15 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh



Jahe termasuk ke dalam golongan tanaman rempah yang memiliki banyak mineral dan vitamin. Salah satu manfaat jahe adalah untuk mengurangi mual yang dialami oleh ibu yang sedang hamil.

Berbicara mengenai jahe, tanaman herbal tersebut bukan hanya rempah yang berguna sebagai bumbu masakan dan penghangat tubuh saja. Dengan rutin mengkonsumsi jahe dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Jahe mempunyai nama latin Zingiber Officinale, tanaman herbal tersebut masih termasuk kedalam golongan Zingiberaceae. Dengan kata lain, masih satu keluarga dengan kunyit, kencur dan lengkuas. Di dalam jahe terdapat nutrisi baik, seperti serat, kalori, protein, dan bermacam-macam jenis vitamin lainnya. Manfaat jahe mulai dari meredakan nyeri ketika datang bulan, meningkatkan fungsi kerja otak, sampai dengan meredakan gejala arthritis.

Kandungan nutrisi jahe

Manfaat tanaman bercita rasa pedas tersebut tidak lepas dari kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Dalam satu sendok makan jahe sekitar 9 gram memiliki kandungan :

- Kalori 4,7 kilokalori

- Karbohidrat 1,06 gram

- Serat 0,11 gram

- Protein 0,1 gram

- Lemak 0,04 gram

- Gula 0,1 gram

Disamping asupan nutrisi diatas, jahe juga memiliki kandungan beberapa vitamin dan mineral yang tidak kalah pentingnya. Di antaranya zat besi, magnesium, zinc, fosfor, dan vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6 dan juga vitamin C. Tapi, nilai dalam kandungan bisa saja berubah. Hal tersebut tergantung dari cara pengolahannya dan penambahan bahan-bahan lain selama proses memasak berjalan.

Manfaat Jahe bagi kesehatan tubuh

Zingiber Officinale merupakan sebuah tanaman herbal yang berasal dari Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri, tanaman tersebut sangat mudah untuk diperoleh dan dijual dengan harga yang relatif murah. Tanaman tersebut menjadi salah satu macam rempah yang sangat menyehatkan, juga mempunyai kandungan yang terbilang sangat lengkap. Beberapa manfaat jahe bagi kesehatan tubuh, antara lain :

1. Antipenuaan dan Antikanker

Manfaat tersebut terjadi karena sifat antiinflamasi dan antioksidatif yang bekerja dengan mengontrol proses penuaan. Disamping itu, zat antimikroba yang bisa membantu dalam mengatasi beberapa penyakit yang berbahaya, salah satunya adalah penyakit kanker. Tapi, terdapat satu hal yang harus digarisbawahi. Meski jahe dapat mencegah sekaligus dapat mengobati penyakit kanker. studi lebih lanjut lagi masih dibutuhkan agar dapat memastikan manfaat tersebut.

2. Mengurangi nyeri ketika datang bulan

Dengan rutin mengkonsumsi air rebusan jahe dapat membantu dalam mengurangi nyeri ketika datang bulan. Bahkan, manfaat dari tanaman herbal tersebut tidak lah jauh berbeda dengan ibuprofen dan asam mefenamat. Menurut penelitian dalam Effect of Zingiber officinale R. rhizomes (ginger) on pain relief in primary dysmenorrhea: a placebo randomized trial, yang dipublikasikan BMC Complementary Medicine and Therapies menyatakan bahwa, cara kerja jahe dalam menangani nyeri ketika datang bulan adalah dengan memperlambat jalur siklooksigenase dan lipooksigenase dalam sintesis prostaglandin dan leuktrien. Disamping itu, sifat antiinflamasi dari tanaman herbal tersebut dihubungkan dengan perlambatan sitesis prostaglandin. Proses itulah yang menjadikan efek jahe dalam mengurangi nyeri ketika datang bulan terhadap kaum perempuan. Untuk bisa memperoleh manfaat jahe tersebut, Anda dapat mengkonsumsi air rebusannya sebanyak 3 gelas. Cobalah mengkonsumsinya selama dua hari pertama ketika datang bulan. Kandungan baik yang terdapat didalamnya akan memberikan sebuah efek menenangkan dari rasa nyeri tersebut.

3. Meredakan morning sickness

Menurut penelitian dari Royal College of Obstetricians and Gynaecologists, jahe memiliki manfaat dalam mengurangi gelaja morning sickness pada awal kehamilan. Manfaat tersebut bisa dirasakan dengan mengkonsumsi ekstrak akar tanaman jahe.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Fungsi tersebut dibantu oleh kandungan vitamin C dan juga magnesium yang terdapat pada tanaman herbal. Kedua kandungan tersebut bekerja dalam membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jahe juga mempunyai gingerols, shogaols, dan zingerones yang berguna sebagai antioksidan.

Penelitian yang berjudul Anti-oxidative and anti-inflammatory effects of ginger in health and physical activity: Review of current evidence yang dipublikasikan International Journal of Preventive Medicine menyatakan bahwa dalam budaya kuno, jahe digunakan untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Di dalamnya terdapat gingerols, shogaols, dan juga zat struktural yang berhubungan dengan lainnya efektif dalam memperlambat biosintesis prostaglanding dan leukotrien. Cara bekerjanya adalah dengan menekan 5-lipoxygenase atau sintetase prostaglandin.

5. Mencegah infeksi bakteri dan virus

Manfaat jahe juga dapat membantu tubuh untuk mencegah infeksi beberapa bakteri dan virus tertentu. Manfaat tersebut bisa terjadi karena terdapat kandungan gingerol yang bekerja dengan memperlambat infeksi bakteri, seperti shigellaE.coli, dan lain sebagainya.

Tidak sampai disitu saja, manfaat mengkonsumsi ramuan tanaman herbal tersebut juga dapat mengatasi kerusakan DNA dan stres. Mengkonsumsinya secara rutin juga dapat membantu mengobati pilek dan flu.

6. Mengurangi sakit otot

Menurut penelitian dalam jurnal Ginger (Zingiber officinale) reduces muscle pain caused by eccentric exercise yang diterbitkan oleh Journal of Pain Research, jahe ternyata terbukti mempunyai dampak antiinflamasi.

Penelitian tersebut dilakukan dalam menguji dampak suplementasi jahe mentah dan kompres hangat yang dijalankan selama 11 hari. Keduanya merupakan percobaan acak, dengan 34 dan 40 sukarelawan. 

Sebelumnya, peserta harus melakukan 18 gerakan latihan agar memunculkan rasa sakit dan pembengkakan. Hasilnya, mengkonsumsi suplementasi jahe mendapatkan menurunnya rasa sakit dalam kurun  waktu 24 jam sehabis latihan daripada menggunakan plasebo.

7. Mengurangi Kadar gula dan juga kolesterol

Rutin mengkonsumsi tanaman herbal tersebut ternyata juga dapat mengurangi kadar gula darah secara signifikan. Tidak hanya itu, dengan mengkonsumsi secara rutin juga dapat mengurangi kolesterol jahat dan kadar trigliserida, juga meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh.

8. Mengatasi masalah sistem pencernaan

Manfaat jahe bagi kesehatan tubuh berikutnya adalah dapat mengatasi masalah sistem saluran pencernaan. Pegunaan tersebut bisa dirasakan dengan mengkonsumsi ekstrak minyak dari tanaman herbal. Sifat antibakteri yang terdapat di dalam jahe bisa mengatasi masalah gangguan sistem saluran pencernaan yang dipengaruhi oleh bakteri.

Di samping itu, rasa hangat yang dihasilkan ketika mengkonsumsi tanaman herbal ini juga dapat membuat sistem pencernaan menjadi lebih rileks. Untuk memperoleh manfaat yang satu tersebut, kamu dapat mengkonsumsi jahe secara rutin.

9. Meningkatkan fungsi kerja otak

Manfaat Selanjutnya, Zingiber officinale berguna dalam meningkatkan fungsi kerja otak, sehingga mengurangi resiko potensi penyakit Alzheimer pada kemudian hari. Namun begitu, penelitian lebih lanjut masih diperlukan agar dapat memastikan manfaat tersebut.

10. Meredakan gejala Arhtritis

Arthritis merupakan sebuah penyakit yang ditandai dengan pembengkakan di sekitar area persendian. Bermacam-macam kandungan baik di dalam jahe sangat efektif dalam menurunkan intensitas pembengkakan, sehingga Anda dapat beraktivitas secara normal.

11. Menjaga berat badan ideal

Apabila berat badan ideal telah tercapai cobalah untuk mengkonsumsi minuman jahe sebagai sebuah usaha untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Minuman jahe diyakini dapat mempercepat pembakaran dan pemecahan lemak, memperlambat penyerapan lemak, serta mengendalikan nafsu makan yang berlebihan sehingga berat badan dapat selalu terjaga dengan ideal.

12. Mencegah keriput

Mengkonsumsi minuman jahe adalah salah satu cara agar terlihat lebih awet muda. Manfaat tersebut diperoleh dari sifat antioksidan dalam minuman jahe, yang bisa mencegah terjadinya penuaan dini, seperti keriput dan bintik hitam.

13. Mencegah penyakit serangan jantung

Dengan rutin mengkonsumsi minuman jahe juga dipercaya dapat mencegah terjadinya penyakit serangan jantung. Manfaat tersebut didapatkan dari kandungan senyawa bioaktif dalam minuman jahe yang dapat menurunkan tekanan darah, mencegah penggumpalan darah, menurunkan kolesterol dan juga dapat melancarkan aliran darah.

14. Mengatasi migrain

Dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa jahe juga dapat menghentikan prostaglandin yang merupakan salah satu penyebab sakit kepala. Dengan begitu, jahe dapat mengurangi migrain yang berlebihan.

15. Mencegah Kebotakan

Tidak banyak yang mengerti bahwa jahe dapat membantu dalam proses pertumbuhan rambut. Jahe akan memicu folikel rambut pada kulit kepala, menjaga setiap helai rambut, dan juga dapat menguatkannya. Cara memanfaatkan jahe bagi kesehatan rambut adalah dengan memakainya sebagai masker rambut.

Baca juga : Manfaat Bawang Merah

                   Manfaat Bawang Putih

                   Manfaat Lidah Buaya

Itulah ulasan mengenai manfaat jahe yang bermacam-macam, jadi selain nikmat jika diminum jahe juga bisa membantu dalam menyehatkan tubuh.

Related Posts:

0 Response to "15 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment