16 Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh



Semua mengerti bahwa bawang merah merupakan bumbu dasar untuk bermacam-macam jenis menu masakan. Aroma yang harum dan rasanya yang khas akan menambah kelezatan makanan.

Tapi, mungkin hanya sedikit yang mengerti bahwa bawang merah memiliki manfaat begitu banyak bagi kesehatan tubuh. Masyarakat sebetulnya sudah lama memanfaatkan bawang merah untuk kesehatan mereka. Seperti, bawang merah sering dipakai untuk pengobatan demam pada anak.

Tusid Phytotherapy Research menunjukan bahwa bawang merah merupakan sumber antioksidan. Disamping itu masih terdapat bermacam-macam manfaat bawang merah bagi kesehatan tubuh Anda. Dibawah ini penjelasannya.

Manfaat Bawang Merah bagi kesehatan tubuh :

1. Menjaga kesehatan jantung

Dengan mengkonsumsi bawang merah dapat membantu dalam menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Dalam sebuah studi penelitian pada tahun 2002 yang terdapat dalam jurnal Thrombosis Research menyatakan bahwa, sulfur yang terdapat pada bawang merah merupakan sebuah komponen yang dapat berdampak terhadap kesehatan jantung.

2. Mempunyai efek antialergi

Di dalam sebuah studi penelitian pada tahun 2019 yang di nyatakan di Pubmed menunjukan bahwa bawang merah mempunyai efek antialergi. Dlam penelitian uji klinis acak, studi itu menyatakan bahwa suplementasi oral pada bawang merah yang di campur dengan obat cetirizine mampu memberikan efek penyembuhan yang lebih baik jika dibandingkan dengan obat tunggal. Menurut University of Maryland Medical Center, zat kuersetin yang terdapat dalam bawang mampu menurunkan reaksi alergi dengan menghentikan tubuh dalam memproduksi histamin.

3. Mampu menangkal radikal bebas

Manfaat bawah merah selanjutnya adalah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Polifenol yang terdapat pada bawang memiliki manfaat sebagai antioksidan untuk menjaga tubuh dari paparan radikal bebas.

4. Meningkatkan sistem imun tubuh

Menangkal radikal bebas berarti dapat membantu meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terpapar penyakit. Itulah mengapa, makan bawang merah yang pastinya juga diimbangi dengan makanan bergizi yang seimbang lainnya bisa menjadikan Anda terhindar dari bermacam-macam penyakit.

5. Menjaga sistem saluran pencernaan

Salah satu manfaat dari bawang merah adalah bisa menjaga sistem saluran pencernaan. Bawang merah memiliki serat sehingga dapat membantu proses pencernaan. Buang air besar pun juga bisa menjadi lebih teratur. Tidak sampai disitu saja, bawang merah juga memiliki jenis serat larut khusus, oligofruktosa, untuk mendorong berkembangnya bakteri baik di dalam usus.

6. Mengatasi diare

Jika Anda sedang mengalami diare, mungkin tidak ada salahnya untuk mencoba mengkonumsi bawang merah untuk mengatasi masalah diare tersebut. Sebuah studi di tahun 2005 dalam jurnal Clinical Gastroenterology and Hepatology menyatakan, oligofruktosa yang terdapat pada bawang merah dapat membantu dalam mengobati serta mencegah penyakit diare.

7. Mengendalikan kadar gula darah

Sudah pernah mengertikah Anda, jika salah satu manfaat dari bawang merah bagi kesehatan adalah dapat mengontrol kadar gula darah? Kromium yang terdapat dalam bawang bertujuan dalam membantu mengontrol kada gula darah. Selain itu, sulfur dapat membantu menurunkan kadar gula darah dengan memicu produksi insulin. Dalam sebuah studi pada jurnal Environmental Health Insights pada tahun 2010 menyatakan, orang dengan diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 yang mengkonsumsi bawang merah menunjukan bahwa kadar glukosa yang lebih rendah sampai 4 jam. Setelah itu, analisa pada 2014 dalam jurnal Nutrition menyatakan, penderita penyakit diabetes tipe 2 memiliki kadar gula darah yang lebih rendah ketika makan bawang.

8. Membantu meningkatkan kepadatan tulang

Penelitian yang terdapat dalam jurnal menopause pada tahun 2009 menunjukan, dengan mengkonsumsi bawang setiap hari dapat berpotensi membantu meningkatkan kepadatan tulang pada wanita menopause. Wanita yang mengkonsumsi bawang merah juga mempunyai resiko patah tulang pinggul sekitar 20 persen lebih rendah apabila dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah sama sekali mengkonsumsi bawang.

9. Menurunkan potensi penyakit kanker

Manfaat bawang merah bagi kesehatan tubuh berikutnya adalah sebagai pencegahan penyakit kanker. Zat kuersetin yang ada dalam bawang kemungkinan adalah agen antikanker yang baik. Senyawa itulah yang bisa menghambat sel kanker pada payudara, usu besar, prostat, paru-paru, endometrium. Komponen tersebut bisa menghentikan laju kanker dengan beberapa mekanisme, seperti menjaga siklus sel, menginduksi apoptosis, dan lain sebagainya.

10. Melancarkan pernafasan

Lendir yang ada dalam tenggorokan dan dapat menghambat laju pernafasan bisa diatasi dengan mengkonsumsi bawang merah. Cukup mengkonsumsi bawang merah mentah atau acar supaya tubuh terasa hangat dan laju pernafasan menjadi lebih lancar.

11. Mampu menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol yang berlebihan tidak lah baik bagi kesehatan tubuh manusia. Namun, dengan makan bawang merah, kadar kolesterol dapat berkurang karena bawang merah dapat melancarkan mobilisasi dan menghindarkan hambatan penumpukan.

12. Dapat mengobati luka

Umbi pada bawang merah dapat dipakai untuk menangani luka terhadap tubuh. Caranya cukup dengan mengiris-iris umbi bawang merah lalu di kombinasikan dengan minyak kelapa dan juga garam. Panaskan semua bahan sampai mendidih, setelah itu, dinginkan bahan yang sudah tercampur dan oleskan pada luka secara teratur, minimal tiga kali dalam sehari. Dengan begitu, luka terhadap tubuh akan lebih cepat mengering dari luar dan juga dalam.

13. Mengatasi mata ikan

Manfaat bawang merah bagi kesehatan tubuh berikutnya adalah untuk mengatasi mata ikan. Bubuhkan potongan bawang merah pada sekitar area mata ikan. Lakukan hal tersebut dari sore hari sampai pagi hari, setelah itu, cuci kaki dengan air hangat dan sabun.

14. Meningkatkan stamina Laki-Laki

Manfaat bawang merah bagi kaum laki-laki adalah dapat meningkatkan stamina. Karena, kandungan fitokemikal pada bawang merah dapat menjadi pendorong vitamin C agar menguatkan sistem kekebalan tubuh sampai mencegah penyakit di dalam tubuh.

15. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah yang tinggi di dalam tubuh dapat mengakibatkan bermacam-macam resiko penyakit berbahaya. Dengan mengkonsumsi bawang merah, resiko itu bisa diminimalkan karena terdapatnya zat quercetin yang dapat menurunkan tekanan darah.

16. Menjaga kesehatan fungsi ginjal

Bawang merah diyakini mempunyai kemampuan dalam menurunkan asam urat dan keratin di dalam tubuh. Dengan begitu sistem fungsi ginjal dapat selalu terjaga. Tapi, penelitian mengenai hal ini masih dibutuhkan pengembangan karena selama ini penelitian baru dilakukan dalam skala laboratorium.

Baca juga : - Manfaat Jambu Biji

                   - Manfaat Bawang Putih

                   - Manfaat Bengkoang

Itulah beberapa manfaat bawang merah bagi kesehatan tubuh yang begitu berguna. Tidak ada salahnya untuk mulai rutin dalam mengkonsumsi bawang merah. Untuk mengetahui manfaat lebih jauhnya Anda dapat berkunjung ke dokter gizi agar memperoleh pengarahan yang lebih detail lagi.

Related Posts:

0 Response to "16 Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment