Alasan Mengapa Memiliki Bisnis Sendiri Lebih Baik Dari Pada Bekerja di Perusahaan



Bisnis pada umumnya merupakan keahlian seseorang dalam mengelola aset yang dipunya menjadi sebuah produk yang mempunyai nilai jual. Proses pengelolaan aset memang beraneka ragam, tergantung preferensi, keinginan, dan kebutuhan seseorang ketika menjalankan bisnisnya. Tapi yang dapat kita setujui bersama ialah bisnis merupakan suatu bentuk aktualisasi diri kita yang semestinya.

Terdapat banyak proses, motivasi dan cara orang dalam memulai membangun bisnisnya. Sebagian menjalankannya hanya sebagai coba-coba untuk menguji situasi pasar. Terdapat pula yang telah memulai dari sangat serius karena memang akan dijadikan penghasilan utamanya. Keduanya pastinya tidak salah, karena proses yang dijalankan adalah mengelola sebuah aset yang mereka punya. Apa saja cara dan motivasinya, selama ini bisnis bukan menjadi hal yang harus ditakuti untuk dimulai.

Tidak ada yang salah mengenai motivasi kita dalam memulai bisnis. Keuntungan atau Profit, kebebasan finansial, hobi, kesenangan, apa saja itu berbisnis adalah sebuah wadah yang paling tepat untuk aktualisasi diri. Bisnis juga tidak ada hubungannya dengan karakter seseorang. Dunia bisnis adalah dunia yang universal dapat diisi oleh siapa saja, tanpa ada batasan oleh stigma dan stereotip yang timbul di tengah masyarakat.

Bisnis juga menjadi sebuah tempat yang kompleks. Terdapat banyak hal yang berhubungan dan saling berpengaruh meski hanya mempunyai produk. Mulai dari ekosistem bisnis, hubungan kerja, customer, tim, sarana, modal, dan sebagainya. Tapi hal itu bukanlah sebuah tantangan bahkan hambatan, apabila diolah dan dikelola dengan sebaik-baiknya hal-hal tersebut merupakan seuatu keuntungan yang baik untuk bisnis kita. 

Berikut Alasan Mengapa Memiliki Bisnis Sendiri Lebih Baik Dari Pada Bekerja di Perusahaan :

1. Kebebasan dan kemandirian

Mempunyai bisnis memungkinkan seseorang untuk memiliki sebuah kebebasan dan kemandirian untuk membuat suatu keputusan secara mandiri. Sebagai pengusaha, seseorang tidak wajib meminta persetujuan dari atasan atau menyesuaikan diri dengan peraturan yang begitu ketat di perusahaan. Dengan mempunyai bisnis, seseorang mampu mengambil sebuah keputusan yang tepat tanpa takut berpotensi kehilangan pekerjaan. Pengusaha pula bisa memilih sendiri waktu kerja dan keadaan lingkungan yang nyaman bagi mereka.

2. Memiliki peluang keuntungan yang lebih besar

Mempunyai bisnis memberikan sebuah peluang keuntungan yang jauh lebih besar ketimbang gaji tetap sebagai karyawan di perusahaan. Seorang pengusaha yang berhasil mampu menghasilkan lebih banyak uang daripada pekerja tetap di perusahaan. Ini merupakan salah satu keuntungan terbesar dari mempunyai sebuah bisnis, namun juga memerlukan sebuah resiko finansial yang lebih besar juga. Tapi, dengan kehalian dan kemampuan untuk mendapatkan sebuah keuntungan yang lebih besar seorang pengusaha bisa mempunyai peluang investasi yang lebih besar dan memperluas bisnis mereka dengan lebih cepat.

3. Dapat mengontrol waktu dan jadwal sendiri

Sebagai pengusaha, seseorang mempunyai kontrol atas waktu dan jadwal kerja mereka sendiri, sementara seorang karyawan di perusahaan mungkin harus bekerja dalam waktu yang sudah menjadi sebuah aturan di perusahaan. Pengusaha dapat mengatur jadwal kerja mereka sendiri, memilih jam kerja dan libur mereka, bekerja dengan jadwal yang lebih fleksibel. Hal tersebut mampu memberikan kebebasan jauh lebih besar bagi pengusaha agar dapat menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan pribadi untuk keluarga.

4. Mengembangkan karir

Mempunyai sebuah bisnis mampu membuka sebuah peluang pengembangan karir yang jauh lebih besar daripada pekerja tetap di sebuah perusahaan. Sebagai pengusaha, seseorang mampu mengasah dan meningkatkan keahlian dalam kepemimpinan, memperluas jaringan, dan mengembangkan bisnis mereka. Seorang pengusaha juga mampu belajar lebih banyak tentang pemasaran, manajemen, keuangan dan strategi bisnis yang berbeda dari yang lain. Sejalan berkembangnya suatu bisnis, seorang pengusaha bisa meningkatkan karir dan meraih keberhasilan yang lebih besar

5. Memperluas sebuah jaringan

Sebelumnya telah dikatakan bahwa bisnis adalah suatu tempat yang kompleks. terdapat banyak relasi dan faktor yang saling memberikan pengaruh. Salah satunya adalah hubungan antara kita dengan customer atau klien. Bisnis dalam hal tersebut tidak dapat kita pikul seorang diri saja. Klien dan customer sangat berperan penting dalam eksistensi bisnis yang kita jalankan.

Hubungan yang baik dan luas pastinya akan berdampak positif terhadap bisnis kita. Mulai dari menambah relasi bisnis, memperluas citra produk, sampai kemungkinan adanya kerjasama yang saling menguntungkan. Maka dari itu jangan pernah ragu untuk tetap membuka diri kepada orang lain ketika melakukan sebuah bisnis.

6. Modal di hari tua

Apabila kita bertujuan agar mempunyai hari tua yang bebas dan santai, maka mulailah dengan berbisnis. Masa-masa hari tua itu yang menyenangkan sulit diperoleh hanya dengan menjadi pekerja biasa. Kita akan selalu terjebak pada rutinitas kaku dan tidak fleksibel. Sementara dengan berbinis kita dapat dengan bebas mengatur waktu seharian saat hari tua. Komando bisnis dapat tetap dijalankan tapi tidak sesering dan seaktif masa sebelumnya.

Tapi, wajib diingat bahwa mempunyai sebuah bisnis juga memerlukan kerja keras, kehalian manajemen yang baik, dan kemampuan untuk mengambil sebuah resiko dengan bijak. Setiap individu wajib mempertimbangkan secara matang tentang keuntungan dan kerugian dari mempunyai bisnis sebelum menentukan untuk memulainya. Mempunyai bisnis bisa menjadi sebuah pilihan yang sangat menarik untuk mereka yang mencari kebebasan dan memiliki potensi keuntungan yang lebih besar, namun harus dipertimbangkan juga dalam menjalankan bisnis, seseorang harus siap menerima berbagai tantangan, mulai dari masalah keuangan, manajemen bisnis, sampai kepada kompetitor di pasar sana. Tapi, dengan sebuah kemauan yang kuat utnuk selalu belajar dan berkembang, serta keahlian untuk mengatasi tantangan, seseorang bisa mulai membangun bisnis yang sukses dan memperoleh keuntungan yang besar. 

Dalam mengembangkan bisnis, seseorang juga bisa memilih untuk bekerja sama dengan orang lain agar dapat meperluas jaringan dan meningkatkan keberhasilan dalam bisnisnya. Dengan membangun hubungan bersama pelanggan, supplier, dan kerabat bisnis lainnya, seseorang bisa memperluas pasar dan meningkatkan omzet penjualannya. 

Related Posts:

0 Response to "Alasan Mengapa Memiliki Bisnis Sendiri Lebih Baik Dari Pada Bekerja di Perusahaan"

Post a Comment