16 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh



Bawang putih mempunyai banyak sekali kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Manfaat dari bawang putih seperti mengatasi flu sampai meningkatkan sistem imun tubuh.

Selama ini, pastinya Anda sudah mengerti jika bawang putih mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Bawang putih sering menjadi bumbu tambahan agar menambah cita rasa masakan.

Tapi, benarkah mengkonsumsi bawang putih tersebut secara mentah malah lebih dapat memberikan sebuah manfaat bagi kesehatan tubuh? Tidak ada salahnya untuk menyimak berbagai ulasan tentang manfaat bawang putih mentah bagi kesehatan tubuh.

Kandungan nutrisi bawang putih

Bawang putih memiliki berbagai nutrisi penting dan rendah kalori. Satu siung bawang putih tersebut memiliki kandungan mangan, Vitamin B1, vitamin B6, Vitamin C, selenium, sejumlah kecil serat, kalsium, tembaga, fosfor, zat besi, dan juga kalium

Disamping itu, bawang putih juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Sehingga sangat berguna dalam mencegah berbagai paparan radikal bebas yang dapat memicu berbagai macam penyakit.

Manfaat mengkonsumsi Bawang putih mentah

Sangat banyak kandungan nutrisinya, menjadikan bawang putih memiliki manfaat yang bermacam-macam bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat bawang putih, yaitu :

1. Membantu mengatasi flu 

Bawang putih sudah sejak lama diyakini baik bagi kesehatan tubuh. Manfaat dari bawang putih mentah adalah hasil dari senyawa belerang yang terbentuk saat siung dari bawang tersebut dicincang, dihancurkan, atau ketika Anda kunyah. Salah satu manfaat bawang putih adalah dapat untuk mengatasi flu.

2. Mampu mengendalikan kolesterol

Kolesterol menjadi salah satu kebutuhan di dalam tubuh. Tapi, ketika jumlah kolesterol yang terlalu tinggi, situasi tersebut bisa memicu berbagai gangguan kesehatan. Bawang putih mentah dapat membantu dalam mengendalikan kadar kolesterol di dalam tubuh. Manfaat bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol sebesar 10-14 persen.

3. Meningkatkan sistem imun tubuh

Bawang putih mentah bisa meningkatkan fungsi sistem imun tubuh dan juga dapat mengurangi terjadinya intensitas berbagai penyakit. Seperti flu dan infeksi sistemik atau kulit lainnya.

4. Menurunkan resiko penyakit kanker

Manfaat bawang putih mentah bagi kesehatan tubuh berikutnya adalah dapat menurunkan resiko penyakit kanker. Salah satunya adalah kanker usus besar. Melansir dari American Journal of Epidemiology, sebuah kelompok yang sering makan bawang putih mentah tersebut bersama dengan sayur-sayuran dan buah-buahan secara rutin, dapat menurunkan resiko penyakit kanker usus besar sekitar 35 persen.

5. Membantu untuk menurunkan tekanan darah

Senyawa aktif pada bawang putih tersebut mampu menurunkan tekanan darah (hipertensi), menurunkan resiko penyakit kardiovaskular seperti stroke dan juga serangan jantung.

6. Mencegah penyakit demensia dan alzheimer

Manfaat dari bawang putih mentah berikutnya adalah dapat mencegah penyakit demensia dan juga alzheimer. Hal tersebut dikarenakan bawang putih tersebut memiliki kandungan antioksidan yang begitu tinggi. Antioksidan dapat mencegah kerusakan otak karena terpapar radikal bebas atau stres oksidatif yang bisa terjadi. Saat otak menjadi lebih sehat, maka berbagai macam penyakit yang dapat menyerang otak akan menurun.

7. Mengendalikan kadar gula darah

Bawang putih mentah bisa mengurangi fluktuasi kadar gula darah sebelum makan terhadap orang dengan atau tanpa diabetes. Hal ini sebabnya, mengkonsumsi bawang putih mentah juga dianjurkan bagi pengidap diabetes.

8. Membantu menjaga kesehatan kulit

Manfaat bawang putih mentah selanjutnya adalah mampu membantu mengatasi beberapa masalah pada kulit, seperti jerawat sampai bekas jerawat. Anda dapat mengoleskan bawang putih mentah tersebut yang sudah dihaluskan pada beberapa luka bekas jerawat atau jerawat.

9. Mengoptimalkan kinerja fisik

Manfaat bawang putih bagi kesehatan tubuh lainnya adalah dapat menurunkan kelelahan serta mengoptimalkan kinerja atletik dan kapasitas fisik. Di era jaman dahulu, bawang putih ini baik untuk menngoptimalkan kinerja fisik para pekerja dan meningkatkan kinerja atletik pada atlet olimpiade di zaman Yunani Kuno.

10. Memaksimalkan kesehatan tulang

Manfaat bawang putih yang lainnya adalah mampu menjaga dan memaksimalkan kesehatan tulang. Makanan yang baik tersebut dapat membantu dalam mencegah penyakit osteoporosis.

11. Mengatasi rambut rontok

Manfaat dengan mengkonsumsi bawang putih mentah dapat membantu mengatasi masalah rambut yang rontok, salah satunya adalah kerontokan. Bawang putih memiliki kandungan zat sulfur dengan keratin yang tinggi sehingga dapat membantu memperkuat dan mendorong pertumbuhan rambut pada kulit kepala. Terlebih lagi apabila Anda memiliki masalah kebotakan maka dengan mengkonsumsi bawang putih mentah diyakini dapat untuk mengatasinya.

12. Membantu menjaga kesehatan jantung

Anda dapat menjaga keseahtan jantung dengan rutin makan bawang putih mentah. Karena bawang putih mentah sangat manjur dalam menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga mampu untuk mencegah terbentuknya enzim pada organ hati yang biasanya menjadi penyebab kadar kolesterol di dalam tubuh.

Ternyata kandungan diallyl trisulfide pada bawang putih mentah juga bisa dalam membantu menjaga organ jantung bagi orang yang pernah mengalami serangan jantung atau setelah melakukan bedah jantung dan orang yang sudah pernah mengalami penanganan gagal jantung. Namun masih diperlukan beberapa penelitian lebih lanjut mengenai manfaat yang satu ini.

13. Menawarkan efek antiradang

Mengkonsumsi bawang putih mentah efektif dalam meredakan efek antiradang jika dibandingkan dengan bawang putih yang sudah dimasak. Manfaat itu terlepas dari kandungan allicin yang terdapat pada bawang putih. Manfaat ini dapat Anda dapatkan apabila mengkonsumsi bawang putih mentah secukupnya, alias tidak berlebihan karena apabila mengkonsumsi bawang putih mentah secara berlebihan malah justru bisa memperparah.

14. Meningkatkan kesuburan

Manfaat mengkonsumsi bawang putih mentah selanjutnya adalah dapat meningkatkan kesuburan. Sebuah penelitian menunjukan bahwa bawang putih mempunyai kandungan antioksidan yang bisa memperbaiki kadar testoterone dan struktur testicular yang menyebabkan kualitas sperma menjadi lebih baik lagi. Mungkin masih diperlukan penelitian lebih lanjut lagi mengenai manfaat dalam meningkatkan kesuburan.

15. Menjaga dari bakteri dan jamur

Dalam penelitian yang pernah dijalnkan Washington State University, menunjukan bahwa kandungan diallyl sulfide terhadap bawang putih dapat mengatasi bakteri Campylobacter yang biasanya menjadi sebuah penyebab terhadap gangguan pencernaan. Hal ini sebabnya bawang putih mentah dapat melawan bakteri dan jamur terhadap manusia, bahkan 100 kali lipat kemampuannya lebih efektif jika dibandingkan dengan antibiotic yang pada umumnya. Dari sinilah bawang putih mempunyai sebuah potensi besar untuk menjadikannya sebagai alternatif untuk antiobiotic alami.

16. Menurunkan keracunan timah

Di dalam dunia kesehatan keracunan timah sangat berisiko dalam bermacam-macam masalah kesehatan yang sangat serius. Tapi gejala itu bisa diturunkan salah satunya dengan mengkonsumsi bawang putih mentah secara rutin. Kandungan diallyl sulfide dan sulfur yang terdapat pada bawang putih diyakini bisa memberikan sebuah perlindungan yang efektif dari kandungan logam berat, semisal timah yang bisa jadi masuk ke dalam tubuh manusia.

Baca juga : Manfaat Buah belimbing bagi kesehatan tubuh, Manfaat Lidah Buaya, Manfaat Buah Plum

Mengapa manfaat bawang putih mentah lebih banyak jika dibandingkan dengan yang sudah diolah? Sebagian orang mungkin menilai rasa dari bawang putih mentah sangat tidak enak, terlebih lagi ditambah dengan aromanya yang sangat menyengat. Tapi percayalah dalam situasi paling segarlah nutrisi bawang putih bisa bekerja secara maksimal dalam tubuh. Meskipun untuk sebagian orang mungkin dengan mengkonsumsi bawang putih mentah ini sangat tidak wajar, tapi hal tersebut dapat mengoptimalkan nutrisi dari bawang putih jika dibandingkan dengan yang telah diolah terlebih dulu atau  bahkan sudah dicampur dengan bahan yang lainnya.


Related Posts:

0 Response to "16 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment