Makanan Sehat dan Bergizi



Pengertian Makanan Sehat 

Makanan sehat diperlukan oleh tubuh dalam menjaga fungsi organ serta memastikan kinerjanya. Secara umum, jenis makanan yang merupakan kelompok makanan sehat mengandung bermacam-macam nutrisi. Syarat makanan yang sehat (4 sehat 5 sempurna), adalah bersih dan higenis , mempunyai gizi yang baik dan seimbang. Keseimbangan makanan sehat adalah makanan yang mempunyai kandungan karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin.

Asupan nutrisi bagi tubuh dapat diperoleh melalui bermacam-macam jenis makanan sehat, tidak harus pada satu jenis makanan saja. Bahkan, dianjurkan untuk mengonsumsi beraneka ragam menu untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Mengonsumsi bermacam-macam jenis makanan dapat memberikan nutrisi yang berbeda-beda, sehingga gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dapat tercukupi.

Jenis Pilihan Menu Makanan Sehat

Makanan sehat semestinya bisa memberikan bermacam-macam kandungan nutrisi dalam jumlah yang cukup, termasuk mineral dan vitamin. Berikut terdapat beberapa macam jenis makanan sehat yang dapat menjadi sebuah pilihan dan baik untuk dimakan setiap hari: 

1. Sayur-sayuran



Sayuran hijau merupakan makanan sehat nomor satu karena mempunyai kandungan nutrisi yang komplit. Sayuran hijau yang baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh, di antaranya :

– Brokoli



Sayuran brokoli  kaya akan serat, kalsium, kalium, folat dan fitonutrien. Zat tersebut adalah senyawa yang bisa menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan berbagai jenis kanker. Brokoli juga mengandung vitamin C, antioksidan, dan juga beta-karoten.

Satu porsi sayuran brokoli, yaitu sebanyak 100 gram bisa memberi Anda lebih dari 150 persen asupan vitamin C harian yang diperlukan.  

– Kale

Terdapat bermacam-macam nutrisi yang terkandung di dalam daun-daun Kale. Vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang dipunyai Kale, dan menurut Departemen Kedokteran Amerika Serikat (USDA), kale juga memiliki sejumlah besar vitamin K, yaitu sekitar  817 mikrogram atau 778 persen dari asupan harian yang disarankan.

– Sayuran Berdaun Hijau

Penelitian sudah membuktikan bahwa banyak makan sayuran berdaun hijau gelap, seperti bayam atau kubis, bisa secara signifikan mengurangi risiko seseorang terkena diabetes tipe 2. Bayam, contohnya, sangat kaya akan antioksidan, terutama saat direbus. Bayam juga adalah sumber vitamin A, B6, C, E, dan K yang baik.

2. Buah-buahan



Buah-buahan juga sangat berguna untuk dikonsumsi karena mempunyai kandungan vitamin yang tinggi. Berikut ini buah yang mempunyai kandungan nutrisi yang tinggi:

  • Apel, karena mempunyai kandungan serat, vitamin C, dan antioksidan lain. Baca Juga : Manfaat Buah APEL
  • Jeruk, memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Baca juga : Manfaat Jeruk
  • Alpukat, mempunyai kandungan tinggi lemak sehat, kalium, dan vitamin C. Baca juga : Manfaat Buah Alpukat
  • Pisang, sebagai salah satu buah dengan sumber kalium. Baca Juga : Manfaat Buah Pisang
  • Buah-buahan berry, seperti blueberry dan strawberry. Mempunyai kandungan antioksidan dan serat yang tinggi dan juga rendah kalori.

3. Daging dan Telur 

Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber protein dan zat besi yang tinggi jika dibanding daging yang lainnya. Disamping itu, telur juga memiliki kelebihan karena  mempunyai kandungan nutrisi yang sangat lengkap, yaitu protein dengan kandungan asam amino essensial dan non essensial lengkap, vitamin, mineral, dan lemak tak jenuh.

4. Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian 

Golongan makanan tersebut adalah macam makanan sehat yang renyah dan tinggi akan nutrisi serta berbagai mineral penting bagi tubuh, termasuk magnesium dan vitamin E. Kacang-kacangan adalah sumber protein nabati yang baik, terutama bagi mereka yang vegetarian.

5. Ikan dan Makanan Laut Lainnya

Makanan laut semisal ikan merupakan sumber asam lemak omega-3 dan yodium. Menurut sebuah penelitian, orang yang sering makan ikan laut mempunyai risiko lebih rendah terhadap bermacam-macam penyakit, seperti penyakit jantung dan cenderung berumur panjang.

6. Susu 

Susu mempunyai kandungan tinggi mineral, protein hewani, lemak sehat, dan juga vitamin. Disamping itu, kandungan kalsium yang terdapat pada susu juga mempunyai kadar tinggi. Susu juga dapat diolah menjadi keju, difermentasi menjadi yoghurt yang baik untuk sistem pencernaan karena memiliki kandungan banyak bakteri baik.

Makanan Sehat untuk Mencegah dan Mengatasi Penyakit

Makan makanan sehat tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, namun juga dapat mengurangi risiko penyakit, seperti: 

  • Ikan Salmon 

Ikan salmon dan jenis ikan lainnya yang memiliki kandungan akan asam lemak omega-3 masuk dalam golongan makanan sehat yang baik untuk dimakan. Macam makanan tersebut dapat membantu melindungi kesehatan organ jantung, sehingga dapat mengurangi risiko gangguan jantung (aritmia) dan juga tekanan darah. Disamping itu, bisa juga untuk mencegah peradangan dan mengurangi kadar trigliserida.

  • Oatmeal

Oatmeal juga baik untuk kesehatan jantung. Jenis makanan tersebut kaya akan kandungan serat, sehingga dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh. Bagi Anda yang memiliki penyakit diabetes, oatmeal adalah makanan yang sangat baik karena bisa mengendalikan kadar gula darah. Makanan tersebut bisa menyehatkan jantung dengan menurunkan kolesterol jahat (LDL) karena kandungan seratnya.

  • Biji-bijan 

Makan biji-bijian utuh, seperti gandum, beras merah, atau jagung sebagai sumber utama karbohidrat bisa mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan berbagai macam kanker, obesitas, dan masalah kesehatan lainnya. Sebab, protein, antioksidan, vitamin B, mineral (zat besi, magnesium, dan zink) dan serat yang terdapat dalam biji-bijian itu.

  • Sayuran Hijau

Sayuran hijau memiliki banyak serat, karotenoid, folat, fitokimia, magnesium, potasium, dan kalsium. Karotenoid, pigmen yang memiliki senyawa antioksidan yang ada pada buah-buahan dan sayuran yang berwarna cerah. Karotenoid juga bisa dihubungkan dengan penurunan risiko serangan jantung, sehingga menyehatkan jantung.

  • Jeruk

Satu buah jeruk memiliki kandungan vitamin C, karbohidrat, potasium, folat, kalsium, thiamin/vitamin B1, Niacin/vitamin B3, Pyridoxine, dan bermacam-macam vitamin lainnya yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Kandungan yang terdapat dalam buah jeruk juga bisa menurunkan kadar kolesterol darah dan meningkatkan risiko kolesterol baik.

Ulasan diatas merupakan beberapa jenis makanan sehat yang baik dikonsumsi dan bisa membantu memenuhi nutrisi tubuh. Dengan tercukupinya nutrisi yang diperlukan oleh tubuh maka tubuh akan menjadi lebih sehat.

Related Posts:

0 Response to "Makanan Sehat dan Bergizi"

Post a Comment