9 Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh



Siapa yang gemar makan buah belimbing? Buah yang sering dijumpai di berbagai negara yang mempunyai iklim tropis tersebut mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Apa saja manfaat buah belimbing bagi kesehatan tubuh dan kandungan apa saja yang terdapat di dalamnya? Mari cari tahu jawabannya di bawah ini.

Kandungan Gizi buah belimbing

Buah belimbing, yang juga mempunyai nama lain Averrhoa carambola, adalah buah yang terkenal dengan rasa yang asam dan manisnya yang menyegarkan.

Buah berwarna kuning ini juga dikenal dengan nama star fruit karena bentuk buahnya yang mirip dengan bintang saat diiris. Nah, buah tersebut tidak hanya enak saja untuk dinikmati, namun juga memiliki vitamin dan mineral yang cukup tinggi. Bahkan, dalam buah belimbing juga terkandung protein, lemak, dan juga karbohidrat.

Tidak mengherankan jika ada bermacam-macam manfaat kesehatan yang dapat Anda peroleh dengan mengkonsumsi buah belimbing.

Berikut ini adalah kandungan gizi yang terdapat di dalam setiap 100 gram buah belimbing.

- Air : 89 gram

- Energi : 35 kkal

- Protein : 0,3 gram

- Lemak : 0,3 gram

- Karbohidrat 8,7 gram

- Serat : 3,1 gram

- Abu : 0,3 gram

- Kalsium : 3 miligram

- Fosfor : 11 miligram

- Zat besi : 1 miligram

- Natrium : 3 miligram

- Kalium : 13 miligram

- Zinc : 0,1 miligram

- Beta-karoten : 28 mikrogram

- Karoten total : 169 mikrogram

- Vitamin B1 : 0,02 miligram

- Vitamin C : 34 miligram

Manfaat Buah belimbing bagi kesehatan tubuh :

Inilah berbagai manfaat buah belimbing bagi kesehatan tubuh :

1. Membantu dalam menurunkan berat badan

Apabila Anda sedang menjalankan program diet dan ingin menggapai berat badan yang ideal, buah belimbing merupakan sebuah opsi yang tepat sebagai salah satu menu diet Anda. Karena, buah tersebut memiliki kandungan kalori yang rendah, yaitu 36 kalori saja.

Ditambah lagi, dengan kandungan serat di dalam buah belimbing termasuk tinggi. Dengan mengkonsumsi buah tersebut, Anda dapat menjadi lebih cepat kenyang dan tidak makan secara berlebihan.

2. Mencegah penyakit jantung dan stroke

Manfaat buah belimbing yang dapat Anda peroleh dengan mengkonsumsinya adalah dapat menjaga kesehatan jantung dan juga pembuluh darah.

Dengan begitu, Anda juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung serta stroke karena rajin mengkonsumsi buah belimbing.

Sebuah penelitian menunjukan kadar kolesterol pada tikus yang menerima ekstrak buah belimbing. Penelitian itu, memperoleh hasil bahwa kandungan di dalam buah belimbing dinilai cukup efektif untuk mengurangi kadar kolesterol sehingga dapat bermanfaat dalam mencegah penyakit jantung beserta stroke.

3. Meningkatkan sistem imun tubuh

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi di dalam buah belimbing juga memberikan sebuah manfaat dalam menguatkan sistem imun tubuh Anda. Disamping itu, buah belimbing juga kaya akan antioksidan seperti flavonoid dan fenol. Antioksidan bermanfaat dalam mencegah kerusakan sel-sel pada tubuh karena paparan radikal bebas. Maka dari itu, buah belimbing juga bisa berperan besar dalam menjaga serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

4. Mengurangi resiko penyakit kanker

Manfaat berikutnya yang dapat Anda dapatkan dari buah belimbing adalah mengurangi resiko terkena penyakit kanker. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menunjukan bahwa buah belimbing dapat mengurangi resiko penyakit kanker hati pada tikus. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, buah belimbing menunjukan sebuah efek profilaksis alias dapat mencegah berkembangnya penyakit kanker hati.

5. Mencegah penyakit maag

Bagi Anda yang selalu mengalami gangguan maag, Anda dapat mencoba untuk mengkonsumsi buah belimbing secara teratur. Di dalam sebuah penelitian yang menyatakan bahwa buah belimbing dipercaya mampu mencegah terbentuknya luka pada lambung. Hal tersebut dikarenakan manfaat dari kandungan antioksidan di dalam buah belimbing, terutama flavonoid. Antioksidan dapat membantu memperkuat lapisan pada lambung sehingga mencegah munculnya luka pada lambung.

6. Memperlancar sistem saluran pencernaan

Jika Anda sering kali mengalami masalah soal pencernaan yang tidak lancar, seperti susah buang besar, buah belimbing dapat menjadi solusinya. Jenis serat yang terdapat pada buah belimbing adalah serat tidak larut air. Serat itu dapat membantu dalam mempercepat perpindahan makanan di saluran pencernaan sekaligus mencegah terjadinya sembelit. Tidak hanya bagi yang sering mengalami masalah susah buang air besar, buah belimbing juga berguna untuk Anda yang ingin dapat buang air besar secara lancar dan juga teratur.

7. Mengendalikan kadar gula darah

Lebih menariknya lagi, manfaat kesehatan berikutnya yang dapat Anda dapatkan dari buah belimbing adalah dapat mengendalikan kadar gula darah agar lebih terjaga. Serat yang terkandung di dalam buah belimbing tersebut dapat membantu memperlambat penyerapan glukosa sehingga tubuh Anda dapat mengontrol kadar gula darah. Diet atau pola makan yang berupa serat tak larut air juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit diabetes tipe 2.

8. Luka dapat cepat sembuh

Anda juga dapat mendapatkan manfaat dari buah belimbing yaitu luka bisa lekas sembuh dengan mengkonsumsi buah tersebut. Kandungan vitamin C pada buah belimbing berperan dalam membentuk kolagen. Kolagen itulah yang dapat membantu luka agar lekas sembuh. Tidak sampai disitu saja, pembentukan kolagen yang terganggu karena kekurangan vitamin C mengakibatkan jaringan penghubung pada tubuh menjadi lemah. Dan tubuh pun menjadi lebih mudah mengalami nyeri sendi dan memar.

9. Mengurangi peradangan pada penyakit kulit

Kabar yang menggembrikan lagi untuk Anda yang menderita penyakit kulit seperti psoriasis atau dermatitis atopik. Buah belimbing tersebut juga dapat memberikan manfaat untuk mengurangi peradangan pada beberapa masalah kulit Anda. Di dalam penelitian menunjukan bahwa ekstrak dari buah belimbing diyakini mampu mengurangi edema akibat peradangan.

Baca juga : Manfaat Bawang Putih, Manfaat Lidah Buaya, Manfaat Buah Plum

Itulah ulasan mengenai bermacam-macam manfaat yang dapat Anda dapatkan dengan mengkonsumsi buah belimbing. Disamping rasanya yang nikmat, ternyata buah belimbing tersebut juga berguna bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Jika Anda ingin mengetahui lebih lagi mengenai manfaat dan kandungan gizi dari buah belimbing, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter gizi.


Related Posts:

0 Response to "9 Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment