15 Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan Tubuh



Terdapat beraneka ragam manfaat lidah buaya bagi kesehatan tubuh dan juga kecantikan. Maka tidaklah heran apabila tanaman tersebut juga dikenal dengan nama Aloe Vera sudah sejak lama dipakai untuk mengatasi bermacam-macam gangguan pada kesehatan, mulai dari penyakit kulit sampai gangguan susah buang air besar. 

Salah satu manfaat dari lidah buaya yang paling terkenal adalah mampu untuk menjadikan kulit menjadi lebih lembab. Buktinya, terdapat banyak produk kecantikan yang membuat lidah buaya sebagai bahan alami dalam mengatasi kulit yang kering. Disamping itu, masih banyak manfaat lidah buaya bagi kesehatan tubuh.

Manfaat lidah buaya bagi kesehatan tubuh 

Selain mampu untuk mengatasi kulit kering, Aloe vera juga dapat dipakai untuk membersihkan make up sampai mencegah kanker. Berikut ini adalah manfaat lidah buaya bagi kesehatan tubuh :

1. Mengatasi kulit yang kering

Dengan mengoleskan lidah buaya pada kulit mampu membantu dalam mengatasi kulit yang kering. Karena, di dalam lidah buaya terdapat mineral, enzim, Vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan antioksidan yang berguna untuk menguatkan skin barrier sampai kulit menjadi lebih lembab.

2. Mengatasi jerawat pada wajah

Studi menunjukan bahwa dengan mengoleskan gel lidah buaya pada waktu pagi dan sore hari, bersamaan dengan obat antijerawat yang sudah diberikan dari resep dokter, dapat meningkatkan efektivitas obat dalam mengatasi jerawat pada wajah.

Manfaat lidah buaya dalam mengatasi jerawat tersebut didapat karena kandungan asam salisilat dan senyawa antiseptik lain yang berada di dalamnya mampu membantu membunuh bakteri penyebab jerawat di wajah.

3. Mempercepat dalam penyembuhan luka

Banyak studi mengatakan bahwa dengan mengoleskan gel atau krim lidah buaya pada kulit mampu mempercepat dalam proses penyembuhan luka bakar derajat ringan. Hal tersebut dikarenakan gel pada lidah buaya memiliki vitamin, mineral, dan juga asam amino yang bisa mempercepat dalam penyembuhan luka.

4. Membersihkan make up

Apabila Anda mempunyai kulit yang sensitif, lidah buaya mampu dijadikan sebuah alternatif dalam membersihkan make up tanpa menimbulkan iritasi. Bentuknya yang menyerupai gel membuat lidah buaya mampu melarutkan riasan wajah dengan mudah, sekaligus melembapkan kulit.

5. Mengurangi gatal dan ruam kronis

Beberapa macam penyakit kronis yang disebabkan oleh peradangan bisa menyebabkan rasa gatal pada kulit dan juga mulut. Hal tersebut pastinya bisa mengganggu proses makan dan juga minum.

Menurut sebuah studi, memakai obat kumur yang terdapat gel lidah buaya sebanyak 3 kali dalam sehari selama 3 bulan dapat mengurangi rasa gatal dan ruam pada mulut. Kegunaan yang sama juga dapat diperoleh apabila gel lidah buaya dioleskan sebanyak 2 kali sehari selama 2 bulan pada kulit.

6. Mampu mengatasi ketombe

Dengan mengoleskan gel lidah buaya pada kulit kepala secara rutin 2-3 seminggu, dan juga membiarkannya selama 30 menit sampai 1 jam sebelum keramas, bisa membantu dalam mengatasi ketombe.

Berdasarkan studi, lidah buaya mempunyai efek dalam melembapkan dan antiperdangan yang bisa menjaga kelembapan dan mengurangi sebuah iritasi dikulit kepala, sehingga ketombe bisa makin berkurang.

7. Membantu pemulihan cold sore

Beberapa studi mengatakan bahwa memakai krim dengan ekstrak lidah buaya dapat mempercepat dalam proses pemulihan cold sore atau luka akibat virus herpes simpleks. Disamping karena bisa melembapkan, manfaat tersebut bisa didapatkan karena lidah buaya mempunyai sifat antivirus, sehingga bisa membantu dalam melawan virus herpes.

8. Mengatasi sunburn

Gel lidah buaya mampu dalam meredakan sunburn atau kulit yang terbakar karena paparan matahari langsung. Hal tersebut karena lidah buaya mempunyai fungsi dalam melembapkan, mencegah, dan menenangkan dalam terjadinya peradangan dan pengelupasan terhadap kulit yang terkena sinar matahari.

9. Menurunkan kadar gula darah

Lidah buaya juga memiliki manfaat bagi penderita diabetes. Sebuah studi mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi ekstrak lidah buaya setiap hari mampu membantu menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes tipe 2.

Namun demikian, penggunaan lidah buaya juga mesti berhati-hati. Karena, penurunan kadar gula darah secara drastis dapat juga terjadi apabila dalam mengkonsumsi lidah buaya berbarengan dengan mengkonsumsi obat diabtetes.

10. Mengatasi psoriasis

Dalam memakai krim dengan kandungan lidah buaya juga dapat mengurangi kulit bersisik dan gatal karena psoriasis. Manfaat tersebut diperoleh dari efek antiradang yang dipunya lidah buaya sehingga mampu mengurangi kemerahan dan mencegah keparahan psoriasis.

11. Mengatasi masalah susah buang air besar

Manfaat lidah buaya yang juga sudah lama dikenal banyak orang adalah sebagai obat pencahar. Manfaat tersebut didapatkan dari kandungan lateks pada gel lidah buaya. Tapi, dalam pemakaiannya harus berhati-hati karena dapat menyebabkan efek samping seperti sakit perut hebat dan juga diare.

12. Mencegah kanker

Sebuah studi mengatakan bahwa jus lidah buaya memiliki kandungan polifenol yang memiliki peranan sebagai antioksidan. Karena kandungan tersebut, lidah buaya dapat menjaga sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan berpotensi dalam mencegah kanker. Tapi, masih dibutuhkan studi lebih lanjut berhubungan dengan manfaat lidah buaya yang satu ini.

13. Mengurangi kolesterol

Lidah buaya yang sudah diolah menjadi sebuah suplemen juga berguna dalam menurunkan kadar kolesterol. Beberapa studi menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi suplemen lidah buaya bisa menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

14. Menurunkan berat badan

Lidah buaya bisa untuk meningkatkan efektivitas diet dengan mengoptimalkan potensi penurunan berat badan. Hal tersebut karena terdapat kandungan vitamin dan mineral pada lidah buaya yang dipercaya berpengaruh untuk menunkan berat badan, seperti asam amino.

15. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Karena mempunyai sifat antioksidan dan anti-inflamasi, maka lidah buaya juga berguna dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan dalam lidah buaya bisa membunuh bakteri, virus, dan juga jamur yang dapat menyebabkan bermacam-macam infeksi pada tubuh Anda.

Baca juga : Manfaat Buah Belimbing, Manfaat Buah Plum, Manfaat Bawang Putih

Itulah berbagai macam manfaat lidah buaya bagi kesehatan tubuh dan juga untuk kecantikan. Jika ingin mengetahui lebih jelas lagi mengenai manfaat dari lidah buaya Anda dapat berkonsultasi kepada dokter gizi.

Related Posts:

0 Response to "15 Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment