Manfaat Buah-Buahan Bagi Kesehatan Tubuh



Sayuran hijau sering dikenal sebagai sumber makanan yang paling bergizi. Namun, ada juga makanan lain yang tidak kalah bergizi nya dari sayur-sayuran seperti buah-buahan. Manfaat buah-buahan untuk tubuh kita bersumber dari kandungan nutrisi seperti mineral dan vitaminnya. Bahkan ada pula buah yang mengandung serat tinggi, sehingga sangat pas untuk dikonsumsi ketika menjalankan program diet. Sebagian besar buah-buahan adalah sumber dari antioksidan terbaik. Senyawa tersebut sangat dibutuhkan bagi tubuh untuk menjadi pelindung dari radikal bebas yang berbahaya. Dengan mengkonsumsi buah-buahan secara rutin juga bisa memelihara berbagai organ dalam tubuh. Diimbangi dengan pola makan yang baik, maka manfaat buah-buahan bagi tubuh akan sangat dirasakan dengan lebih cepat. Terdapat banyak sekali manfaat dari buah-buahan bagi tubuh. Bukan hanya menyehatkan saja, dengan mengonsumsi buah dapat membantu menjaga kebugaran dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Berikut terdapat beberapa manfaat dengan kita rutin mengkonsumsi buah setiap harinya.

Manfaat Buah-Buahan Bagi Kesehatan Tubuh

Dengan mengkonsumsi beberapa jenis buah dalam jumlah yang tepat, merupakan cara yang paling baik agar dapat menjaga kesehatan sekaligus mencegah berbagai macam penyakit yang dapat menyerang tubuh. Menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2014, buah dan sayur ditetapkan sebagai sumber makanan dengan nutrisi yang paling banyak, tapi kadar kalori dari buah dan sayur sangat rendah. Berdasarkan alasan tersebut, konsumsi buah-buahan segar sangat disarankan agar dapat mencukupi asupan nutrisi setiap harinya. Menurut WHO, seseorang disarankan mengkonsumsi buah dan sayur 400 gram per hari supaya tubuh dapat tetap terjaga dengan baik. Jika Anda mengkonsumsi buah secara rutin dan teratur maka Anda akan memperoleh bermacam-macam manfaat seperti :

1. Menjadi sumber asupan vitamin terbaik bagi tubuh

Kadar vitamin dalam buah-buahan segar sangatlah tinggi. Hal tersebut menjadikan alasan mengapa banyak orang disarankan agar selalu mengkonsumsi buah-buahan secara rutin setiap harinya. Orang yang rajin makan buah mempunyai penurunan resiko beberapa penyakit kronis. Buah-buahan memberikan nurtrisi sangat penting bagi kesehatan dan pemeliharan tubuh anda.

Anda tidak akan menjumpai sumber nutrisi yang baik untuk tubuh Anda selain dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Hampir semua jenis buah-buahan memiliki kadungan vitamin A, B, C, E. Sebagian besar nutrisi didalam buah-buahan yang segar adalah sumber antioksidan yang berguna bagi tubuh. Sebagai contoh dengan Anda mengkonsumsi buah seperti blueberry antioksidan yang terkandung di dalamnya tersebut mampu menetralkan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

2. Sebagai sumber mineral penting yang diperlukan oleh tubuh

Sebagian besar jenis buah segar rendah lemak dan juga kalori. Namun kadar mineral yang dimilikinya sangatlah tinggi. Mineral seeperti kalsium dan zat besi mempunyai peranan penting dalam menjaga tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Mineral dibutuhkan untuk membangun tulang dan gigi menjadi kuat, mengontrol cairan di dalam tubuh, dan dapat mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi sebuah energi. Kesimpulannya, manfaat buah-buahan bagi tubuh salah satunya adalah sebagai solusi dalam menjaga asupan mineral seperti magnesium, seng, fosfor dan asam folat.

3. Melancarkan pencernaan

Sebagian besar buah-buahan yang segar sangat rendah lemak dan kalori, yang dapat dikatan juga bahwa Anda dapat mengkonsumsi lebih banyak buah-buahan agar membuat perut terasa kenyang untuk jangka waktu lebih lama. Manfaat buah-buahan bagi tubuh yang harus Anda mengerti yakni, bahan makanan ini sangat pas bagi seseorang yang dalam menjalankan program diet. Buah juga mempunyai banyak kandungan serat dan air di dalamnya. Konsumsi buah seperti jeruk dan pepaya dapat menjadikan rasa kenyang di perut untuk waktu lebih lama. 

4. Memiliki kandungan antioksidan yang tinggi

Antioksidan adalah sebuah senyawa yang dapat membantu mempertahankan sel-sel dalam tubuh Anda dari berbagai kerusakan akibat molekul berbahaya yang sering disebut dengan radikal bebas. Buah-buahan seperti anggur, blueberry, cery, semangka, jambu biji, mangga, delima merupakan sumber antioksidan yang paling baik. Dengan mengkonsumsi secara rutin, maka manfaat buah-buahan untuk tubuh dapat menangkal radikal bebas bisa Anda rasakan.

5. Menjaga tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit

Buah merupakan salah satu makanan yang kaya akan sumber vitamin dan juga mineral. Untuk Anda yang tidak suka buah, sebaiknya mulai berpikir ulang. Karena kandungan vitamin dan mineral alami sangat diperlukan oleh sel-sel dalam tubuh, terutama untuk meningkatkan sistem imunitas. Dengan mengkonsmsi buah secara rutin asupan vitamin dan juga mineral yang sangat penting dapat membantu tubuh Anda terkena penyakit yang berbahaya.

6. Membuat tubuh menjadi lebih segar dan sehat

Manfaat buah-buahan untuk tubuh selanjutnya adalah bisa menjaga kesehatan tubuh Anda seupaya tetap berenergi, dan menjadikan tubuh tidak mudah lelah. Dengan mengkombinasikan dalam mengkonsumsi buah-buahan yang segar dapat mengurangi kadar kolesterol, peradangan dan juga tekanan darah. Tidak hanya sampai disitu saja, mekipun mengandung gula, namun buah segar utuh dikemas dengan nutrisi seperti vitamin dan serat yang memberikan dapak bagus untuk kesehatan tubuh Anda.

Itulah beberapa manfaat buah-buahan bagi kesehatan tubuh. Jadi yang sampai sekarang masih tidak suka buah, cobalah biasakan dulu sedikit demi sedikit, karena manfaat dari buah-buahan sangatlah banyak dalam rangka untuk menjaga tubuh kita agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Related Posts:

0 Response to "Manfaat Buah-Buahan Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment