Jangan Harap Sukses jika Takut Gagal



 Jangan Harap Sukses jika Takut Gagal

Semua orang yang hidup di dunia ini pasti pernah merasakan yang namanya ketakutan akan kegagalan. Adalah hal yang manusiawi dan dapat terjadi terhadap siapapun bahkan terhadap orang yang sudah berhasil sekalipun pasti masih merasa yang namanya takut gagal. Tapi, rasa takut akan kegagalan untuk mereka yang sudah menggapai keberhasilan bisa di hindari dengan sikap atau karakter yang sudah terbentuk yaitu mengalihkan perasaan takut dengan keberanian. Berbeda apabila rasa takut itu terjadi kepada setiap orang yang belum pernah memulai sebuah tujuan selangkah pun.

Ketakutan akan sebuah kegagalan akan menghambat dalam kemajuan kita untuk meraih kesuksesan. Jadi jangan berharap menjadi orang yang berhasil jika mencoba saja masih merasakan ketakutan. Lebih baik kita lawan saja rasa takut tersebut dengan berani untuk mecobanya.

Mengapa orang dapat merasa takut gagal? Lalu apa yang menjadi penyebabnya?

Ada yang takut gagal hanya karena tidak yakin dengan kemampuan diri sendiri, takut membuat kecewa orang lain, sampai pengalaman di masa lalu yang terus menghantui. Itu semua pada akhirnya yang membentuk sebuah ketakutan dan dapat dialami sekarang.

Penyebab tersebut dapat di perinci lagi dengan menggunakan sebuah contoh seperti misalkan, kita merasa takut tidak dapat menjadi sesosok yang baik untuk masyarakat sekitar. Maka, seharusnya rasa takut tersebut dapat dirubah dengan mengoptimalkan apa saja yang kita bisa supaya setiap orang terdekat kita dapat merasakan kebahagiaan hasil dari usaha kita sendiri. 

Malah rasa takut berlebihan yang kita munculkan akan berimbas bahwa diri kita tidak menikmati kehidupan ini dengan penuh ketenangan, baik secara fisik maupun secara mental. Seringkali hal tersebut menimbulkan perasaan kecewa, dan membuat kita menjadi merasa cemas yang berlebihan dan berpikir terlalu jauh. Sebenarnya rasa takut setiap orang bisa dihindari melalui diri kita sendiri tanpa harus mengikuti rasa takut tersebut.

Cara untuk mengatasi rasa takut terhadap kegagalan :

1. Membuat perencanaan yang matang

Perencanaan yang matang akan meminimalkan kegagalan sehingga mempunyai arah yang jelas. perencanaan sebuah resiko dalam sebuah dunia usaha contohnya harus menganalisa keadaan dan situasi pasar beserta resiko yang akan terjadi di kemudian hari. Membuat sebuah rencana tujuan pastinya dapat memudahkan kita dalam mengambil sebuah langkah-langkah yang tepat.

2. Merefleksikan diri

Refleksi diri memiliki tujuan agar dapat mencari cara supaya bisa meminimalkan sebuah kegagalan yang mungkin akan terjadi nantinya. Semisal saat kita takut akan kegagalan dalam menjalankan suatu bisnis usaha kuliner, mungkin karena suatu alasan yang mengintimidasi pikiran kita yang membuat kita berpikir bagaimana nanti jika tidak ada yang beli. Kita dapat mencoba untuk merefleksikan diri, kira-kira hambatan apa saja yang mungkin dimiliki baik saat ini ataupun di masa yang akan datang.

3. Berusaha mengambil sebuah resiko

Melawan rasa takut dalam sebuah kesuksesan tidak dapat lahir dengan sendirinya. Resiko pun terkadang harus diambil dengan penuh tanggung jawab. Lebih berani untuk mengambil sebuah resiko lebih baik ketimbang kita takut untuk memulai menjalankan sesuatu. Resiko itu malah menjadi sebuah tantangan untuk kita dapat berhati-hati dalam memberikan peluang akan kegagalan untuk meraih kesuksesan.

4. Mempelajari kisah-kisah orang sukses

Salah satu cara terbaik untuk tidak takut akan kegagalan adalah dengan mempelajari bahwa semua orang sukses sudah melewati kegagalan yang megecilkan hati terlebih dahulu, sebelum mereka memperoleh yang terbaik.

Alih-alih putus asa, kebanyakan dari mereka memakai kekecewaan mereka sebagai sebuah dorongan untuk berjuang lebih keras lagi supaya berhasil

Pada akhirnya, mereka telah membuktikan bahwa kegagalan bisa menjadi sebuah dorongan kita untuk menuju puncak yang baru

5. Tanamkan dalam diri kita bahwa suatu kegagalan bukanlah hal yang memalukan

Kecuali kita telah merugikan orang lain, kita tidak perlu malu untuk melakukan suatu kesalahan. Asal dimengerti saja, sebuah kegagalan tidak mendefinisikan seseorang, tetapi itu merupakan sebuah karakternya.

6. Jadikan sebuah kegagalan sebagai pembelajaran dalam hidup

Lebih-lebih berkecil hati setiap kali kita gagal, pakailah hal tersebut sebagai sebuah tantangan untuk berjuang lebih keras di lain hari. Cari tahu alasannya mengapa kita bisa gagal, dan cari tahu caranya bagaimana kita bisa menghindari kesalahan yang sama pada percobaan selanjutnya.

Belajarlah dari sebuah kesalahan tersebut dan terapkan pembelajaran itu untuk memperoleh hasil yang lebih baik lagi di lain kesempatan.

7. Berhenti memikirkan apa yang orang lain katakan tentang kita

Salah satu di antara banyaknya alasan mengapa kebanyakan orang takut akan kegagalan adalah karena apa yang akan di katakan orang lain. Adalah hal yang wajar bagi setiap manusia untuk menginginkan persetujuan dan penghargaan dari orang lain, tetapi tidak sehat untuk melandaskan nilai kita terhadap bagaimana orang lain melihat kita.

Perlu diingat bahwa tidak ada yang berhak menghakimi kita, bahkan mereka yang mempunyai posisi lebih dari kita.

8. Jadikan kegagalan sebagai ujian pembentukan karakter kita

Yang menjadikan sebuah kegagalan menjadi lebih buruk adalah jika kita gagal meresponinya dengan cara yang bijak. Seringkali, kegagalan terjadi dalam hidup kita untuk menguji karakter kita.

Ada beberapa yang terpaksa menyalahkan orang lain, mengkritik mereka yang telah sukses dan tidak cukup adil untuk menerima kekalahan.

Di sisi lain, cara terbaik untuk menyikapi keadaan seperti itu adalah dengan hati, terbuka terhadap saran dan kritik, serta selalu konsisten untuk melakukan yang lebih baik lagi. 

9. Bersedia untuk menerima kritikan dan masukan

Kerendahan hati adalah satu di antara karakter terbaik dari orang-orang yang telah berhasil. Apabila kita ingin berhasil dalam hidup ini, kita mesti menerima bahwa kita belum mengetahui segalanya dan kita membutuhkan banyak bantuan.

Meminta bantuan dari mereka yang lebih tahu dari kita adalah sebuah langkah yang benar. Juga, terima kritik dan masukan secara konstruktif dan pergunakan hal tersebut untuk meningkatkan kinerja kita.

10. Lakukan yang terbaik dan hasilnya serahkan kepada Tuhan

Mempunyai iman  kepada Tuhan akan dapat membantu kita lebih percaya diri dalam mengejar tujuan kita, terutama apabila kita dengan tulus memohon bantuan kepada-Nya.

Percaya bahwa Dia adalah pemeberi upah untuk mereka yang percaya kepada-Nya dan Dia sangat adil untuk membantu para pekerja keras, yakinlah bahwa kita akan memperoleh apa yang dimaksudkan tersebut untuk diri kita. Percayalah bahwa Tuhan berada di pihak kita. 

Jadi jika kita masih takut terhadap sebuah kegagalan pasti peluang untuk gagal sukses lebih besar. Meskipun kegagalan itu bersifat manusiawi yang terjadi. Tetapi dengan ketakutan malah dapat kita atasi dengan menyikapinya sebagai sebuah tantangan bukanlah sebuah kegagalan. Berani memulai tanpa rasa takut akan kegagalan merupakan sebuah prinsip sukses dimana pun kita berada. Belajarlah dari orang-orang yang telah sukses dalam hidupnya bahwa sukses harus siap dengan sebuah ketakutan dan kegagalan. Tapi, untuk dapat sukses memenangkan sebuah peperangan maka cukup tunjukan sifat positif dalam diri kita dan harus memutarbalikan ketakutan dengan sebuah keberanian.


Related Posts:

0 Response to "Jangan Harap Sukses jika Takut Gagal"

Post a Comment