15 Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh



Selain rasanya yang manis, manfaat dari buah kurma bagi kesehatan tubuh juga lumayan banyak. Karena kandungan beraneka macam nutrisi penting yang terdapat di dalam buah tersebut, buah kurma bagus untuk dikonsumsi agar dapat menjaga kesehatan tubuh dan mencegah terjadinya berbagai macam penyakit.

Buah kurma termasuk dalam kategori buah tertua di dunia yang paling banyak dikembangkan di timur tengah, misalnya Arab Saudi. Cita rasanya yang manis dan dagingnya yang bertekstur lembut menjadikan buah kurma menjadi salah satu menu makanan penutup yang di gemari banyak masyrakat.

Terdapat berbagai variasi kurma yang dapat Anda tentukan, seperti kurma sukari, kurma ajwa, kurma medjool. Masing-masing buah kurma mempunyai keunikan tersendiri dengan manfaat yang tidak berbeda jauh. Untk dapat memperoleh manfaat dari buah kurma, Anda dapat menikmatinya langsung atau pun dijadikan sebuah minuman, seperti sari kurma dan air nabeez

Kandungan nutrisi buah kurma

Di dalam 100 gram buah kurma, memiliki kira-kira 275 kalori an beberapa nutrisi lainnya seperti, sekitar 2 -2,4 gram protein, 74 gram karbohidrat, 64 gram gula, 7 gram serat, 64 miligram kalsium, 645 miligram kalium, 1 miligram zat besi, 0,4 miligram zinc, 150 IU vitamin A.

Selain nutrisi tersebut, buah kurma juga memiliki vitamin B, vitamin K, folat, mangan, dan juga bermacam-macam jenis antioksidan, termasuk flavonoid dan lutein.

Manfaat buah kurma bagi kesehatan tubuh

Karena kandungan gizinya yang tinggi, maka buah kurma memiliki banyak manfaat yang penting untuk diketahui, yaitu :

1. Membantu menjaga kesehatan sistem saluran pencernaan

Buah kurma adalah salah satu jenis buah yang mempunyai kadar serat yang tinggi dan juga karbohidrat kompleks. Dengan kandungan serat yang melimpah, buah kurma bermanfaat bagi kelancaran sistem saluran pencernaan dan dapat membantu mencegah dan mengatasi susah buang air besar.

Di samping itu, berbagai studi juga telah menunjukan bahwa buah ataupun sari kurma bermanfaat dalam membantu menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik yang terdapat di dalam usus, sehingga kesehatan saluran cerna bisa tetap terjaga dengan baik dan dapat mencegah terkena beberapa penyakit.

2. Mengendalikan tekanan darah

Salah satu manfaat dari buah kurma yang juga tidak kalah penting adalah dapat membantu mengendalikan tekanan darah. Hal tersebut karena buah kurma memiliki banyak kalium, serat, dan juga antioksidan. Disamping itu, buah kurma juga rendah garam atau natrium, sehingga tepat untuk dikonsumsi bagi orang yang mengidap penyakit hipertensi.

3. Mengendalikan kadar gula darah

Meski rasanya yang manis dan mengandung gula yang relatif tinggi, buah kurma ternyata cukup aman untuk dikonsumsi bagi orang yang mengidap diabetes. Hal tersebut karena buah kurma mempunyai indeks glikemik yang tergolong rendah, sehingga tidak membuat kadar gula darah cepat naik.

Bahkan, karena kandungan antioksidan dan bermacam-macam nutrisi yang terdapat di dalamnya, buah kurma dikatakan baik untuk membantu mengendalikan gula darah dan dapat mencegah terjadinya resistensi insulin.

Tapi, supaya dapat lebih aman dan sehat, Anda disarankan untuk membatasi konsumsi gula atau makanan dan minuman yang manis ketika mengkonsumsi buah kurma. Hal tersebut supaya jumlah kadar gula yang Anda konsumsi tidak berlebihan. Biasakan juga agar membatasi konsumsi buah kurma.

4. Mencegah berkembangnya sel kanker

Buah kurma diyakini memiliki antioksidan alami yang tinggi, seperti fenolik dan flavonoid. Kandungan tersebut mempunyai peranan yang signifikan untuk dapat mencegah berkembangnya sel kanker. Sebuah penelitian terhadap hewan menunjukan bahwa buah kurma mampu menghambat berkembangnya sel kanker hati dan meningkatkan fungsi kerja hati. Namun begitu, manfaat dari buah kurma tersebut masih membutuhkan sebuah penelitian lebih lanjut lagi.

5. Menjaga kesehatan ibu sedang hamil dan mendukung tumbuh kembang janin

Buah kurma juga baik bagi kesehatan ibu hamil dan tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Hal tersebut disebabkan karena buah kurma banyak memiliki nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh ibu hamil dan kesehatan janin, seperti mineral, vitamin, protein, serat, antioksidan, karbohidrat.

Dengan terpenuhinya kebutuhan nutrisi, janin dalam kandungan dapat terhindar dari beraneka ragam masalah kesehatan, seperti kelahiran prematur, cacat bawaan lahir, atau pun terlahir dengan berat badan yang rendah. Buah kurma juga baik dalam menambah tenaga dan energi, sehingga ibu hamil tidak mudah merasa lelah.

Beberapa studi juga sudah menunjukan bahwa dengan rutin mengkonsumsi buah kurma setiap hari selama beberapa minggu terakhir kehamilan atau menjelang proses persalinan dapat membantu memperlancar persalinan dan mempercepat proses persalinan secara normal.

6. Membantu kesehatan dan kekuatan tulang

Kandungan mineral yang terdapat pada buah kurma, termasuk juga fosfor, kalsium, kalium, dan juga magnesium bermanfaat untuk dapat menjaga kekuatan dan kesehatan tulang. Dengan terpenuhinya nutrisi ini, Anda dapat terhindar dari penyakit osteoporosis.

7. Mampu mencegah anemia

Anemia merupakan suatu kondisi dimana tubuh mengalami penurunan jumlah sel darah merah. Untuk dapat mengatasi hal itu, Anda dapat dengan rutin mengkonsumsi kurma, karena terkandung zat besi yang dapat membantu pembentukan sel darah merah di dalam tubuh Anda.

8. Menjaga Kesehatan Otak

Buah kurma juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem kerja otak. Dengan rutin mengkonsumsi buah kurma, hal tersebut dapat membantu menurunkan inflamasi di dalam otak dan mencegah resiko penyakit Alzheimer.

9. Mampu menurunkan berat badan

Manfaat buah kurma selanjutnya adalah untuk dapat menurunkan berat badan. Karena buah kurma memiliki kandungan karbohidrat dan gula yang bersifat mampu mengenyangkan. Jika Anda makan buah kurma ketika berbuka puasa, hal ini dapat membuat perut terasa lebih cepat kenyang.

Nah, cara itu juga mampu dalam membantu menurunkan berat badan. Karena Anda tidak harus makan makanan dalam porsi yang lebih banyak, karena telah merasa kenyang akibat makan kurma.

10. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah kurma ternyata juga bisa untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga Anda menjadi tidak mudah terkena penyakit dan juga virus. Hal tersebut dikarenakan oleh kandungan antioksidan yang berguna dalam proses pencegahan peradangan serta dapat menangkal radikal bebas. Terdapat beberapa jenis antioksidan yang paling signifikan dalam buah kurma, yaitu :

- Flavonoid, jenis antioksidan ini bagus dalam menurunkan inflamasi dan berpotensi mampu menurunkan resiko terkena penyakit diabetes, Alzheimer, dan beberapa jenis kanker lainnya.

- Karotenoid, mampu menjaga kesehatan jantung dan juga menurunkan resiko penyakit mata.

- Asam fenolat, diketahui dengan sifat anti inflamasi yang berguna dalam menurunkan resiko kanker dan penyakit jantung.

11. Membantu dalam mencukupi kebutuhan gizi

Buah kurma memiliki mineral dan vitamin di dalamnya. Mulai dari vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalsium, magnesium, zat besi, dan juga kalium

Mineral dan vitamin termasuk dalam mikronutrien. Yang berarti diperlukan tubuh dalam jumlah sedikit tapi tetap baik bagi kesehatan.

12. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan mineral yang terdapat di dalam buah kurma ternyata juga sangat baik bagi kesehatan organ jantung. Dengan mengkonsumsi buah kurma, maka akan memberikan manfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Agar jantung selalu dapat terjaga, jangan lupa juga untuk olahraga secara rutin dan memelihara pola makan sehat dan seimbang.

13. Mengganti elektrolit tubuh yang terbuang

Tidak hanya air kelapa saja yang dapat membantu menggantikan elektrolit yang tebuang. Buah kurma ternyata juga dapat menggantikan elektrolit tersebut. Dengan kadar kalium yang begitu tinggi, yaitu salah satu unsur dari elektrolit yang diperlukan oleh tubuh, buah kurma juga berguna untuk dapat menguatkan tubuh sekaligus membangun otot-otot.

14. Mampu meningkatkan kesuburan

Manfaat buah kurma yang tentunya bakal digemari pasangan suami istri adalah dapat meningkatkan kesuburan, baik terhadap wanita ataupun pria. Hal tersebut karena kandungan asam amino dan sengnya. Ditimur tengah, serbuk sari kurma dapat dijadikan sebuah obat dalam mengatasi infertilitas, terutama terhadap laki-laki. Biji dan serbuk dari sari kurma pun mempunyai senyawa yang bekerja seperti hormon-hormon reproduksi pada laki-laki dan perempuan.

15. Memenuhi kebutuhan kalori dalam tubuh

Karena sering sekali dilakukan pengeringan, kadar kalori yang terdapat dalam buah kurma termasuk tinggi jika dibandingkan dengan buah lain. Hal tersebut sama dengan kismis dan buah ara.

Tubuh Anda membutuhkan kalori dalam menjalankan fungsi kerja dengan maksimal. Tanpa adanya energi yang cukup, sel-sel dalam tubuh pastinya akan dapat terganggu.

Baca juga : Manfaat Buah Anggur, Manfaat Buah Nanas, Manfaat Buah Pir

Itulah penjelasan dari beraneka ragam manfaat buah kurma bagi kesehatan tubuh. Mulai dari melancarkan sistem saluran pencernaan sampai dapat menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit. Jika Anda ingin mengetahui lebih jelas lagi, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter gizi.


Related Posts:

0 Response to "15 Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment