Ide Bisnis Kuliner dan Target Pasar Kalangan Millenial



Kalangan millennial banyak orang menyebut dengan generasi sebagai gaya hidup konsumtif. Budaya makan di luar rumah atau nongkrong di sebuah tempat memang telah menjadi kegiatan keseharian terhadap karakteristik millenial. Menurut penelitian yang telah ditulis oleh foodandwine.com, kaum millennial rata-rata menghabiskan 5% pendapatannya untuk makan dan 30% untuk membeli kopi. Pasti, untuk kita yang berbisnis di bidang makanan atau kuliner, millenial adalah target pasar yang sangat menjanjikan. Terlebih lagi, dengan adanya media sosial juga menjadi keuntungan tersendiri untuk kegiatan promosi bisnis kuliner kita. Kuliner apa saja yang sedang tren dan disukai oleh para millenial dan bisa menjadi potensi benefit bagi kita? Mari, simak keterangan selengkapnya, di bawah ini!

Berikut ide bisnis kuliner dan target pasar kaum millenial

1. Basreng
Basreng atau juga disebut bakso goreng adalah makanan millenial saat ini yang tepat untuk menjadi camilan sehari-hari, terutama ketika melihat film atau sedang berkumpul bersama sahabat. Rasanya yang gurih dan pedas menjadikan makanan yang satu ini sangat dicari oleh kebanyakan orang, terutama para kaum millennial.
Cara membuatnya sangat mudah dan bahan bakunya juga mudah diperoleh, jadi cemilan ini dapat berkembang di mana-mana. Meskipun begitu, peluang bisnis untuk makanan ini sangatlah tinggi karena peminatnya pasti selalu ada.
Untuk yang bingung mencari ide bisnis, boleh sekali nih mencoba ide jualan makanan kekinian yang satu ini.

2. Smoothies Bowl

Seiring dengan berkembangnya gaya hidup sehat yang banyak diikuti oleh masyarakat sekarang ini, termasuk juga kaum millenial, smoothies bowl adalah kudapan yang dapat dengan mudah kita temui di berbagai tempat seperti cafe dan restoran. Smoothies bowl sendiri adalah semangkuk smoothie yang berisi beberapa potongan buah-buahan, taburan granola, biji-bijian, dan kacang-kacangan yang disiram dengan yoghurt atau susu. Tidak perlu diragukan kembali, semangkuk smoothies bowl bisa mencukupi keperluan nutrisi dan gizi kita setiap hari. Terlebih lagi, semangkuk smoothies bowl juga mempunyai daya tarik lain. Kudapan yang satu ini banyak disukai kaum millenial juga lantaran karena bentuknya yang sangat instagrammable untuk diupload dalam feed instagram.

3. Cheese Ball

Keju menjadi makanan kesukaan banyak orang karena rasanya yang gurih dan lezat, terlebih lagi keju mozarella yang lumer dan banyak dipakai untuk bahan campuran makanan.
Salah satu olahan keju yang mempunyai peluang bisnis tinggi ialah cheese ball. Jenis makanan yang menyerupai dengan kroket tapi bagian dalamnya terdapat keju mozarella. Makanan tersebut mempunyai bentuk krispi di luar dan lumer di dalam karena keju mozarella yang meleleh saat digoreng. Bisnis kuliner tersebut mempunyai banyak penggemar dan laku keras dikalangan millenial, loh,

4. Martabak Mixed Topping

Martabak sejak dahulu selalu menjadi incaran kuliner yang sangat digemari oleh banyak orang di Indonesia. Agar memuaskan lidah kaum millenial, saat ini martabak hadir dengan topping yang bermacam-macam. Bermulai dari tren fushion food atau tren mencampur-campurkan makanan, saat ini dapat kita dapatkan martabak dengan diberi topping red velvet, martabak marshmallow, martabak Nutella, Ovomaltine atau Toblerone, dan bahkan martabak pizza.

5. Minuman Boba

Kaum milenial tentunya sudah tidak asing lagi dengan minuman bubble. Minuman yang dikenal juga dengan nama boba ini memang selalu terdapat cita rasa yang unik sebab kita akan mendapatkan kenikmatan menyeruput minuman dengan topping bubble atau jelly berwarna hitam dengan bentuk yang lumayan lengket dan cita rasa yang manis dan legit saat masuk dalam tenggorokan. Kenikmatan bubble tea ternyata tidak hanya terkenal di negeri asalnya saja, tetapi di negara-negara lain, termasuk juga di Indonesia.

6. Dessert Box

Dessert Box kembali terkenal lagi setelah sempat menurun pada pertengahan tahun 2020. Keunikan dari makanan tersebut adalah kemasannya yang berbentuk kotak bening dan dapat dimakan langsung setelah dimasukkan ke dalam kulkas. Aneka macam yang ditawarkan juga semakin beraneka macam, mulai dari milk bath cake, tiramisu, oreo, regal, redvelvet, cheese, nutella, hingga cokelat belgia yang banyak digemari kaum millenial.
Dessert box tersebut juga selalu ditata rapi loh. Kaya rasa manisnya yang membangunkan nafsu makan menjadikan makanan tersebut tepat untuk mengembalikan mood yang rusak. Tidak heran lagi apabila makanan ini dengan cepat dapat menjadi terkenal, terutama dengan adanya media sosial. Melihat bagaimana kuliner ini dapat bertahan di pasaran, teman-teman mungkin dapat mencoba ide jualan makanan kekinian yang satu ini.

7.Croffle

Kudapan yang satu ini sedang terkenal di media sosial beberapa tahun terakhir. Banyak kalangan millenial yang menyebarkan foto dan me-review nikmatnya croffle. Apalagi tempat yang menjual croffle selalu dipenuhi oleh pengunjung.
Croffle sendiri merupakan akronim dari croissant waffle, sebuah makanan yang terbuat dari adonan croissant yang dipanggang menggunakan cetakan waffle. Makanan ini biasanya disuguhkan dengan topping whipped cream dan madu.
Mengetahui kepopuleran makanan yang satu ini, tidak ada salahnya apabila kita jadikan referensi untuk memulai bisnis kuliner.

8. Kopi
Kenikmatan minum kopi sambil nongkrong sudah menjadi sebuah bagian dari gaya hidup banyak orang di Indonesia terutama di kaum millenial. Hal tersebut dapat ditinjau dari semakin berkembangnya coffe shop yang tersebar luas di banyak kota di Indonesia. Kopi adalah minuman yang tepat dengan gaya hidup millenial yang sangat sibuk, sehingga tren minum kopi semakin terkenal di kalangan millenial.

Related Posts:

0 Response to "Ide Bisnis Kuliner dan Target Pasar Kalangan Millenial"

Post a Comment