Manfaat Olahraga Rutin



Di era sekarang ini banyak yang sudah mengerti manfaat olahraga rutin dapat mencegah berbagai penyakit kronis. Olahraga dapat membantu tubuh dalam menyeimbangkan kembali beberapa organ dan proses metabolisme tubuh.

Dengan giat melakukan olahraga rutin minimal dalam sehari bisa mengubah cara kerja berbagai organ dalam tubuh. Jika Anda melakukan olahraga secara rutin, tubuh akan beradaptasi dan mampu dalam meningkatkan kesehatan fisik Anda.

Manfaat olahraga rutin untuk kesehatan tubuh dan mental

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang dilakukan untuk meningkatkan dan menjaga kebugaran kondisi tubuh.

Setelah Anda melakukan olahraga secara rutin, akan terjadi perubahan pada tubuh, baik pada kondisi fisik atau pun mental. Berikut terdapat beberapa manfaat jika melakukan olahraga secara teratur yang dapat Anda rasakan.

1. Membentuk dan meningkatkan masa otot

Olahraga memiliki fungsi dalam membantu mengeluarkan beberapa hormon yang dapat meningkatkan penyerapan asam amino di otot.

Proses ini dapat membantu otot dapat bertumbuh, terbentuk, dan meminimalkan kerusakannya. Pembentukan otot dan peningkatan massa otot dapat terjadi jika otot sudah berdaptasi melalui latihan yang telah dilakukan secara rutin.

Oleh karena itu, latihan kekuatan otot secara rutin bisa membuat masa otot pun dapat bertambah dan juga terjaga dengan baik.

2. Meningkatkan kapasitas paru-paru

Salah satu kegunaan dari olahraga adalah dapat meningkatkan kapasitas paru-paru. Karena, semakin tinggi intensitas olahraga Anda, dapat semakin besar kebutuhan oksigen tubuh Anda.

Dalam memenuhi kebutuhan oksigen selama berolahraga, paru-paru harus dapat menyimpan lebih banyak oksigen yang dibutuhkan.

Dengan berolahraga secara rutin juga dapat menstimulasi kerja paru-paru agar lebih optimal sehingga Anda dapat mengatur pernafasan dengan sebaik-baiknya.

3. Memaksimalkan regenerasi tulang

Kontraksi otot terhadap tulang sepanjang berolahraga berguna dalam membantu terjadinya proses pembentukan tulang oleh sel tulang yang baru.

Dalam proses regenerasi tulang bisa Anda rasakan melalui segala jenis olahraga, khususnya latihan ketahanan yang bisa meningkatkan kekuatan otot.

Regenerasi tulang pada dasarnya terjadi pada kelompok tulang aksial, yakni tulang rusuk, tulang belakang, strenum, dan tengkorak.

Sementara itu, regenerasi tulang dalam sistem anggota gerak dapat terjadi pada tulang panjang pada paha, tulang pinggang, lengan atas, tulang pundak dan pelvis.

4. Menjaga berat badan agar tetap ideal

Disaat Anda berolahraga, Anda akan membakar energi yang sudah disimpan dalam tubuh. Apabila diimbangi dengan jumlah nutrisi yang seimbang, olahraga akan membuat pembakaran kalori menjadi lebih besar daripada asupan kalori dari makanan apa saja yang dikonsumsi.

Jadi, tubuh akan mengalami defisit kalori atau pengurangan kalori dalam jumlah yang besar sehingga berat badan Anda dapat turun. Salah satu macam olahraga yang paling maksimal dalam menurunkan berat badan adalah angkat beban (fitness) , kardio seperti senam, lari, bersepeda,lompat tali. Olahraga tersebut dapat membakar kalori dalam jumlah banyak dalam waktu singkat.

Disamping itu, latihan kekuatan otot juga bisa membantu mejaga berat badan agar tetap ideal. Latihan ini menjaga massa otot yang dibutuhkan dalam proses metabolisme jangka panjang.

5. Menjaga kadar gula dalam darah

Selain menjaga asupan gizi, olahraga adalah salah satu cara yang efektif dalam mengendalikan kadar gula dalam darah. Karena dengan beraktivitas fisik akan menggunakan gula yang disimpan di otot dan liver sebagai cadangan tenaga.

Disaat tubuh mengembalikan simpanan gula di otot dan liver, tubuh pun akan dengan sendirinya mengambil gula dari dalam darah. Hal ini bisa membuat kadar gula darah Anda menurun ketika berolahraga secara rutin.

Semakin tinggi aktivitas olahraga Anda, semakin tinggi pula kemungkinan gula darah Anda bisa turun. Olahraga pun dapat membuat tubuh menjadi lebih sensitif terhadap hormon insulin sehingga kadar gula dalam darah dapat dikendalikan dengan baik. 

6. Membuat jantung menjadi lebih sehat

Peningkatan kekuatan jantung dapat ditandai dengan bertambhan ukuran dan kekuatan otot ventrikel jatung pada sebelah kiri, yang berperan penting dalam memompa darah agar dapat mengalir ke seluruh tubuh. Pada orang dewasa normal yang tidak pernah beraktivitas fisik secara rutin, jantung memompa sekitar 60 ml darah.

Tapi, orang yang mempunyai aktivitas fiisik secara rutin bisa memompa darah sampai 100ml dalam keadaan istirahat. Hal tersebut menunjukan kapasitas jantung yang meningkat.

Disamping itu, kegunaan olahraga secara rutin dapat juga membuat detak jantung tidak berdegup terlalu kencang dalam jangka waktu yang panjang.

Hal tersebut dikarenakan olahraga dapat membuat jantung bisa bekerja lebih efisien dalam memompa darah. Jadi, jantung tidak harus berkerja terlalu keras.

7. Menjadikan tidur lebih nyenyak

Manfaat olahraga dengan intensitas sedang sampai olahraga dengan intensitas yang tinggi, sudah terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

Karena olahraga dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih nyaman dan mengurangi pikiran yang berlebih. hal tersebut bisa membuat Anda lebih tenang sampai Anda lebih dapat mudah tidur.

Olahraga ini juga bisa membuat Anda tidur lebih lama dan resiko harus terbangun saat tengah malam pun dapat berkurang.

8. Memperbaiki suasana hati

Melakukan aktivitas fisik dengan berolahraga secara rutin dapat membantu Anda menstimulasi otak untuk melepaskan senyawa kimia terntetu. Hal tersebut dapat memperbaiki mood, membuat kondisi tubuh menjadi lebih rileks, dan juga dapat mengurangi stres ataupun depresi.

Dengan berolahraga secara rutin bisa meningkatkan sensitivitas otak terhadap hormon serotonin dan norepinefrin yang bisa mengurangi depresi.

Disamping itu, manfaat olahrafa juga terbukti dapat meningkatkan produksi hormon endorfin untuk menghasilkan perasaan yang positif.

Itulah beberapa manfaat dari berolahraga secara rutin. Disamping dapat menjaga kesehatan tubuh olahraga rutin pun juga dapat menjaga kesehatan mental dan pikiran kita akan lebih rileks dan nyaman dalam menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari.

Related Posts:

0 Response to "Manfaat Olahraga Rutin"

Post a Comment