Pengertian dan contoh usaha kecil-kecilan



Sejalan dengan kemajuan jaman dan modernisasi yang terus berkembang, pastinya sebagai seorang wirausaha kita butuh mulai berpikir tentang cara dan strategi lain supaya tetap bisa memenuhi keperluan hidup, mengikuti lifestyle yang terjadi atau paling tidak dapat bertahan pada kemajuan jaman yang terus berkembang. Maka dari itu, dibutuhkan sebuah cara yang tepat dan sebuah solusi untuk menghadapi masalah itu. Mempunyai tidak hanya satu jenis usaha saja merupakan salah satu solusi yang baik. Karena apabila hanya mempunyai satu jenis usaha saja, dan saat usaha tersebut mengalami kebangkrutan, maka akan terjadi kegagalan karena usaha tersebut adalah satu-satunya usaha yang dipunya. Tapi lain lagi jika mempunyai tidak hanya satu jenis usaha saja, melainkan beberapa jenis usaha yang lainya. Usaha yang lainya itu tidak harus merupakan jenis usaha yang begitu besar yaitu dengan modal yang sangat besar dan keuntungan yang sangat besar pula. Kita bisa memulai menjalankan usaha kecil-kecilan.

Usaha kecil-kecilan tersebut banyak sekali jenisnya, bisa dijalankan di mana pun, dan oleh siapa pun. Banyak sekali keuntungan dari mempunyai usaha kecil-kecilan ini. Seperti keuntungan bagi seseorang yang akan menambah uang jajan bagi pelajar, bisa membantu ekonomi keluarga bagi ibu rumah tangga, untuk sampingan, dan lain-lain. Seperti yang bisa dilihat, usaha kecil-kecilan tersebut bisa dijalankan oleh siapa saja. Baik oleh para remaja, atau pun ibu rumah tangga. 

Dari berbagai ragam jenis usaha kecil-kecilan yang bisa dilakukan, biasanya yang paling diinginkan adalah jenis usaha kecil-kecilan yang sangat menguntungkan, yang menjanjikan, serta yang laku dan cocok untuk para pemula. 

Definisi usaha kecil-kecilan

Usaha kecil-kecilan mempunyai arti yaitu jenis usaha yang mempunyai jumlah karyawan kurang atau tidak lebih dari 50 orang. Usaha kecil-kecilan merupakan usaha milik perorangan, bukan milik suatu badan atau sebuah organisasi yang besar. Perusahaan perorangan ini dipimpin oleh satu pemilik tunggal atau individu yang mengatur usaha tersebut secara mandiri dan berhak atas segala keputusan yang diambil dalam usaha tersebut. Usaha tersebut pada umumnya meliputi usaha dagang atau memulai dengan skala satu usaha yang kecil. Modal buat memulai usaha kecil-kecilan ini juga hanya dari satu orang saja. Maka terdapat kebebasan untuk siapa saja yang ingin membuka usaha kecil-kecilan tersebut. Potensi ini terbuka bebas, bisa berkembang, dan tidak ada batasan apa saja untuk memulainya.

Semua keuntungan usaha perorangan pasti menajdi milik penuh pelaku usaha tersebut. Tapi, pastinya tanggung jawab atas semua kewajiban pembayaran usaha dan hutang usaha juga merupakan tanggung jawab pelaku usaha perorangan tersebut.

Kriteria usaha kecil-kecilan

Kriteria dari jenis usaha kecil-kecilan tersebut adalah jenis usaha yang mempunyai modal yang minim atau bahkan dimulai tanpa adanya modal sekalipun. Macam usaha kecil-kecilan tersebut paling cocok dijalankan bagi pemula usaha yang pada dasarnya tidak atau belum mempunyai kemampuan khusus. Kriteria yang lainnya dari usaha kecil-kecilan adalah tidak memerlukan banyak pegawai dan tidak harus mempunyai badan usaha.

Berikut ini ada beberapa contoh ide jenis usaha kecil-kecilan yang bisa dikerjakan dengan baik oleh golongan anak muda remaja, bahkan oleh ibu rumah tangga, sampai dengan jenis usaha kecil-kecilan. Gagasan atau ide macam usaha itu adalah sebagai berikut ini :

Usaha kecil-kecilan yang cocok bagi para pelajar atau mahasiswa

Sebagai seorang pelajar pastinya pendidikan dan pelatihan untuk berwirausaha lebih awal adalah hal yang sangat baik. Selain bisa melatih sikap dan sifat menjadi seorang wirausaha, mempunyai usaha kecil-kecilan ketika menjadi seorang pelajar atau mahasiswa juga bisa memberikan sebuah keuntungan seperti tambahan uang jajan. Jenis usaha kecil-kecilan yang tepat bagi seorang pelajar atau mahasiswa diantaranya adalah :

1. Usaha Dropship / Toko Online. Selain tidak membutuhkan tempat permanen, usaha tersebut juga bisa dijalankan disela-sela waktu istirahat sekolah dan kuliah karena usaha bisnis online waktunya sangat fleksibel.

2. Usaha Pulsa. Dengan usaha tersebut, target pasar sudah jelas dan nyata adanya, yaitu teman-teman pelajar atau mahasiswa bahkan guru dan dosen dilingkungan pendidikan.

3. Usaha Foto Copy. Usaha ini adalah usaha yang paling digemari oleh pelajar atau mahasiswa serta paling laris dan tidak pernah sepi. Karena tugas pelajar dan mahasiswa pasti memerlukan sebuah jasa foto copy.

4. Franchise Minuman / Jus. Ikut membeli dan membuka sebuah franchise minuman mempunyai sebuah keuntungan target pasar yang jelas dan keuntungan yang menjanjikan. 

5. Ilustrator. Jenis usaha ini sangat cocok bagi kita yang gemar dengan melukis. Permintaanya pun juga cukup tinggi karena banyak sekali orang yang memerlukan desain atau gambar asli untuk berbagai kebutuhan. Kumpulkan hasil karya ilustrasi kita dalam satu portofolio, lalu tawarkan jasa menggambar ilustrasi melalui situs freelancer. 

6. Les Privat. Kita mempunyai pengetahuan lebih dalam suatu bidang pelajaran? Buka saja les privat untuk ditawarkan kepada pelajar yang lebih muda atau teman sekelas. Tidak hanya pelajaran, kita pun bisa membuka les untuk melatih skill tertentu, misalkan desain, programming, bermain alat musik, atau pun olahraga.

7. Menjual barang bekas. Barang atau pakaian yang menumpuk di rumah dapat menjadi lahan usaha yang cukup menguntungkan. Alasannya, banyak orang lebih suka membeli barang bekas karena harganya pasti lebih murah, asalkan dengan kualitas yang masih bagus. Kita juga bisa mencari info paket usaha thrift shop yang sedang tren pada masa sekarang.

8. Jasa Penerjemah. Keahlian bahasa asing kita pasti tidak akan menjadi sia-sia jika membuka usaha ini. Kita bisa menawarkan jasa untuk menerjemahkan teks dari bahasa indonesia ke bahasa inggris atau bahasa lainnya. Usaha ini merupakan keuntungan besar karena kita bisa memperoleh permintaan yang cukup tinggi dari mahasiswa.

Usaha kecil-kecilan yang tepat bagi ibu rumah tangga.

Menjadi seorang ibu rumah tangga, tidak serta merta harus terkurung dari kreatifitas dan aktivitas berwirausaha. Mempunyai usaha kecil-kecilan yang bisa dijalankan dirumah, selain bisa membantu dalam perekonomian keluarga, juga bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga yang mempunyai banyak waktu luang. Ide usaha itu meliputi :

1. Usaha warung kopi. Mempunyai usaha sampingan ini tidak terlalu membuat keteteran serta tidak butuh mencari lokasi permanen untuk berjualan, yaitu cukup membuka warung di depan rumah saja sudah dapat dilakukan.

2. Jualan Gorengan. Disamping tidak menyita banyak waktu, jenis usaha ini juga dapat memberikan keuntungan yang lumayan baik untuk seorang ibu rumah tangga.

3. Jasa Laundry. Karena jenis jasa ini banyak dicari oleh orang lain, maka tidak ada salahnya membuka usaha laundry. Modal yang dibutuhkan pada awalnya adalah membeli sebuah mesin cuci lalu hanya masalah perawatan dan operasionalnya saja. 

4. Usaha Catering. Jenis usaha ini paling cocok untuk ibu rumah tangga yang mempunyai kegemaran dalam memasak. Karena selain kegemaran dapat disalurkan, mempunyai usaha katering juga bisa memberikan sebuah keuntungan yang relatif cukup besar.

5. Membuat kerajinan tangan. Apabila kita mempunyai kemampuan dalam membuat sebuah kerajinan tangan dari barang-barang yang ada sehingga dapat menambah nilai jual. Tidak ada salahnya mulai mencoba usaha bagi ibu rumah tangga yang satu ini. Membuat kerajinan tangan seperti souvenir, parcel, bingkisan, karangan bunga dan lain-lain akan menambah pundi-pundi penghasilan kita. Modal utamanya usaha bagi ibu rumah tangga membuat kerajinan tangan adalah sebuah kreativitas yang dipunya. Kreativitas akan semakin meningkat dan berkembang sejalan dengan berjalanya waktu apabila kita dapat selalu mengatasinya. 

6. Berjualan Tanaman

Belakangan ini lifestyle minimalis sedang banyak diminati dan dibahas di dalam media sosial. Salah satu bagian yang paling penting dari lifestyle minimalis adalah dengan menanam tanaman di dalam rumah untuk membuat suasana rumah menjadi lebih segar dan indah. Sejak saat itu banyak bermunculan pedagang yang menjual tanaman hias untuk dirumah. Kita bisa memanfaatkan kesempatan ini sebagai usaha untuk ibu rumah tangga dengan modal minim.

Apabila kita seorang pecinta tanaman, tidak ada salahnya menjadikan ini sebagai usaha untuk ibu rumah tangga. Kita dapat menjual tanaman hias yang sedang banyak diminati seperti tanaman lidah buaya. Selain menjual secara ecer, Kita juga dapat menjual partai besar untuk dekorasi rumah atau kantor. Usaha untuk ibu rumah tangga yang satu ini tergolong mudah dan tidak memerlukan banyak modal mengingat beberapa bibit tanaman hias mudah diperoleh dengan harga yang relatif murah.

Usaha kecil-kecilan yang menjanjikan di desa atau kampung

Apabila tinggal di sebuah daerah pedesaan atau perkampungan dan bukan di daerah perkotaan, tidak serta merta menutup kemungkinan untuk menjalankan usaha kecil-kecilan ini. Beberapa gagasan atau ide jenis usaha kecil-kecilan yang bisa dijalankan antara lain :

1. Usaha Cetak Foto. Di daerah desa atau perkampungan, jenis jasa ini masih laris dan masih banyak diminati oleh orang lain. Sehingga jenis usaha ini bisa dicoba untuk dilakukan.

2. Usaha warnet. Pada saat ini, semua orang membutuhkan internet. Bagi orang yang tinggal di sebuah pedesaan, pastinya masih sedikit susah mendapatkan signal dan wifi gratis seperti di perkotaan. Oleh karena itu warnet adalah pilihan yang tepat untuk penduduk yang tinggal di daerah pedesaan tersebut. 

3. Beternak. Didaerah pedesaan, lahan untuk beternak dan mendirikan kandang masih sangat luas. Sehingga tidak akan cemas hewan ternak akan kekurangan makan rumput dan kandang yang sempit.

4. Usaha SPBU Mini. Bahan bakar menjadi salah satu hal yang sangat krusial yang diperlukan di desa. Sayangnya memperoleh pom bensin tidaklah mudah di sebuah pedesaan, terlebih jaraknya yang relatif sangat jauh dan memakan waktu tempuh yang lama.

Dengan masih terbatasnya SPBU, kita dapat memanfaatkan peluang ini untuk membuka usaha SPBU mini atau pertashop di pedesaan. Gagasan ini pastinya dapat menguntungkan banyak pihak sekaligus menjadi lahan keuntungan yang melimpah.

Tidak hanya itu, apabila kita mempunyai keahlian otomotif. hal itu juga dapat menambah keuntungan yang diperoleh dari usaha SPBU mini ini.

Usaha kecil-kecilan yang laku keras di pasar.

Apabila ingin berjualan di pasar, maka mempunyai usaha kecil-kecilan adalah hal yang sangat cocok. Karena pasar merupakan tempat berkumpunya penjual berbagai macam hal dan pembeli akan berdatangan dengan sendiri untuk mencari barang yang diperlukan. Beberapa ide usaha kecil-kecilan untuk berjualan di pasar misalnya :

1. Usaha Sembako. Usaha sembako tidak pernah sepi dari pembeli. Karena pada dasarnya semua orang membutuhkan sembako sebagai keperluan pokok untuk hidup. Sehingga usaha tersebut dipastikan akan selalu laku sampai tahun-tahun yang akan datang.

2. Usaha Frozen Food. Penawaran lain yang bisa diperoleh menjadi sebuah pilihan macam makanan yang bisa diperjualkan dipasar adalah makan beku. Keuntungan dari makanan ini selain tahan lama adalah waktu penyajiaanya yang cepat yaitu cukup hanya dengan dikukus maupun di goreng. Tidak heran banyak orang yang mencari jenis makanan beku ini. Menjadi sebuah alternatif yang baik untuk memperoleh banyak pembeli adalah dengan menjual makanan beku dengan kualitas yang baik, tanpa pengawet, dan bahan-bahan lainnya. 

3. Jualan peralatan rumah tangga. Bagi kita yang menggemari usaha reseller, jualan peralatan rumah tangga seperti barang pecah belah adalah pilihan yang tepat. Ini mejadi salah satu produk yang cukup banyak dibeli oleh para ibu rumah tangga jika berbelanja di pasar.

4. Jualan Pakaian. Manusia tentunya menginginkan penampilannya, dengan mencoba usaha berjualan pakaian tidak ada salahnya. misalkan pakaian sehari-hari dan juga pakaian anak-anak.

5. Berjualan sayur siap masak. Jual sayur yang siap pakai sangat diminati di pasaran karena banyak orang saat sekarang ini menginginkan segala sesuatunya serba nyaman. 

Mempunyai usaha sendiri yang berhasil pastinya merupakan sebuah hal yang sangat didambakan oleh banyak orang. Sayangnya membuat suatu usaha menjadi berhasil bukanlah hal yang mudah. Banyak hal dalam sebuah bisnis yang butuh direncanakan dengan matang dan secara terstruktur sehingga terbentuknya model usaha yang menjanjikan sebuah keuntungan.





Related Posts:

0 Response to "Pengertian dan contoh usaha kecil-kecilan"

Post a Comment