Cara Menjaga Kesehatan Tubuh



Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh adalah sesuatu hal yang sangatlah penting. Hal tersebut dikarenakan dengan mempunyai tubuh yang sehat dan bugar mampu mencegah tubuh agar terhindar dari penyakit sehingga kita mampu tetap melakukan aktifitas keseharian kita.

Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satu caranya adalah dengan meningkatan gaya hidup sehat setiap saat. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan agar tubuh tetap terjaga kesehatannya dengan baik.

1. Cek Kondisi tubuh secara rutin

Tujuan dalam melakukan cek kesehatan secara rutin adalah untuk membandingkan status kesehatan kita dengan kesehatan sebelumnya. Apakah terjadi peningkatan dalam kondisi kesehatan kita atau malah terjadi penurunan. Hal ini sangat bermanfaat agar dapat segera ditindaklanjuti sesegera mungkin sebelum penyakit bertambah semakin parah.

2. Singkirkan Asap Rokok

Asap rokok sangatlah berbahaya bagi kesehatan tubuh, karena didalamnya mengandung banyak sekali zat berbahaya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menghidari asap rokok bagi perokok pasif dan berhenti merokok bagi perokok aktif.

3. Luangkan waktu untuk berolahraga secara rutin

Rajin dalam berolahraga merupakan hal yang sangat baik, karena dengan berolahraga kita dapat meningkatkan daya tahan tubuh, dan juga dapat melancarkan peredaran darah sehingga seluruh organ dalam tubuh akan tetap terjaga dengan baik dengan kita melakukan olahraga secara rutin.

4. Menjaga berat badan agar tetap ideal

Makanan sehat adalah makanan yang mengandung gizi seimbang, kaya akan serat dan yang akan diperlukan untuk perkembangan tubuh. Dapat dilihat dari kandungan yang ada di dalam makanan sehat terdiri dari karbohidrat, protein, mineral, vitamin, lemak tidak jenuh.

5. Miliki istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup merupakan sebuah bagian dari gaya hidup sehat. Mempunyai jam tidur yang cukup sangat berdampak baik untuk kesehatan tubuh. Biasanya waktu tidur yang ideal untuk orang dewasa adalah 7-8 jam per hari.

6. Mengendalikan pikiran dari stress

Stress sudah menjadi suatu hal yang ditakuti oleh banyak orang. Karena dengan stress segala macam penyakit akan berdatangan. Oleh karena itu betapa pentingnya jika kita mampu mengendalikan pikiran kita agar tidak mengalami stress atau depresi.

7. Bersosialisasi dengan orang sekitar kita

Saat kita sedang merasa terpuruk ketika menghadapi sebuah masalah yang begitu berat, janglah pernah merasa sendiri. Cobalah untuk menceritakan keadaan kita kepada orang-orang di sekeliling kita. Jika kita tidak cukup percaya kepada mereka, kita dapat mencoba untuk datang ke psikolog.

Mengasingkan diri ketika sedang terpuruk malah akan memperbesar resiko kita menjadi semakin stress dan depresi. Ketika kita stres, sistem kekebalah tubuh kita akan ikut memburuk sehingga tubuh kita rawan dalam terserang penyakit.

8. Menjaga kebersihan

Cara menjaga kesehatan selanjutnya adalah dengan menjaga kebersihan diri kita maupun lingkungan disekeliling. Dengan begitu, kita dapat terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menyerang tubuh kita. Ada beberapa cara dalam menjaga kebersihan yang dapat kita lakukan seperti biasakan mencuci tangan sebelum dan setelah makan, menutup mulut dan hidung ketika batuk atau bersin, minum air dari sumber yang terpercaya, biasakan bersihkan area yang membuat air dapat menggenang.

9. Menambah asupan vitamin tambahan

Beberapa orang mungkin memerlukan tambahan vitamin dengan mengonsumsi suplemen untuk memenuhi keperluan nutrisi kesehariaanya. Semisal jika kita kekurangan vitamin C meski sudah mengonsumsi buah dan sayur secara rutin vitamin tersebut dapat dijadikan tambahan. Usahakan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menentukan jenis suplemen apa yang kita perlukan.

Itulah beberapa cara dalam menjaga kesehatan tubuh kita, karena jika kita sehat kita dapat beraktivitas dengan lancar seperti biasanya. Dan kita pun tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk berobat karena tubuh kita sudah terjaga dengan sangat sehat dan bugar.


·   

· 

· 

Related Posts:

0 Response to "Cara Menjaga Kesehatan Tubuh"

Post a Comment