Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan Tubuh



Manfaat buah pir bagi kesehatan tubuh sangat sayang jika harus dilewatkan. Buah yang kaya akan nutrisi tersebut mempunyai rasa manis dan bertekstur renyah ini diyakini bisa menurunkan berat badan dan juga mampu mengurangi resiko terjadinya penyakit kanker.

Agar bisa memperoleh manfaat dari buah pir tersebut, Anda bisa mengkonsumsi buah ini secara langsung ataupun dengan mengolahnya menjadi jus. Tapi, pastikan Anda telah mencuci buah pir tersebut di bawah air mengalir sampai benar-benar bersih sebelum Anda memakannya.

Kandungan nutrisi buah pir

Manfaat buah pir dapat diperoleh dari beraneka macam kandungan gizi yang terdapat di dalamnya. Dalam 100 gram buah pir memiliki sekitar 60 kalori dan juga beberapa nutrisi lainnya seperti :

- 10 gram gula

- 15 gram karbohidrat

- 114 kalium

- 3 gram serat

- 8 miligram kalsium

- 11 miligram fosfor

- 4 miligram vitamin C

- 24 IU vitamin A

- 6 miligram magnesium

Disamping itu, buah pir juga mempunyai kandungan yang lainnya, seperti vitamin E, vitamin K, tembaga, dan bermacam-macam antioksidan, termasuk juga flavonoid, zeaxanthin, lutein.

Manfaat buah pir bagi kesehatan tubuh

Berikut ini adalah macam-macam manfaat buah pir bagi kesehatan tubuh yang baik untuk dikonsumsi :

1. Melancarkan sistem pencernaan

Dengan mengkonsumsi 2 buah pir bisa mencukupi sekitar setengah dari keperluan serat harian Anda. Asupan serat yang cukup mampu membantu dalam melancarkan buang air besar dan mengatasi masalah sembelit.

Jika proses buang air besar lancar, maka kesehatan sistem saluran pencernaan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan pun ikut dapat terjaga.

2. Membantu menjaga berat badan agar tetap ideal

Kandungan serat dan air yang sangat tinggi di dalam buah pir bisa memberikan dampak kenyang lebih lama, sehingga dapat mengurangi keinginan Anda untuk makan dengan porsi yang berlebihan. Hal tersebut juga didukung oleh riset yang menyatakan bahwa manfaat buah pir dapat mencegah terjadinya obesitas.

Supaya usaha dalam menjaga berat badan dapat berjalan secara maksimal, mengkonsumsi buah pir juga harus diimbangi dengan menerapkan pola hidup yang sehat, semisal mengurangi makanan junk food, menghindari minuman beralkohol, minum air yang cukup, dan menjalankan olahraga secara teratur.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat dari buah pir selanjutnya dapat Anda peroleh dari kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah pir tersebut. Vitamin C diyakini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Disamping vitamin C, buah pir juga memiliki kandungan vitamin K, tembaga, dan antioksidan flavonoid yang bermanfaat dalam menangkal peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Mencegah resiko terkena penyakit diabetes tipe 2

Mencegah terkena penyakit diabetes tipe 2 adalah salah satu dari sekian banyak manfaat buah pir. Hal tersebut dikarenakan kandungan serat yang terdapat di dalam buah pir merupakan macam buah dengan indeks glikemik yang rendah.

Disamping itu, kandungan antosianin yang terdapat dalam buah pir yang berwarna kemerahan diyakini memiliki sifat antidiabetes dan antiradang. Tapi, manfaat dari antosianin dalam mengatasi masalah diabetes masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut lagi.

5. Mengurangi resiko terkena penyakit kanker

Manfaat buah pir bagi kesehatan tubuh lainnya adalah dapat mengurangi resiko terkena penyakit kanker. Hal tersebut disebabkan karena kandungan antosianin dan asam sinamat di dalam buah pir itu.

Disamping itu, beberapa penelitian juga menunjukan bahwa kandungan flavonoid yang terdapat dalam buah pir bisa menurunkan resiko terjadinya penyakir kanker seperti, kanker ovarium dan payudara

6. Meningkatkan kesehatan kulit

Manfaat buah pir juga dapat dirasakan pada kulit. Karena, buah tersebut mengandung vitamin C dan tembaga, yaitu nutrisi yang memiliki peranan penting dalam melakukan pembentukan kolagen. Kolagen tersebut merupakan protein yang dapat mempengaruhi ke elastisitasan pada kulit.

Agar mampu menjaga kesehatan tubuh, Anda dianjurkan juga untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan sebanyak 5 porsi dalam sehari. Anda dapat memasukan buah pir ke dalam menu buah harian Anda.

Baca juga : Manfaat Buah Kurma, Manfaat Buah Anggur, Manfaat Buah Nanas

Supaya dapat mengoptimalkan manfaat dari buah pir, jangan lupakan untuk mengkonsumsi makanan serat yang lainnya juga supaya kebutuhan gizi harian Anda juga dapat tercukupi. Apabila Anda ingin mengetahui kebutuhan nutrisi Anda dalam sehari-hari, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter gizi.

Related Posts:

0 Response to "Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment