Cara Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal



Tidak hanya sekedar indah jika dipandang mata, mempunyai berat badan yang ideal juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tapi ternyata, sampai detik ini, masih banyak orang yang berjuang memperoleh berat badan ideal dengan cara yang salah. Hal tersebut malah akan membuat tubuh rentan terhadap penyakit yang dapat menyerang. Supaya tetap sehat, inilah beberapa cara menjaga berat badan ideal.

1. Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi

Tentunya banyak orang telah mengetahui bahwa sebagian besar tubuh manusia itu terdiri dari air. Jadi, hal tersebut yang menjadikan asupan air sangatlah berguna bagi siapa saja, termasuk jika Anda sedang menjalani program penurunan berat badan atau ingin menjaga berat badan agar tetap ideal. Karena, jika kekurangan cairan akan mengakibatkan dehidrasi yang disertai dengan beberapa tanda seperti tubuh lemas, kepala pusing, dan juga kelelahan. Banyak orang seringkali salah mengerti dan menyangka bahwa tanda tersebut merupakan tanda karena rasa lapar, sehingga tubuh akan lebih banyak menampung asupan kalori daripada cairan. Lain halnya, dengan mempunyai asupan air putih yang cukup mampu melancarkan proses metabolisme tubuh agar dapat membantu dalam menjaga berat bada. Jadi, jangan sampai tubuh Anda mengalami dehidrasi.

2. Sarapan yang mengandung kadar protein yang tinggi

Tidak hanya memberi energi terhadap tubuh untuk menjalani hari, dengan melakukan sarapan yang memiliki kadar protein yang tinggi juga mengandung banyak kegunaan bagi Anda yang ingin menjaga berat badan agar tetap ideal. Dengan membiasakan diri melakukan sarapan tinggi protein, rasa kenyang akan bertahan lebih lama di perut sehingga dapat membantu mengurangi keinginan untuk makan secara berlebih pada siang hari. Anda dapat memilih menu sarapan tinggi protein, seperti dada ayam tanpa kulit, telur ayam rebus dan lain sebagainya. Tapi pastikan juga, disamping protein, Andajuga harus memenuhi nutrisi yang diperlukan tubuh lainnya seperti karbohidrat, mineral, serat dan lain-lain.

3. Menjalani aktivitas fisik seperti olahraga secara rutin

Aktivitas fisik seperti olahraga memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga berat badan tubuh agar tetap ideal. Dengan berolahraga sebanyak 4-6 kali dalam seminggu bisa membantu dalam pembakaran kalori di dalam tubuh, mengendalikan kadar gula dalam darah, dan juga dapat mencegah penyakit jantung atau stroke. Disamping memberikan banyak manfaat dalam kesehatan, olahraga juga dapat memicu produksi hormon endorfin yang berguna untuk memberikan rasa bahagia dan meminimalkan tingkat stres. Terdapat banyak macam olahraga yang bisa Anda jalani setiap harinya agar berat badan Anda tetap terjaga dengan baik mulai dari jalan santai, berlari, yoga, bersepeda, berenang sampai pada latihan angkat beban.

4. Selalu memenuhi nutrisi yang diperlukan oleh tubuh

Dalam usaha agar berat badan tetap terjaga dengan baik, bukan berarti memberikan asupan kalori seminimal mungkin terhadap tubuh, Sebaliknya, dalam memenuhi nutrisi dengan makanan yang bergizi akan menjadi peranan penting dalam menjaga berat badan agar tetap ideal. Pastikan Anda memperoleh gizi yang seimbang dari sumber protein, sayur mayur , lemak yang sehat, karbohidrat yang kompleks, serta buah-buahan untuk memenuhi nutrisi tubuh.

5. Memiliki jam istirahat yang cukup

Tahukah Anda, jika tubuh kekurangan jam istirahat di malam hari dapat menyebabkan obesitas. Ketika seseorang memiliki jam tidur yang kurang, kadar hormon rasa lapar atau biasa disebut dengan ghrelin akan bertambah sedangkan hormon pemberi rasa kenyang atau leption akan mengalami penurunan. Hal ini bisa berakibat pada seseorang cenderung akan mengkonsumsi makanan yang berlebih akibat rasa lapar yang terus menerus muncul.

6. Makan secara perlahan

Mungkin Anda sudah sering mendengar kalau untuk menjaga berat badan agar tetap selalu ideal, makan secara perlahan akan menjadi salah satu hal yang harus Anda lakukan. Tapi, apakah Anda mengerti alasannya? Hal tersebut disebabkan saat Anda menikmati makanan yang disantap secara perlahan, kalori yang akan masuk ke dalam tubuh akan lebih berkurang. Fakta ini didukung dari sebuah hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2006, dimana seseorang yang makan dengan kecepatan normal bisa mengurangi resiko obesitas sekitar 29%, sedangkan individu yang makan dengan kecepatan sedikit lambat bisa mengurangi resiko obesitas sekitar 42%.

Nah itulah beberapa cara agar dapat menjaga berat badan tubuh agar tetap ideal. Meski terlihat mudah dan simpel untuk dijalani, pastikan Anda menerapkan hal tersebut secara rutin dan teratur supaya berat badan tetap terjaga dengan ideal.

Related Posts:

0 Response to "Cara Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal"

Post a Comment