam makanan. 

Oleh sebab itu, dengan makan satu potong nanas setelah makan mampu membantu sistem saluran pencernaan tubuh secara keseluruhan, semisal mencegah kembung, mengurangi produksi gas, mual, sembelit, dan masalah terhadap usus besar.

2. Mengurangi resiko penyakit kanker

Salah satu dari manfaat buah nanas bagi kesehatan tubuh adalah mampu mengurangi resiko penyakit kanker.

Penyakit kanker disebabkan karena timbulnya pertumbuhan sel yang tidak terkendalikan. Terdapat beberapa faktor yang bisa membuat seseorang terkena penyakit kanker, dimulai dari riwayat kesehatan keluarga sampai pada pola hidup.

Beberapa studi menunjukan bahwa buah nanas memiliki komponen bromelain yang bisa mengurangi resiko penyakit kanker dengan menurunkan peradangan. Meski demikian, masih diperlukan sebuah penelitian lebih lanjut  lagi terhadap sel manusia.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat dari mengkonsumsi buah nanas selanjutnya adalah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah nanas memiliki antioksidan yang tinggi, yaitu molekul yang bisa membantu tubuh dalam mengatasi stres oksidatif sehingga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan yang berada pada buah nanas berupa flavonoid dan fenolik

Penelitian yang menggunakan dua tikus menemukan bahwa antioksidan yang berada pada buah nanas mempunyai efek proteksi untuk penyakit jantung.

4. Mengatasi gejala arthritis

Bromelain mampu mengurangi peradangan terhadap radang sendi. Sebuah studi menjumpai bahwa suplemen bromelain dapat mengurangi osteoarthritis pada punggung bagian bawah.

Tapi, untuk menangani kondisi osteoarthritis, pastinya tidak hanya dengan mengkonsumsi nanas saja. Anda juga mesti harus menerapkan pola hidup yang sehat dengan memeriksakan diri ke dokter.

5. Mengurangi peradangan

Sebuah studi yang dilakukan terhadap 30 orang dewasa yang mempunyai sinusitis kronis. Mereka diminta untuk mengkonsumsi 500 mg bromelain, dan hasilnya radang mereka terbukti berkurang. 

Karena dampak dari antiperadangan itu, makan nanas juga bermanfaat dalam melawan rasa nyeri serta mengurangi pembengkakan.

6. Mempercepat dalam penyembuhan operasi

Bromelain yang terdapat dalam buah nanas bisa mengurangi ketidaknyamanan, rasa sakit, dan juga bengkak setelah proses operasi. Lebih lanjut lagi, bromelain bisa meningkatkan pemulihan setelah prosedur beda kulit.

Disamping itu, bromelain bisa meningkatkan resiko pendarahan setelah menjalani operasi. Maka dari itu, perlu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokster sebelum Anda mengkonsumsi bromelain, khususnya untuk Anda yang baru menjalani operasi.

7. Membantu dalam menjaga kesehatan kulit

Dengan makan buah nanas dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit Anda. Itu karena kandungan dari vitamin C yang terdapat di dalamnya.

Vitamin C bisa membantu dalam mengurangi garis-garis halus dan juga kerutan, sehingga mampu membuat kulit Anda tampak lebih segar. 

Disamping dapat dimakan secara langsung, Anda juga bisa membuat masker nanas untuk digunakan pada kulit Anda.

8. Membantu menurunkan berat badan

Anda mungkin sudah pernah mendengar bahwa buah nanas bisa menyebabkan penurunan berat badan.

Meski belum banyak penelitian yang menunjukan hal tersebut, buah nanas bisa menjadi sebuah pilihan camilan yang sehat karena rendah kalori, tinggi vitamin dan mineral yang penting, serta tidak termasuk ke dalam golongan lemak jenuh atau lemak trans.

Sebenarnya tidak ada buah tertentu yang secara langsung dapat menyebabkan penurunan berat badan. Namun, buah-buah tersebut dapat membantu Anda untuk dapat merasakan kenyang tanpa harus menambahkan kalori ke dalam tubuh Anda.

9. Membantu dalam mengatasi anemia

Kandungan vitamin C di dalam buah nanas sangatlah tinggi. Vitamin C bisa membantu tubuh dalam menyerap zat besi lebih banyak.

Buah nanas juga ikut berperan dalam memproduksi hemoglobin di dalam tubuh. Maka dari itu, salah satu dari manfaat buah nanas bagi kesehatan adalah mampu mencegah dan mengatasi kondisi anemia.

10. Membantu memprkuat gusi dan gigi

Dengan makan buah nanas diyakini dapat bermanfaat dalam memperkuat gusi dan mampu menjaga kesehatan gigi. Gigi dan tulang Anda itu terdiri dari kalsium, dan nanas mempunyai kandungan kalsium yang cukup tinggi. Disamping itu, buah nanas juga memiliki kandungan mangan yang juga bagus bagi kesehatan gigi.

11. Menurunkan resiko penyakit asma

Resiko terkena penyakit asma lebih rendah terhadap orang yang mengkonsumsi nutrisi tertentu dalam jumlah yang tinggi.

Salah satu nutrisi itu adalah beta-karoten. Hal tersebut dijumpai dalam makanan nabati berwarna oranye, kuning, dan juga hijau tua. Contohnya nanas, mangga, aprikot, pepaya, melon, brokoli, wortel dan labu.

Beberapa studi juga sudah menunjukan bahwa bromelain bisa memberikan sebuah kontribusi dalam mengurangi penyakit gejala asma.

12. Menjaga kesehatan tulang

Sama pentingnya dengan kalsium, mineral mangan juga sangat penting dalam menjaga tulang agar tetap kuat. Buah nanas merupakan salah satu sumber makanan yang kaya akan mineral. Satu gelas buah nanas memiliki sekitar 75 persen nilai mangan harian yang dianjurkan. Mangan bisa membantu mencegah osteoporosis dan meningkatkan kepadatan tulang.

Baca juga : Manfaat Buah Kurma, Manfaat Buah Anggur, Manfaat Buah pir

Meskipun sangat menjanjikan banyak manfaat bagi kesehatan, konsumsi buah nanas tetap harus dibatasi dalam satu harinya. Sebab, sebagain besar kalori yang terdapat pada buah nanas berasal dari gula, yang bisa jadi berbahaya bagi penderita diabetes.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang nutrisi dan manfaat dari buah nanas, Anda dapat berkonsultasi pada dokter gizi.

Related Posts:

0 Response to "12 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment