15 Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan Tubuh



Buah plum memiliki bermacam-macam nutrisi, seperti protein, kalori, serat, dan juga karbohidrat. Manfaatnya mulai dari menjaga sistem saluran pencernaan sampai dapat mencegah penyakit anemia.

Buah plum pertama kali dijumpai di negara Cina, lalu diperkenalkan di Jepang dan dibudidayakan di Amerika dan juga Eropa. Sampai sekarang, ada 2.000 varietas lain-lain di seluruh penjuru dunia.

Bentuk luarnya yang menyerupai buah apel dengan ukurannya yang kecil, yaitu berdiameter sekitar 4-5 sentimeter. Kulit luarnya yang halus dengan tekstur daging buah yang lembut. Buah tersebut masih satu rumpun dengan aprikot dan persik.

Buah plum memiliki warna kulit yang beraneka ragam, diantaranya merah, hijau, ungu, oranye, dan kuning. Sementara dagingnya berwarna merah muda, oranye, atau kuning. Buahnya segar dan manis, tepat untuk menjadi sebuah hidangan penutup setelah makan.

Kandungan nutrisi buah plum

Dalam satu cangkir berkisar 100 gram buah plum segar memiliki sekitar, kalori 75 kilokalori, protein 1 gram, karbohidrat 17 gram, lemak 1 gram, serat 2 gram, gula 15 gram. Di dalam buah plum juga memiliki beraneka ragam mineral dan vitamin seperti, magnesium, kalsium, fosfor, kalium, folat, vitamin A, vitamin C, vitamin K.

Baik buah plum segar ataupun yang kering mempunyai kandungan nutrisi sama, yang membedakan adalah di dalam buah plum kering terdapat kandungan gula yang lebih tinggi. Jumlahnya sekitar 65 gram per cangkir sebesar 100 gram.

Manfaat buah plum bagi kesehatan tubuh

Buah plum atau yang sering disebut dengan sebutan buah prem di Indonesia mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh, dan juga kecantikan. Berikut ini beberapa contoh manfaat buah plum bagi kesehatan tubuh.

1. Mengendalikan tekanan darah

Manfaat ini disebabkan karena kandungan kalium yang terdapat di dalam buah plum. Nutrisi itulah yang berguna dalam mengendalikan tekanan darah dengan dua cara. Pertama, dengan membantu tubuh membuang natrium ketika buang air kecil. Kedua, mengurangi ketegangan yang terdapat pada dinding pembuluh darah. Dengan begitu, resiko stroke dan penyakit kardiovaskular dapat diminimalkan.

2. Menjaga sistem saluran pencernaan

Buah plum mempunyai manfaat dalam mengatasi masalah sembelit atau susah buang air besar. Manfaat tersebut bersumber dari kandungan seratnya yang tinggi di dalam buah itu. Nutrisi tersebut berguna dalam membantu menyembuhkan luka pada lambung dan menjaga kesehatannya. 

3. Menjaga kesehatan kulit

Buah plum memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E yang tinggi. Beberapa nutrisi itulah yang berperan penting dalam meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit. Dengan mengkonsumsi buah tersebut mampu membantu kulit agar memperoleh nutrisi, terlihat semakin kencang, dan awet muda. Disamping vitamin itu, makanan sehat tersebut juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Nutrisi tersebut mampu membantu dalam menangkal radikal bebas pada kulit. Contohnya, perubahan warna kulit, kulit kusam, garis halus, jerawat, dan juga keriput.

4. Mengurangi kadar gula darah

Manfaat selanjutnya dari buah plum adalah dapat mengurangi kadar gula darah. Manfaat tersebut bersumber dari kandungan seratnya yang dapat membantu menekan naiknya gula darah setelah mengkonsumsi karbohidrat. Nutrisi tersebut juga dapat meningkatkan produksi adiponektin, yaitu hormon yang membantu mengendalikan kadar gula darah.

5. Membantu menjaga kesehatan otak

Manfaat dari buah plum ini datang dari kandungan antioksidan, quercetin, anthocyanin yang terdapat dalam buah plum. Ketigannya merupakan nutrisi yang berguna dalam membantu mendukung kesehatan otak. Salah satu manfaatnya, yaitu mampu memperlambat berkembangnya penyakit Alzheimer sejalan bertambahnya usia.

6. Menjaga kesehatan tulang

Buah plum secara langsung mampu menurunkan resiko terkena penyakit osteopenia yang memiliki ciri-ciri dengan menurunnya kepadatan tulang. Disamping itu juga, buah tersebut juga dapat mengembalikan tulang ke dalam bentuk awal. Manfaat itu dapat terjadi karena kandungan antioksidan yang terdapat di dalam buah plum. Meski terdengar menjanjikan, namun masih perlu dilakukan penelitian yang lebih lanjut.

7. Mengurangi potensi penyakit stroke

Dalam menurunkan resiko stroke, kalium yang terdapat di dalam buah plum berfungsi dengan mengendalikan jalannya tekanan darah. Cara kerjanya dengan membantu tubuh untuk dapat membuang natrium dan mengurangi ketegangan di dalam pembuluh darah. Dengan kata lain penurunan tekanan darah yang signifikan dapat membantu dalam menurunkan terkena penyakit stroke. Agar dapat memperoleh manfaat tersebut, Anda dapat mengkonsumsi buah plum hitam secara rutin.

8. Menurunkan kecemasan

Antioksidan yang terdapat di dalam buah plum seperti asam klorogenat dalam menurunkan perilaku yang berhubungan dengan kecemasan. Seperti takut, gugup, gelisah, khawatir, dan selalu menghindar dari keramaian. Dengan mengkonsumsi buah plum secara rutin, perilaku itu dapat diminimalkan.

9. Mengatasi dan mencegah anemia

Manfaat buah plum selanjutnya adalah mencegah penyakit anemia. Penyakit ini dapat terjadi disebabkan karena tubuh kekurangan sel darah merah yang cukup dan sehat. ciri-ciri yang timbul seperti lemas, pusing, sakit kepala dan nyeri di area dada. Dengan kandungan zat besi yang terdapat dalam buah plum, nutrisi itu efektif dalam membantu menurunkan intensitas gejala anemia. Kandungan itu juga dapat meningkatkan produksi sel darah merah yang sehat bagi tubuh.

10. Membuat akar rambut menjadi lebih subur

Tidak hanya untuk tubuh, buah plum juga berguna dalam membantu akar rambut menjadi lebih subur. Cara kerjanya dengan mengurangi produksi hormon kortisol yang menjadi penyebab rambut menjadi mudah rontok. Cara ini dapat memaksimalkan sirkulasi darah di area kulit kepala dan memaksimalkan pertumbuhan rambut.

11. Meningkatkan daya ingat

Buah plum memiliki flavonoid, yaitu salah satu macam antioksidan yang dapat membantu meningkatkan daya ingat. Dengan mengkonsumsi buah plum secara rutin mampu memberi penjagaan terhadap gangunan kognitif yang berhubungan dengan usia.

12. Mengatasi kelahiran prematur

Buah yang memiliki banyak warna ini berguna dalam mengatasi kelahiran prematur. Khasiat tersebut terjadi karena kandungan magnesium yang bekerja dengan meningkatkan sistem kerja otot. Dengan begitu, ibu hamil dapat terhindar dari kontraksi dini dan persalinan prematur.

13. Mengatasi masalah pada mulut

Buah plum efektif dalam mengatasi masalah di dalam mulut, terutama pada Anak kecil. Misalnya, sakit gigi, bau mulut, dan juga pembengkakan gusi. Supaya lebih efektif, kombinasikan potongan buah plum ke dalam air hangat, lalu gunakan larutan ini sebagai obat untuk kumur.

14. Mengatasi gangguan pada mata

Anda secara tidak sadar mungkin terlalu banyak menghabiskan waktu di depan TV dan laptop, yang pastinya bisa memicu gangguan kesehatan pada kedua mata. Manfaat buah plum yakni mampu mengurangi gejala kerusakan pada mata. Buah plum sangat baik untuk dikonsumsi sebagai salah satu cara pencegahan terhadap gangguan pada mata yang menjadikan lebih buruk di keesokan hari.

15. Mengurangi masalah insomnia

Manfaat buah plum bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah dapat mengurangi masalah insomnia. Gangguan tidur atau insomnia sangat wajar terjadi, khususnya pada anak usia 1-4 tahun sampai orang dewasa. Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti terlalu banyak mengkonsumsi kafein, stres, dan juga trauma. Dengan mengkonsumsi buah plum secara rutin maka dapat bermanfaat dalam mengurangi masalah insomnia. Cara penyajiannya buah plum dapat dibuat jus sebelum tidur.

Baca juga : Manfaat Lidah Buaya, Manfaat Buah Belimbing, Manfaat Bawang Putih

Itulah beberapa kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah plum dan juga manfaat buah plum bagi kesehatan tubuh. Jika Anda ingin mengetahui manfaat dan kandungan nutrisi dalam buah plum lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi pada dokter gizi.

Related Posts:

0 Response to "15 Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment