Sayuran Dengan Kadar Air Tinggi



Sekitar 70% dari tubuh kita terdiri dari air dan kita akan selalu kehilangan cairan dari dalam tubuh terutama melalui air kencing atau keringat. Untuk dapat menghindari terjadinya dehidrasi setiap hari tubuh memerlukan paling tidak 8 gelas air atau 2 liter. Terdapat banyak perbedaan gagasan mengenai jumlah konsumsi air dalam setiap harinya. Beberapa pakar bahkan berpendapat kita tidak harus mengkonsumsi air meski ketika sedang tidak merasa dahaga atau kehausan.

Karena kebutuhan asupan air setiap orang berbeda-beda tergantung dari banyaknya faktor dari dalam atau faktor dari luar seperti aktivitas yang dijalankan setiap orang juga berbeda-beda. Pada urutannya masing-masing orang harus memperhatikan asupan air dalam setiap harinya, apakah sudah benar terpenuhi dengan cukup ataupun masih kurang.

Disamping itu dengan minum air secara rutin minimal 8 gelas per hari, kita juga dapat memperoleh asupan cairan dari berbagai macam sayur-sayuran dan buah-buahan sebagai bahan tambahan untuk mencukupi kebutuhan asupan cairan setiap harinya. Karena sayur dan buah-buahan ini 90% lebih mengandung air. Jadi secara tidak langsung ketika kita mengkonsumsi sayur dan buah-buahan ini kita juga telah memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh harian kita. berikut beberapa contoh sayur dengan kadar air yang tinggi.

1. Tomat

Di dalam tomat mengandung setidaknya 94% kadar air, selain digunakan untuk bahan masakan ada juga yang suka menikmati tomat dengan dibuat jus atau pun dimakan secara langsung. Jadi sayur tomat sangat disarankan untuk menjadi pilihan sebagai sayuran untuk penambah asupan cairan di dalam tubuh.

2. Kembang kol

Sayur yang satu ini mempunyai kadar air kira-kira 91%, kita dapat menjadikannya sebagai sayur dalam sup ayam, capjay, paklay, dan berbagai jenis masakan lainnya. 

3. Lobak

Lobak mengandung kadar air sekitar 95%, sayur ini biasanya dijadikan untuk masakan rumahan dalam perpaduan sayur maupun untuk salad.

4. Brokoli

Brokoli, sayuran hijau yang mirip dengan rambut kribo ini memiliki banyak sekali khasiatnya. Selain dikonsumsi sebagai menu utama dalam masakan, sayuran jenis ini juga dapat dijadikan sebuah camilan kesehatan dengan cara direbus. Ada juga yang mengolah sayur ini dengan cara di tumis ataupun menikmati brokoli dengan memangganya.

5. Wortel

Sayuran yang satu ini memiliki kadar air sekitar 90%. Kita juga dapat memperoleh manfaat dari wortel dengan cara di buat jus. Biasanya dalam rumahan sayur ini dijadikan sebagai masakan sup, capjay, paklay, dan masih banyak lagi masakan yang menggunakan wortel.

6. Bayam

Sayur bayam memiliki zat besi yang tinggi dan juga mengandung kadar air sekitar 91%. Kita dapat mengolah sayur bayam ini untuk perpaduan juice. Dalam jaman sekarang ini ada juga yang sudah sangat viral dengan ide membuat kripik bayam untuk dijadikan bahan camilan. Bayam juga bisa dimasak untuk berbagai masakan sehari-hari seperti sup, pecel, gado-gado.

7. Mentimun

Disamping dapat dinimakti secara mentah ataupun dibuat acar yang cukup menyegarkan, ternyata sayur ini juga mengandung 96% kadar air. Sering kali kita jumpai mentimun dibuat untuk makanan seperti lotis dan rujak, ataupun dijadikan bahan lalapan pada masakan ayam goreng atau ayam bakar.

8. Paprika Hijau

Paprika hijau mengadung kadar air sekitar 93% air. Sayuran ini bisa dimakan mentah ataupun dimasak terlebih dahulu, sehingga sangat bermanfaat jika dikonsumsi beserta menambahkan lebih banyak nutrisi. Paprika hijau rendah kalori sehingga tidak mempunyai faktor resiko penambahan lemak. Manfaat paprika hijau dapat kita peroleh untuk kesehatan tubuh, karena sangat banyak mengandung vitamin C dan atioksidan lainnya, sehingga menjadikannya tambahan yang sangat baik ketika melakukan diet sehat.

Itulah beberapa contoh sayuran dengan kadar air tinggi. Dengan tercukupinya kebutuhan air di dalam tubuh maka tubuh kita akan selalu terjaga kesehatannya dengan baik. Karena tubuh kita sangat membutuhkan cairan yang harus dipenuhi setiap harinya.



Related Posts:

0 Response to "Sayuran Dengan Kadar Air Tinggi"

Post a Comment