Manfaat Air Putih Bagi Tubuh



Air merupakan salah satu unsur yang mengambil peranan penting bagi tubuh manusia, dimana tubuh manusia 50% nya terdiri dari air yang harus dicukupi setiap harinya. Banyak macam minuman yang bisa dikonsumsi di sepanjang hari, mulai dari cairan isotonik maupun cairan berperisa agar kebutuhan cairan dapat tercukupi setiap harinya. Namun, air putih menjadi suatu pilihan terbaik untuk dikonsumsi karena terbebas dari kalori dan gula yang pastinya lebih menyehatkan bagi tubuh.

Selain untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dan menghilangkan rasa haus, air putih mempunyai peranan sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Penting juga agar dapat selalu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter setiap harinya. Lalu, mengapa mengkonsumsi air putih sangat penting untuk dijadikan sebuah rutinitas? berikut beberapa manfaat dari air putih untuk kesehatan tubuh.

1. Mencegah dehidrasi pada tubuh

Dehidrasi adalah situasi dimana kondisi tubuh kekurangan cairan dan sangat berbahaya bagi kinerja organ tubuh ataupun fungsi tubuh lainnya. Kondisi yang sering disepelekan ini bisa menyebabkan gangguan terhadap ginjal dan kejang yang fatal. Dengan memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh maka dapat terhindar dari berbagai kondisi tersebut.

2. Berpengaruh terhadap kinerja otak

Kinerja otak yang maksimal sangat didukung oleh tubuh yang tercukupi oleh asupan cairannya. Penelitian menyatakan bahwa dengan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh akan berdampak pada kinerja otak dapat lebih maksimal, optimal, dan mampu berkonsentrasi dengan lebih baik.

3. Menjaga kesehatan sendi atau pun otot

Dengan mengkonsumsi air putih secara cukup dalam sehari mempunyai kegunaan dan manfaat yang baik bagi kelenturan dan kekuatan sendi atau pun otot. Dengan tercukupinya kebutuhan cairan dalam tubuh, otot menjadi tidak kaku dan tubuh tidak mudah lelah ketika bergerak ataupun beraktivitas.

4. Membantu Menjaga kesehatan pencernaan

Kesehatan pencernaan juga dipengaruhi oleh kebutuhan cairan yang berada dalam tubuh manusia. Kurangnya kebutuhan cairan bisa menyebabkan terganggunya fungsi cairan semisal sembelit dan susah BAB. Dengan minum air putih secara rutin pasti dapat mencegah hal tersebut.

5. Menghindari penyakit kardiovaskular

Dengan tercukupinya cairan tubuh dapat mencegah tubuh dari penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke. Dengan mengkonsumsi air putih secara teratur, organ tubuh akan tetap terjaga fungsinya dengan baik, memberikan sebuah relaksasi terhadap pembuluh darah yang pada akhirnya bisa menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

6. Membantu menghidari terjadinya penumpukan lemak

Air bisa membantu memecahkan lemak. Dengan mengkonsumsi air putih secara rutin akan dapat membantu pemecahan lemak hingga membakar berbagai ekstra lapisan lemak yang berada di dalam tubuh. Selain olahraga secara teratur, dengan mengkonsumsi air putih yang cukup dapat membantu proses penurunan berat badan karena dapat membantu mengontrol kalori dalam tubuh.

7. Mencegah penyakit jantung

Dengan tekanan darah yang stabil, maka penyakit jantung pasti juga bisa dihindari. Dengan tercukupinya asupan cairan dalam tubuh dapat membuka jalur yang tersumbat di dalam peredaran darah.

Nah itulah beberapa manfaat air putih bagi kesehatan tubuh kita. Dengan tercukupinya kebutuhan cairan dalam tubuh maka kesehatan organ tubuh akan selalu terjaga dengan baik. Jadikan minum air putih sebagai sebuah rutinitas harian kita agar kita dapat terhindar dari suatu penyakit.

Related Posts:

0 Response to "Manfaat Air Putih Bagi Tubuh"

Post a Comment