17 Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Tubuh



Sudah sejak dulu temulawak telah digunakan oleh masyarakat dan dijadikan sebagai bermacam-macam jenis obat. Temulawak adalah salah satu jenis rempah-rempah asli dari Indonesia yang memiliki bentuk hampir sama dengan kunyit. Jenis tanaman tersebut dapat mengobati bermacam-macam jenis penyakit yang berbeda.

Manfaat Temulawak bagi kesehatan tubuh

1. Mampu memicu produksi empedu

Manfaat temulawak bagi kesehatan tubuh yang pertama adalah mampu memicu produksi empedu. Salah satunya kegunaan tersebut adalah untuk menjaga sistem saluran penceranaan. Rempah tersebut dapat memicu produksi empedu dalam kantong empedu yang bisa membantu melancarkan sistem saluran pencernaan. Jadi, jangan lupa untuk mengkonsumsi jenis rempah yang satu ini ya.

2. Mengatasi gangguan sistem saluran pencernaan

The German Commission E, badan yang telah menentukan racikan mana yang aman dijadikan resep di negara Jerman, mendukung temulawak untuk menangani dan mengobati bermacam-macam masalah sistem saluran pencernaan. Hal tersebut juga termasuk gangguan sistem saluran pencernaan, rasa tidak nyaman di dalam perut, dan juga kembung gas.

3. Mampu mencegah penyakit yang kambuhan

Dalam sebuah penelitian pada tahun 2006 yang diterbitkan di dalam Clinical Gastroenterology and Hepatology memeriksa pasien yang mengalami kolitis ulseratif. hal tersebut merupakan sebuah penyakit peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Diyakini, pasien yang mengkonsumsi temulawak secara rutin  akan mengalami tingkat kambuhan yang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan mereka yang memakai plasebo selama enam bulan.

4. Menurunkan sakit akibat osteoartritis

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Alternative dan Complementary Medicine, memeriksa pasien yang mengalami penyakit artritis lutut diberikan ekstrak temulawak lokal atau ibuprofen secara rutin selama enam minggu. Ketika akhir penelitian, mendapatkan hasil bahwa temulawak lokal dapat bekerja sama baiknya dengan ibuprofen dalam menurunkan rasa sakit yang dikarenakan oleh radang sendi pada lutut. Pastinya, hal tersebut tanpa efek samping yang dapat merugikan.

5. Menurunkan resiko kanker

Manfaat temulawak bagi kesehatan tubuh berikutnya adalah mampu membantu menurunkan, mencegah, mengendalikan atau bahkan dapat membunuh beberapa jenis kanker termasuk kanker payudara, kanker usus besar, kanker prostat. Sebuah penilitian yang diterbitkan pada jurnal ilmiah The Prostate, menunjukan bahwa curcumin ternyata bisa memperlambat bertumbuhnya kanker prostat. Disamping itu, temulawak juga mempunyai potensi dalam menurunkan berkembangnya penyakit kanker menjadi lebih parah lagi.

6. Menjaga sel dan jaringan

Meskipun dibutuhkan sebuah penelitian lebih lanjut, tampaknya temulawak mempunyai sebuah potensi yang sangat kuat dalam melawan berbagai kanker. Pusat Medis Universitas Maryland menunjukan bahwa temulawak bisa bekerja dengan memperlambat bertumbuhnya pembuluh darah yang mensuplai bertumbuhnya kanker. Disamping itu, dalam temulawak terdapat sebuah kandungan antioksidan di dalamnya dapat memabntu menjaga sel dari sebuah kerusakan.

7. Menunda penuaan dini

Menjadi tua merupakan sebuah hal yang sangat mengkhawatirkan untuk kebanyakan masyrakat. Melihat kulit yang mulai keriput dan kendur, serta resiko penyakit di usia menjadi sesuatu hal yang sangat dikhawatirkan. Tapi, jika salah satu manfaat temulawak dapat menunda penuaan dini apakah Anda akan tertarik? Di dalam sebuah jurnal yang di terbitkan di Immunity dan Ageing, ditunjukan bahwa temulawak sendiri merupakan sebuah rempah yang sangat terkenal untuk dijadikan sebagai suplemen anti penuaan.

8. Membantu dalam mengatasi depresi

Rempah satu tersebut juga dapat membantu Anda dalam mengatasi situasi depresi. Depresi merupakan sebuah situasi yang menyerang mental. Kondisi ini sama buruknya dan berbahaya dengan situasi yang menyerang fisik orang. Ini sendiri tidaklah sebuah hal yang dapat dianggap sepele saja. Namun, kebanyakan masyarakat yang belum menyadari akan bahayanya situasi tersebut saat seseorang mengalaminya.

9. Menjadikan Kulit Lebih Lembab

Manfaat temulawak bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah mampu menjadikan kulit lebih lembab. Temulawah dapat diolah sebagai masker wajah untuk bisa melembapkan kulit. Anda dapat menambahkan minyak zaitun agar mendapatkan kelembapan lebih ekstra.

10. Mengurangi resiko terkena penyakit serangan jantung

Manfaat temulawak bagi kesehatan tubuh yang lainnya adalah dapat mengurangi resiko terkena penyakit serangan jantung. Penyakit jantung merupakan penyakit nomor satu yang menyebabkan kematian di seluruh penjuru dunia. Para peneliti pun juga mempelajari penyakit tersebut selama berpuluh-puluh tahun dan mempelajari alasan penyakit tersebut dapat muncul dalam tubuh manusia. Pastinya, terdapat berbagai faktor yang menyebabkan seseirang dapat terkena penyakit serangan jantung. Lebih menarik lagi, obat-obatan tradisional ternyata juga dapat membantu Anda dalam mencegah timbulnya penyakit serangan jantung tersebut.

11. Memproduksi Hormon Bahagia

Sebuah penelitian dalam jurnal Psychopharmacology menyatakan terdapat beberapa bukti bahwa temulawak dapat mendorong orak agar dapat memproduksi dan melepaskan serotonin dan juga dopamin, yaitu hormon bahagia yang terdapat dalam tubuh.

12. Mampu mencegah penyakit kardiovaskular

Dalam sebuah jurnal yang diterbitkan di International Journal of Cardiology manfaat temulawak bagi kesehatan tubuh sendiri dapat membantu tubuh dalam mencegah timbulnya penyakit kardiovaskular. Para peneliti menduga bahwa manfaat yang utama dari rempah tersebut dalam mencegah penyakit jantung sendiri karena rempah tersebut bisa meningkatkan fungsi endotelium yang merupakan sebuah lapisan pada pembuluh darah.

13. Mampu Mencegah penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer merupakan sebuah penyakit nerodegeneratif paling umum dalam dunia yang dapat menjadi faktor utama demensia. Namun, sampai saat ini masih belum terdapat pengobatan yang mampu menyembuhkan situasi ini. Namun demikian, mencegah merupakan hal yang paling baik untuk dilakukan ketimbang mengobati. Karenanya, Anda mesti senantiasa menjaga kesehatan tubuh mulai dari sekarang.

14. Meningkatkan metabolisme tubuh

Manfaat temulawak bagi kesehatan tubuh berikutnya adalah mampu meningkatkan metabolisme tubuh agar selalu stabil. Hal tersebut dikarenakan terdapat pati dan turmerol yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Untuk mengkonsumsi temulawak, Anda dapat mengolah rempah tersebut menjadi sebuah minuman dengan cara merebusnya.

15. Mempunyai sifat antiradang

Di Indonesia, temualawak sering digunakan sebagai bahan yang terdapat pada jamu. Disamping sebagai bahan jamu, pastinya juga sering dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional. Cara pengobatan alami yang memakai temulawak telah digunakan sejak 4000 tahun lalu. Dalam pengobatan Ayurvedic dan tradisional Tiongkok, para peneliti menyatakan bahwa temulawak sebagai obat antiradang dan menyembuhkan luka yang efektif.

16. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat temulawak bagi kesehatan tubuh ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan bermacam-macam penyakit. Disamping menjaga kesehatan tubuh dengan minum jamu, pastikan Anda juga menjalani aktivitas fisik, konsumsi makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup.

17. Menangkal bakteri dalam tubuh

Tidak sampai disitu saja, manfaat temulawak bagi kesehatan tubuh dalam mengatasi dan menangkal menyebarnya bakteri dalam tubuh. Pada umumnya, bakteri tersebut sering kali menyerang sistem saluran pencernaan.

Baca juga : Manfaat Jahe

                    Manfaat Bawang Putih

                    Manfaat Bawang Merah

Itulah berbagai manfaat temulawak bagi kesehatan tubuh. Jika masih ingin mengetahui lebih lanjut lagi, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter gizi.

Related Posts:

0 Response to "17 Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment