Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan Tubuh



Bengkoang adalah salah satu tanaman yang sering dijumpai di Indonesia. Disamping memiliki rasa yang enak, buah tersebut juga memiliki banyak kegunaan. Manfaat bengkoang tersebut dapat melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan jantung, menurunkan resiko kanker, sampai menjaga kesehatan otak.

Bengkoang sering disebut oleh masyarakat Indonesia sebagai campuran makanan rujak atau lotis. Selain untuk campuran makanan rujak atau lotis buah bengkoang juga nikmat jika di makan secara langsung. Terlepas dari rasanya yang begitu segar karena memiliki kadar air, buah bengkoang ternyata juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan karena memiliki beraneka ragam nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Kandungan nutrisi bengkoang

Bengkoang terkenal dengan kadar seratnya yang cukup tinggi. Dalam setiap 100 gram bengkoang, memiliki sekitar 5 gram serat dan 40 kalori. Jumlah serat tersebut sudah sama dengan 11-15% dari kebutuhan serat orang dewasa dalam sehari.

Selain serat, masih terdapat beberapa nutrisi lain yang dimiliki bengkoang dan juga penting untuk kesehatan tubuh Anda. Berikut ini merupakan beberapa macam nutrisi yang terdapat dalam 100 gram bengkoang :

- Protein sekitar 0,6 gram

- Vitamin C sekitar 19 mg

- Kalsium sekitar 11 gram

- Karbohidrat sekitar 8,7 gram

- Kalium sekitar 200 gram

- Magnesium sekitar 11 gram

- Zinc sekitar 0,15 mg

- Fosfor sekitar17 mg

Selain beberapa nutrisi tersebut, buah bengkoang juga memiliki vitamin A, vitamin B6 , dan zat besi meskipun dalam jumlah yang sedikit.

Manfaat bengkoang bagi kesehatan tubuh

Beraneka ragam nutrisi yang sudah dijelaskan diatas, membuat buah bengkoang menjadi baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Berikut beberapa manfaat bengkoang yang penting bagi kesehatan tubuh :

1. Memperlancar pencernaan

Salah satu manfaat bengkoang yang penting adalah mampu memperlancar pencernaan. Karena, serat yang terkadung dalam buah bengkoang tersebut dapat membuat tinja menjadi lebih lunak dan mudah bergerak lewat saluran pencernaan.

Selain serat, kandungan nutrisi lainnya dalam buah bengkoang dan juga bermanfaat untuk dapat memperlancar sistem saluran pencernaan adalah air dan inulin. Beberapa penelitian mengatakan bahwa kandungan air, serat, dan inulin mampu membantu mencegah dan mengatasi sembelit.

2. Menjaga agar terhindar dari dehidrasi

Seperti yang sudah disebutkan di awal, bengkoang memliki kandungan air yang tinggi. Sekitar 85% bengkoang terdiri dari air. Maka dari itu, dengan mengkonsumsi bengkoang tidak hanya mampu membuat Anda merasa kenyang, namun juga dapat mencegah Anda dari dehidrasi.

3. Menjaga agar jantung tetap sehat

Kandungan serat yang berada di dalam bengkoang juga bermanfaat untuk dapat menjaga agar jantung tetap sehat. Asupan serat yang tercukupi mampu menghambat penyerapan dan mengurangi jumlah kolesterol, sehingga baik untuk dapat mengatasi kolesterol yang tinggi.

Manfaat bengkoang dalam penurunan kolesterol tersebut mampu mencegah terjadinya pembentukan plak atau penyumbatan terhadap pembuluh darah jantung.

4. Meningkatkan sistem fungsi otak

Meskipun dalam jumlah yang kecil, kadungan vitamin B6 dalam bengkoang ternyata mempunyai manfaat yang besar untuk kesehatan. Vitamin tersebut dapat membantu otak dan sistem kerja saraf untuk bekerja lebih baik. Vitamin B6 juga membantu tubuh dalam menghasilkan sel darah merah dan mengubah protein menjadi sebuah energi.

Di samping itu, kadar serat dan karbohidrat kompleks dari buah bengkoang juga baik dalam menjaga kelancaran aliran darah di dalam otak.

5. Meminimalkan resiko kanker

Menurut sebuah penelitian, paparan radikal bebas dalam jumlah yang besar dapat meningkatkan resiko Anda mengalami keadaan kesehatan yang serius, seperti diabetes dan kanker.

Bengkoang memiliki kadar antioksidan, seperti vitamin C, yang berguna untuk dapat mencegah paparan radikal bebas. Selain mencegah paparan radikal bebas, kandungan vitamin C dalam bengkoang juga berguna untuk dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh, sehingga membuat Anda tidak mudah terserang penyakit. 

6. Menjaga berat badan agar tetap ideal

Apabila Anda sedang melakukan program menurunkan berat badan, Anda bisa menambahkan bengkoang di dalam menu diet Anda. Karena, kandungan kalori dalam bengkoang tergolong relatif rendah, yaitu hanya sekitar 40 kalori dalam setiap 100 gram nya.

Dengan kadar serat dan karbohidrat kompleknya yang relatif tinggi, bengkoang juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Efek tersebut membuat bengkoang dianggap baik dalam membantu menurunkan berat badan.

Disamping beberapa manfaat yang telah dijelaskan diatas, buah bengkoang juga dipercaya dapat mengatur kadar gula darah dan mengatasi terjadinya resistensi insulin. Tapi, manfaat buah bengkoang yang ini masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut.

Bengkoang memang bisa dimakan secara langsung tanpa harus dimasak. Tapi, perlu diingat, pilihlah bengkoang dengan kualitas yang terjamin dan pastikan bengkoang sudah dikupas dan dibersihkan terlebih dahulu agar bersih dan aman untuk dimakan.

Baca Juga : Manfaat Lidah Buaya

                    Manfaat Buah Kurma

                    Manfaat Jahe

Jika Anda mempunyai keadaan medis tertentu, jangan ragu untuk datang ke dokter gizi supaya Anda dapat memperoleh saran yang tepat apabila ingin menambahkan bengkoang kedalam menu sehari-hari.

Related Posts:

0 Response to "Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment