Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh



Vitamin, mineral, dan antioksidan yang terdapat dalam buah mangga mampu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh yang sangat penting. Contohnya, vitamin K bisa membantu mencegah penyakit anemia.

Tidak hanya nikmat rasanya, buah mangga mempunyai manfaat yang dapat mendukung kesehatan tubuh. Buah mangga memiliki magnesium dan potasium yang bisa membantu dalam menurunkan tekanan darah dan meminimalkan peradangan pada jantung.

Disamping magnesium dan potasium, buah mangga juga memiliki kandungan Vitamin A, C, K, beta karoten, kalium, kolin, dan folat. Berikut penjelasan selengkapnya tenatang buah mangga. 

Manfaat buah mangga bagi kesehatan tubuh

Vitamin, mineral dan antioksidan yang terdapat pada buah mangga mampu memberikan manfaat kesehatan yang sangat penting. Selain mampu mencegah terjadinya penyakit anemia, Vitamin K yang terkandung dalam buah mangga juga memiliki peranan penting untuk membantu agar tulang menjadi kuat.

Buah mangga juga memiliki kadar Vitamin C yang tinggi, penting untuk membentuk kolagen dan pembuluh darah yang sehat dan membantu proses penyembuhan bisa semakin cepat.

Berikut beberapa manfaat dari buah mangga yang berguna bagi kesehatan tubuh :

1. Menjaga sistem saluran pencernaan.

Buah mangga bisa membantu dalam menjaga kesehatan pencernaan karena memiliki kandungan senyawa amilase dan serat makanan yang berguna untuk mengatasi sembelit. Senyawa amilase bisa membantu melarutkan makanan lain di dalam perut, memecah pati yang sulit sehingga mampu untuk mengatasi sembelit. 

2. Menurunkan resiko kanker

Buah mangga memiliki polifenol yang bersifat antikanker. Polifenol memiliki peranan penting sebagai pelindung dari stres oksidatif, yang memiliki kaitan dengan banyak jenis kanker.

Kandungan polifenol yang terdapat dalam buah mangga mampu mengurangi stres oksidatif, menghentikan atau menghancurkan bertumbuhnya beraneka ragam sel kanker, termasuk juga leukimia dan kanker usus besar. 

3. Buah mangga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah mangga memiliki nutrisi yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Hal tersebut dikarenakan kandungan vitamin A yang dimiliki buah mangga berguna dalam menurunkan resiko infeksi.

Vitamin C yang terdapat dalam buah mangga pun juga bisa membantu tubuh untuk menghasilkan lebih banyak sel darah putih yang berguna dalam melawan penyakit, membantu sel-sel tubuh agar dapat bekerja lebih efektif, dan meningkatkan sistem pertahanan kulit.

4. Mencegah resiko penyakit diabetes

Dengan makan buah dan sayuran yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan karotenoid bisa membantu mencegah munculnya penyakit diabetes. Buah mangga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, sehingga bisa memberikan manfaat yang sama.

Namun begitu, mungkin diperlukan penelitian yang lebih lanjut terkait hal tersebut. Karena, buah mangga memiliki kadar gula alami yang tinggi, sehingga dapat berpotensi dalam menyebabkan melonjaknya kadar gula darah apabila dikonsumsi terlalu banyak.

5. Membantu dalam menjaga kesehatan jantung

Mengkonsumsi buah mangga dapat membantu dalam menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut disebabkan buah mangga memiliki potasium dan magnesium, yang bisa membantu dalam menjaga aliran darah agat tetap sehat.

Nutrisi tersebut sekaligus dapat membantu agar pembuluh darah tetap rileks dan menjaga tekanan darah agar tetap normal. Mangiferin sebagai antioksidan dari buah mangga juga bagus untuk menjaga kesehatan jantung.

Mangiferin bisa menjaga sel-sel jantung dari terjadinnya peradangan, stres oksidatif, dan sampai pada kematian sel. Disamping itu, mangiferin juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol, asam lemak, trigliserida dalam darah.

Baca juga : Manfaat Buah Pir

                   Manfaat Buah Anggur

                   Manfaat Buah Semangka

Itulah beberapa manfaat buah mangga bagi kesehatan tubuh yang penting untuk Anda ketahui.

Related Posts:

0 Response to "Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment