BAGAIMANA CARA MEMOTIVASI HIDUP DIRI SENDIRI?

        Siapa di sini yang merayakan awal tahun 2023 dengan mencatat berbagai macam tujuan yang ingin diraih? bagaimana? Apakah sudah ada yang berhasil tercapai, masih dalam proses untuk mencapai, atau bahkan belum memulai sama sekali karena nggak ada motivasi hidup?

Semua orang pasti memiliki keinginan untuk mengubah atau meraih setidaknya satu hal dalam hidup mereka. Akan tetapi, seperti yang kita sadari, menemukan atau mencari motivasi hidup hanya untuk memulai hal-hal yang baru itu sangatlah sulit.

Motivasi hidup dapat menjadi hal yang simple,akan tetapi rumit secara bersamaan. Terkadang, kita mudah sekali termotivasi di waktu-waktu yang  tidak terduga. Namun, di waktu yang lain, rasanya mustahil untuk memotivasi diri sendiri dan keluar dari putaran lingkaran penunda-nundaan.

Lantas bagaimana cara agar dapat memotivasi diri sendiri?

Nah, di artikel kali ini, akan dijelaskan tentang motivasi hidup dan memberitahu kalian beberapa cara memotivasi diri sendiri. Jadi, dipahami baik-baik, ya!

Pengertian Motivasi Hidup

        Motivasi adalah dorongan atau semangat yang muncul pada diri seseorang baik secara sadar atau tidak sadar untuk menjalankan suatu tindakan dengan tujuan tertentu.

Motivasi hidup itu bagaikan sebuah dorongan internal, yaitu suatu kondisi dalam diri kita yang menginginkan adanya suatu perubahan, baik dalam diri sendiri ataupun dalam lingkungan sekitarnya.

Dalam kehidupan setiap hari kita sering sekali memakai kata “motivasi” guna menjelaskan alasan kita dalam melakukan sesuatu. Sederhananya, motivasi hidup itulah yang mendorong semua tindakan orang dalam mendapatkan kepuasaan, keinginan, atau tujuan tertentu. Dalam hal ini karena tidak kita sadari, segala sesuatu yang kita kerjakan sudah dimotivasi oleh beberapa macam kombinasi kebutuhan atau keinginan, baik yang kita sadari atau tidak kita sadari.

Sangat penting bagi diri kita untuk mempunyai motivasi diri. Motivasi diri adalah kemampuan untuk mendorong diri sendiri dalam mengambil inisiatif atau melakukan tindakan agar meraih suatu tujuan. Dorongan tersebut datang dari dalam diri kita sendiri, dan tidak datang dari luar atau orang lain.

Dalam hal ini, diri kita melakukan usaha, bukan atas kemauan orang lain, melainkan kemauan diri kita sendiri. Demikian pula, motivasi diri memungkinkan kita untuk merubah perilaku, mengembangkan potensi diri agar menjadi lebih kreatif, mengembangkan bakat, atau berbagai hal-hal positif lainnya.


Jenis-Jenis Motivasi Hidup

        Apabila berbicara tentang motivasi diri, ini akan sangat membantu apabila diri kita mampu memahami apa yang memotivasi diri kita dalam melakukan sesuatu. Motivasi hidup seseorang terbagi menjadi dua jenis utama, yakni intrinsik dan ekstrinsik.

Motivasi intrinsik adalah saat dimana kita melakukan atau mencapai sesuatu untuk kesenangan atau kepuasan tersendiri. Jenis motivasi hidup tersebut berhubungan dengan apa yang diri kita ingin lakukan. Sedangkan motivasi ekstrinsik memiliki hubungan dengan apa yang ‘harus’ kita lakukan. Dalam hal ini, keinginan diri kita untuk melakukan sesuatu tidak dilandasi perasaan kesenangan atau kepuasan, akan tetapi untuk tujuan tertentu, seperti gelar, uang, jabatan, atau nilai yang bagus dan lain sebagainya.

Cara Memotivasi Diri Sendiri

1.Selalu mengingat alasan mengapa diri kita ingin melakukan sesuatu.

Kadang, kita memerlukan beberapa dorongan seperti motivasi hidup untuk mencapai tujuan. Serukan dengan lantang atau catat alasan mengapa diri kita perlu menjalankan sesuatu. Coba pikirkan apa manfaat yang akan kamu dapat jika berhasil menggapai satu tujuan di daftar pencapaianmu.

Misalkan, saat diri kita merasa malas saat bekerja, kita bisa memikirkan seperti: Apabila kita menyelesaikan pekerjaan saat ini, kita dapat pulang lebih awal dihari ini atau Jika kita dapat menulis satu artikel, aku bisa menonton film favorit kita dengan tenang.

2. Memfokuskan diri untuk tujuan yang positif

Ketika ada yang bertanya "Apakah ada hal yang diri kita tidak sukai, benci, atau kita takutkan?" kita tentunya tidak butuh waktu lama untuk menjawabnya. kita bisa membenci berpikir keras, tidak suka berkeringat, atau takut akan kegagalan. Tetapi, ketika ada yang bertanya "Apa yang dapat membuat kita bahagia? Apakah yang sebenarnya ingin kita raih?" Kita mungkin akan kebingungan untuk menjawab apa.

Untuk mencapai suatu tujuan, kita harus mulai memikirkan dengan tujuan-tujuan yang positif, dan bukan ketakutan-ketakutan akan hal-hal negatif. Ketimbang berpikir "Aku lebih memilih bekerja karena tidak ingin jadi orang miskin", jauh lebih baik tujuanmu yaitu "Aku bekerja karena aku ingin menabung X rupiah uang disetiap bulannya." Motivasi hidup untuk menggapai sesuatu tujuan jadi terdengar lebih positif kan?

3. Membagi pekerjaan kita menjadi suatu bagian - bagian yang lebih kecil

Mempunyai tujuan yang besar itu sulit. Jangankan mencoba merubah semua hidup kita bersamaan, lebih baik untuk mencoba membuat perubahan-perubahan kecil yang dapat membantu kita meraih tujuan. Evaluasi setiap tujuan kita menjadi serangkaian bagian kecil yang benar-benar bisa kita raih.

Apabila tujuan utama kita yaitu "Kita ingin menurunkan berat badan sebesar 5 kg", maka kita dapat merubah menjadi "Kita akan menurunkan berat badan paling tidak 1 kg dalam minggu ini". Ini akan memberikan hasil akhir yang sama akan tetapi tidak terlalu membebani pada pikiran kita.

4. Menjadikan aktivitas kita lebih menyenangkan

Sebagian besar dari kita mempunyai pekerjaan yang tidak kita senangi dan latihan yang tidak ingin kita kerjakan. Hal-hal ini tidak akan hilang, akan tetapi malah akan selalu bertambah. Jadi, kita harus melakukannya dengan semenyenangkan mungkin.

Jadi, jika kita tidak suka olahraga, mungkin kita dapat menemukan bentuk motivasi hidup yang lain, contohnya lari, berenang,bersepeda, memanjat gunung, dan aktivitas lainnya. kita mungkin akan lebih semangat untuk meraih target kita jika kita melakukan sesuatu yang kita suka ini karena dapat saja kita bisa terhindar dari rasa malas atau bosan dalam perjalanan prosesnya.

5. Berikan reward atau penghargaan pada diri sendiri

Ketika berhasil meraih target atau menyelesaikan tugas sekecil-kecilnya, berikan hadiah pada diri kita sendiri dengan sesuatu yang layak kita dapatkan dan membuat diri kita menjadi senang. Seperti, kita dapat membeli makanan favorit kita setelah menjalani hari yang melelahkan di kantor atau pergi refreshing setelah menyelesaikan suatu pekerjaan besar. Ini adalah contoh cara untuk menghargai usaha kita sekaligus sebagai dorongan untuk motivasi hidup dalam meraih target berikutnya.

6. Istirahat agar terhindar dari kelelahan

Tubuh kita bukan robot, bahkan robot pun perlu untuk istirahat. Sebagai contoh yang menunjukkan bahwa seorang siswa yang beristirahat bisa belajar lebih efektif di kelas. Ini karena otak kita bisa lebih fokus setelah kita beristirahat dari menyelesaikan tugas yang memakan waktu lama (contohnya belajar untuk ujian).

Dan sudah menjadi rahasia umum bahwa tubuh kita butuh istirahat pula. Kita bisa meluangkan waktu 10 menit disetiap jam untuk pergi ke kamar mandi atau untuk sebatas meregangkan tubuh.

Perlu diingat bahwa merubah hidup kita menjadi lebih baik tidak bisa terjadi secara instan. Ini karena dalam prosesnya kita akan menghadapi banyak rintangan yang mungkin tidak kita prediksi sebelumnya. Tidak mau kan usaha kita menjadi lebih baik bakalan sia-sia karena kita menyerah ketika menghadapi rintangan?

"Jangan biarkan disetiap usaha kita dalam menjalani proses menjadi gagal hanya karena terdapat beberapa hambatan. Fokus dengan tujuan yang sudah kita tetapkan dalam menikmati setiap proses hidup untuk menjadi lebih baik. Katakan pada diri sendiri bahwa tujuan kita tinggal beberapa langkah lagi akan tercapai."



Related Posts:

0 Response to "BAGAIMANA CARA MEMOTIVASI HIDUP DIRI SENDIRI?"

Post a Comment