13 Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan Tubuh



Selain lezat di mulut, terdapat banyak manfaat buah anggur yang terkadang masih jarang diketahui. Banyak kandunggan zat yang terdapat dalam buah anggur yang berguna untuk memperlambat penuaan dini, menjaga kesehatan kulit dan rambut, sampai dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang.

Anggur sudah dibudidayakan selama ribuan tahun. Sampai sekarang ini terdapat banyak macam anggur yang kita ketahui, yaitu anggur merah, anggur hijau, anggur kuning, anggur merah muda, dan anggur hitam. Buah anggur juga tumbuh di dalam kelompok dan varietas berbiji dan tanpa biji.

Disamping rasanya yang lezat, buah anggur mampu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh karena kandungan nutrisi dan antioksidan yang terdapat dalam buah tersebut sangatlah tinggi. Dalam satu cangkir buah anggur, terdapat seperempat dari keperluan vitamin C harian, 28 persen vitamin K, dan 9 persen tembaga. Lalu, apa saja manfaat yang mampu diperoleh dari zat yang terdapat dalam buah anggur tersebut?

1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Selain memiliki vitamin A dan C, anggur juga mampu meningkatkan sistem imun tubuh lewat sifat antimikroba yang alami. Satu cangkir buah anggur dapat memberikan 70 gram air, yang penting untuk mencegah dehidrasi dan aliran darah yang sehat, serta berguna untuk membuang racun dalam tubuh.

2. Kaya akan antioksidan yang dapat memperlambat penuaan

Buah anggur memiliki beberapa antioksidan yang berbeda-beda. Diantaranya diyakini mampu mengurangi peradangan dan membantu aliran darah yang sehat. Antioksidan dalam buah anggur juga bagus bagi kesehatan otak, anti-aging, dan memberikan umur panjang secara menyeluruh. Kandungan quercetin dalam buah anggur hitam dan merah sudah dipercaya mampu melindungi tubuh dari penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Melatonin alami yang terdapat dalam buah anggur memiliki hubungan dengan kualitas tidur yang lebih lama dan lebih baik. Wajib dimengerti, insomnia dapat mempengaruhi berbagai masalah kesehatan, seperti diabetes tipe 2, obesitas, sampai penyakit jantung.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Buah anggur dapat menjaga kesehatan jantung dengan beberapa cara. Buah tersebut terbukti mampu mencegah perngerasan arteri, meningkatkan sirkulasi, mengurangi tekanan darah, menurunkan resiko peradangan, dan mencegah pembekuan darah. Sebuah studi menunjukan jika buah  anggur juga dapat mengurangi kolesterol dengan mengurangi penyerapan senyawa yang berada dalam darah.

5. Membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut

Biji buah anggur memiliki kandungan vitamin E tinggi yang mampu menjaga kesehatan kulit agar tetap halus dan tetap terhidrasi. Senyawa lain dalam buah anggur juga mampu mencegah munculnya jerawat dan meningkatkan aliran darah ke kulit kepala agar rambut menjadi lebih sehat.

6. Menjaga sistem saluran pencernaan.

Buah anggur tidak mempunyai banyak serat. Tapi, jumlah serat yang diperoleh dari buah anggur cukup untuk membantu keteraturan sistem kerja usus. Disamping itu, pilofenol buah anggur juga bekerja untuk mengubah bakteri usus secara positif dengan cara yang berguna bagi kesehatan. Hal tersebut juga merupakan berkembangnya mikroba yang berhubungan dengan kekebalan dan suasana hati yang positif.

7. Menjaga kesehatan mata

Lutein dan zeaxanthin yang terdapat dalam buah anggur dapat menjaga retina dan lensa mata agar tetap sehat. Kandungan tersebut telah terbukti mampu mengurangi ketidaknyamanan dari silau, mengurangi waktu yang diperlukan mata agar dapat pulih dari tekanan cahaya yang terang, meningkatkan kontras visual.

Lutein dan zeaxanthin juga mampu membantu menurunkan resiko degenerasi makula dan katarak, dua penyakit mata yang sering terjadi pada masa lansia.

8. Menjaga kesehatan tulang

Dengan mengkonsumsi buah anggur merah secara teratur juga mampu membuat tulang Anda sehat. Hal tersebut karena buah anggur merah memiliki vitamin K dan mineral yang memang merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk tulang supaya tetap terjaga dan sehat.

9. Mencegah dari penyakit diabetes

Manfaat dari buah anggur merah yang lainnya adalah mampu mencegah penyakit diabetes. Hal tersebut dikarenakan buah anggur merah mempunyai kandungan gula yang termasuk rendah.

Selain itu, bagi pengidap penyakit diabetes, mengkonsumsi buah anggur merah secara teratur dapat membantu mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh.

10. Membantu menurunkan tekanan darah

Buah anggur merah merupakan buah yang kandungan sodiumnya rendah, hal tersebut menjadikan buah anggur dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

11. Menjaga dari virus, bakteri, jamur

Banyak senyawa yang terdapat pada buah anggur telah terbukti mampu melindungi tubuh dan membantu dalam melawan dari infeksi virus, bakteri, dan jamur.

Karena buah anggur diketahui memiliki kandungan vitamin C yang mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Disamping itu, zat dalam buah anggur juga dipercaya mampu menghentikan penyebaran virus cacar air, jamur, herpes.

12. Mengurangi peradangan

Manfaat buah anggur untuk kesehatan selanjutnya adalah mampu mengurangi peradangan yang dapat mencegah dari penyakit kronis. Peradangan yang kronis memberikan peluang dalam berkembangnnya penyakit berbahaya seperti, jantung, kanker, dan diabetes. Dan dalam buah anggur memiliki zat yang berguna sebagai anti peradangan yang mampu menjaga tubuh dari penyakit kronis.

13. Cocok untuk program diet

Dengan banyaknya manfaat buah anggur bagi kesehatan tubuh dan banyaknya nutrisi pada buah yang satu tersebut, membuat buah anggur sangat dianjurkan dalam menu diet. Buah anggur mempunyai kandungan polifenol dan flavonoid yang dipercaya mampu mengurangi berat badan.

Buah anggur juga adalah makanan yang rendah akan kalori, bebas lemak dan mempunyai indeks glikemik yang rendah. Dalam satu cangkir buah anggur memiliki sekitar 100 kalori dan mengandung banyak nutrisi sehingga cocok untuk dijadikan camilan sehat

Baca juga : Manfaat Buah Kurma, Manfaat Buah Nanas, Manfaat Buah pir

Nah, cukup banyak sekali bukan manfaat buah anggur bagi kesehatan tubuh. Dengan mengetahui manfaat dari buah anggur, maka tidak ada salahnya agar dapat memulai menjadikan buah anggur sebagai buah favorit dan menu harian Anda. Manfaat buah anggur semakin dapat dirasakan jika dikonsumsi secara teratur.


Related Posts:

0 Response to "13 Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment