Manfaat Buah Semangka dan Kandungan Nutrisinya



Musim panas selalu identik dengan buah-buahan segar, buah semangka merupakan salah satu buah segar tersebut. Buah tersebut mempunyai rasa manis dan efek hidrasi, buah semangka sangat cocok dalam membantu mencukupi rasa dahaga. Teryata, tidak hanya memiliki kadar air yang tinggi, buah semangka juga tinggi akan beberapa vitamin.

Buah semangka mempunyai ukuran sedang sampai besar kulit berwarna hijau dengan corak garis berwarna lebih tua dan daging buah berwarna merah. Buah semangka tersebut masih ada kaitannya dengan buah blewah, labu, dan mentimun. Rasanya yang manis dan sangat menyegarkan, menjadikan buah tersebut cocok untuk dikonsumsi agar dapat melepas dahaga ketika musim panas datang.

Disamping sangat menyegarkan, tidak disangka makanan yang sehat tersebut juga rendah kalori dan bebas dari lemak. Ketika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup atau sesuai dengan takaran, buah semangka sangat tepat dalam menunjang kesehatan tubuh. Tidak hanya daging buahnya saja, Anda juga dapat mengkonsumsi bagian lain dari buah semangka, termasuk bijinya.

Kandungan Vitamin dan mineral dalam buah semangka

Tanpa disangka, tidak hanya bebas dari lemak dan rendah kalori, kandungan vitamin dalam buah semangka pun bermacam-macam. Semangka merah yang matang sepenuhnya memiliki tingkat kadar nutrisi yang lebih tinggi, jika dibandingkan dengan buah semangka yang masih belum matang dengan sempurna.

Satu porsi semangka merupakan sumber dari vitamin C dan vitamin A yang sangat tepat dalam mencukupi presentase yang penting dari keperluan harian tubuh untuk keduannya. Vitamin C dapat membantu dalam percepatan penyembuhan luka dan mempunyai sifat antipenuaan serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sementara itu, vitamin A juga sangat baik dalam membantu menjaga kesehatan mata.

Tidak hanya satu, dalam porsi semangka juga terdapat sekitar 7 persen dari keperluan harian tubuh akan asam pantotenat dan tembaga, sekitar 4 persen biotin, dan sekitar 3 persen vitamin B1 dan vitamin B6

Kandungan nutrisi lainnya

Kandungan karbohidrat yang terdapat pada buah semangka sebagian besar berbentuk gula dengan sedikit serat. Setengah dari gula itu merupakan fruktosa, seperempatnya berupa glukosa, dan kurang dari itu merupakan sukrosa. Jjika berhubungan dengan karbohidrat, sebaiknya Anda perhitungkan dengan teliti.

Satu porsi gelas semangka yang dipotong kotak-kotak atau sekitar 151 gram memiliki kadar serat sekitar 0,5 gram, gula sekitar 9,3 gram, karbohidrat total sekitar 11 gram, dan karbohidrat bersih sekitar 10,8 gram. Sementara dalam satu potongan buah semangka berukuran sedang atau sekitar 285 gram, memiliki kandungan serat sekitar 1 gram, gula sekitar 17,6 gram, karbohidrat total sekitar 21,5 gram, dan karbohidrat bersih sekitar 20 gram.

Buah semangka tersebut mempunyai indeks glikemik 76. Itu artinya, buah semangka dapat memberikan kenaikan gula darah lebih cepat dibandingkan dengan makanan yang mempunyai angka glikemik yang lebih rendah. Disamping itu, hanya sedikit kandungan protein di dalamnya, hampir tanpa lemak, dan kalori yang rendah.

Mesti diingat, semua buah memang bagus bagi kesehatan karena kandungan nutrisinya yang terbilang lengkap. Tapi, perlu diperhatikan asupannya, karena dengan mengkonsumsi yang berlebihan pasti tetap bisa meningkatkan peluang resiko terjadinya masalah kesehatan yang serius. Terlebih lagi buah yang identik dengan gula yang tinggi meski bersifat alami.

Manfaat buah semangka bagi kesehatan tubuh

Karena kandungan nutrisinya yang melimpah, terdapat beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengkonsumsi semangka, diantaranya :

1. Menjaga sistem saluran pencernaan

Berbagai macam buah-buahan, termasuk juga buah semangka, adalah sumber serat yang tepat bagi saluran pencernaan. Hal tersebut karena buah semangka adalah salah satu dari banyak jenis buah-buahan dengan kandungan air yang begitu tinggi, mencapai sekitar 91%

Kandungan air dan serat itulah yang menjadikan buah semangka tepat untuk dikonsumsi agar dapat melancarkan buang air besar dan mencegah kontipasi.

2. Mencegah dehidrasi

Agaar dapat mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dan mencegah dehidrasi, Anda butuh minum air sekitar 7-8 gelas setiap harinya. Selain dengan air putih, asupan cairan tubuh juga dapat dicukupi dengan mengkonsumsi beraneka ragam makanan untuk dapat mengatasi dehidrasi, salah satunya adalah buah semangka

3. Menjaga kesehatan jantung

Beberapa riset menunjukan bahwa kadungan antiosidan, vitamin dan serat dalam buah semangka bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh dan mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah.

Disamping itu, buah semangka juga memiliki citrulline, salah satu jenis asam amino yang bisa menurunkan tekanan darah sekaligus dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Maka dari itu, buah semangka juga tepat untuk dikonsumsi bagi penderita hipertensi.

Kombinasi manfaat itulah yang menjadikan buah semangka baik untuk dikonsumsi dalam menjaga kesehatan jantung dan mencegah berbagai jenis penyakit kardiovaskuler, seperti penyakit serangan jantung dan stroke.

4. Membantu dalam menjaga kesehatan mata.

Buah semangka memiliki vitamin A, vitamin C dan antioksidan likopen. Ketiga macam nutrisi itu dipercaya dapat meningkatkan kesehatan mata juga dapat mencegah resiko menurunnya fungsi kerja penglihatan karena faktor usia, seperti katarak dan degenerasi makula.

5. Menjaga kesehatan sendi

Beberapa riset menunjukan bahwa senyawa beta-cryptoxanthin, merupakan salah satu macam antioksidan di dalam buah semangka, bisa untuk memelihara kesehatan sendi. Bahkan, antioksidan tersebut juga dipercaya mampu mencegah penyakit rheumatoid arthritis atau radang persendian.

Namun, selama ini riset tersebut masih terbatas pada uji coba di laboratorium. Maka dari itu, efektivitas dan tingkat keamanan dalam mengkonsumsi buah semangka untuk menjaga kesehatan sendi masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut lagi.

6. Menangkal radikal bebas

Beragam antioksidan dan vitamin yang terdapat dalam buah semangka mempunyai peranan yang penting untuk memperkuat sistem imunitas tubuh dan menjaga sel-sel tubuh dari dampak terpapar radikal bebas yang bisa memicu beraneka ragam penyakit seperti kanker.

Bahkan, kadungan antioksidan dan vitamin di dalam buah semangka juga diyakini begitu bermanfaat dalam meredakan peradangan, menjaga kesehatan kulit dan rambut, juga dapat menghambat pertumbuhan penyakit degeneratif, seperti penyakit Alzheimer.

Baca juga : Manfaat Buah Mangga

                   Manfaat Buah Jambu Biji

                   Manfaat Buah Anggur

Itulah beberapa penjelasan mengenai kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah semangka beserta manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Apabila ingin mengetahui lebih jauh lagi tentang manfaat buah semangka atau pola makan sehat dan sesuai dengan keadaan dan kebutuhan Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.


Related Posts:

0 Response to "Manfaat Buah Semangka dan Kandungan Nutrisinya"

Post a Comment