Manfaat Jambu Biji dan Kandungan Nutrisinya



Jambu biji memiliki antioksidan dan vitamin yang sangat tinggi. Kandungan tersebut membuat manfaat buah jambu biji dapat sebanding dengan rasanya yang enak dan segar. Jambu biji dikenal sebagai buah tropis yang banyak ditemukan di Meksiko, Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Karibia. Buah jambu juga disebut dengan buah guava ini sudah banyak dikembangkan dan bisa dikonsumsi di berbagai negara beriklim tropis dan subtropis, termasuk juga Indonesia.

Buah jambu biji bisa dimakan secara langsung ataupun dibuat menjadi bermacam-macam olahan, seperti jus buah dan juga selai. Tidak hanya buahnya, daun jambu biji juga banyak dimanfaatkan untuk beberapa pengobatan, seperti gangguan pada sistem saluran pencernaan sampai pada diabetes.

Kandungan Nutrisi Jambu Biji

Di dalam satu buah jambu biji dengan berat sekitar 54 gram, memiliki 36 kalori dan berbagai nutrisi seperti sekitar 1,3 gram protein, 2,96 gram serat, 9,8 miligram kalsium, 11 miligram magnesium, 228 miligram kalium, 124 miligram vitamin C. Disamping itu juga, buah jambu biji memiliki beberapa macam vitamin lainnya, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin E, dan vitamin K, serta kandungan mineral seperti zinc, mangan, selenium

Beberapa manfaat jambu biji bagi kesehatan tubuh

Karena kandungan nutrisinya yang cukup tinggi, terdapat beberapa manfaat jambu biji yang bisa Anda peroleh dengan mengkonsumsinya, seperti :

1. Menangkal radikal bebas

Buah jambu biji adalah salah satu dari buah yang tinggi akan antioksidan. Antioksidan tersebut dapat bermanfaat dalam melindungi tubuh agar tidak terjadi kerusakan sel karena terpapar radikal bebas. Manfaat dari buah jambu biji dalam menangkal radikal bebas tersebut tidak hanya mampu diperoleh dari buahnya saja, melainkan juga bisa diperoleh dari daunnya.

Radikal bebas adalah salah satu faktor yang menjadi pemicu dari penyakit kanker dan penyakit jantung. Disamping itu, sebuah riset juga menunjukan bahwa ekstrak dari dari daun jambu biji mampu membantu dalam mencegah dan bahkan menghentikan pertumbuhan sel kanker.

2. Menjaga sistem saluran pencernaan.

Manfaat dari buah jambu biji yang lainnya adalah mampu melancarkan sistem pencernaan. Hal tersebut karena buah jambu biji memiliki kadar serat yang melimpah, sehingga dapat mencegah dan mengatasi sembelit serta mampu menjaga kesehatan usus.

Disamping itu, ekstrak dari daun jambu biji juga dipercaya mampu mengurangi intensitas buang air besar pada penderita penyakit diare sekaligus mampu menetralkan bakteri yang berbahaya dalam usus yang menyebabkan diare.

3. Mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh

Buah jambu biji adalah salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Bahkan, kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah jambu biji melebihi kandungan vitamin C yang terdapat pada buah jeruk. Vitamin C sendiri diyakini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mampu mengurangi terkena penyakit infeksi.

4. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah

Bagi penderita hipertensi dan kolesterol tinggi mungkin harus mulai mempertimbangkan manfaat dari buah jambu biji yang satu ini. Karena kandungan serat dan juga vitamin C yang melimpah, buah jambu biji diyakini mampu mengurangi kolesterol yang jahat dan menurunkan tekanan darah yang tinggi.

5. Mampu mencegah penyakit diabetes

Sebuah riset menunjukan jika konsumsi teh daun jambu biji mampu menurunkan kadar gula dalam darah setelah makan. Disamping itu, ekstrak jambu biji juga mampu membantu dalam mengendalikan kadar gula dalam darah, sehingga tepat jika dikonsumsi bagi mereka yang beresiko tinggi terkena penyakit diabetes.

6. Menjaga mata agar tetap sehat

Buah jambu biji bermanfaat dalam menjaga agar mata tetap sehat, karena kandungan vitamin A yang terdapat dalam buah tersebut. Vitamin A itu yang berperan dalam membantu fungsi membran konjungtiva dan kornea pada mata.

Jika seseorang kekurangan vitamin A, berbagai gangguan pada mata, seperti rabun jauh atau kebutaan pada anak-anak, mungkin saja bisa terjadi.

7. Mencegah penyakit demam berdarah

Sebuah riset menunjukan jika ekstrak dari daun jambu biji juga diduga mampu menghambat virus dengue yang mengakibatkan penyakit demam berdarah dengue. Daun dari buah jambu biji juga memiliki quercitin yang bisa meningkatkan jumlah trombosit dan menurunkan resiko terjadinya pendarahan bagi penderita demam berdarah.

8. Menjaga kulit supaya tetap sehat

Manfaat dari buah jambu biji yang satu ini tentunya sangat digemari oleh para wanita, yaitu dapat membantu dalam menjaga agar kulit tetap sehat. Hal tersebut dikarenakan buah jambu biji memiliki vitamin C yang berperan aktif dalam pembentukan kolagen dan bersifat antioksidan, sehingga dapat mencegah tanda penuaan dini pada kulit. 

Selain beberapa macam manfaat dari jambu biji diatas, buah dengan daging berwarna merah dan putih ini juga diyakini mampu dalam mengatasi penyakit perut ketika menstruasi, infeksi kulit, nyeri lutut bahkan kolik.

Tapi, apabila Anda akan menjalani prosedur operasi, hindari mengkonsumsi jambu biji karena bisa menurunkan kadar gula dalam darah dan meningkatkan sebuah resiko pendarahan. Penderita eksim juga sebaiknya tidak mengkonsumsi ektrak dari daun jambu biji, karena dapat memperparah gejala penyakit tersebut. 

Baca juga : Manfaat Buah Semangka

                   Manfaat Buah Mangga

                   Manfaat Buah Pir

Apabila masih mempunyai pertanyaan yang berkaitan dengan manfaat dari buah jambu biji bagi kesehatan tubuh, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter gizi. Anda juga bisa bertanya tentang porsi jambu biji yang bisa dikonsumsi sehari-harinya, sesuai dengan kondisi kesehatan anda.


Related Posts:

0 Response to "Manfaat Jambu Biji dan Kandungan Nutrisinya"

Post a Comment