Kunci Sukses Membuka Bisnis Sembako



Mempunyai sebuah bisnis sendiri memang menjadi dambaan bagi banyak orang. Terlebih lagi jika bisnis tersebut dapat menghasilkan keuntungan yang besar, tapi Anda juga akan mempunyai banyak pesaing diluar sana dalam memulai bisnis Anda.

Salah satu bisnis yang begitu menjanjikan adalah bisnis sembako, tapi bisnis ini sangat banyak persaingan dan cukup ketat.

Apabila Anda sedang memulai sebuah bisnis sembako, terdapat beberapa cara sukses yang mungkin dapat Anda ikuti supaya bisnis yang Anda jalankan dapat berkembang secara optimal.

Kunci sukses membuka bisnis sembako

Bisnis sembako merupakan sebuah bisnis yang memperdagangkan sembilan bahan pokok yang diperlukan masyarakat setiap harinya, semisal gula pasir, beras, mentega, minyak goreng, daging, susu, minyak tanah, jagung,dan garam.

Semakin maraknya kompetitor dan persaingan, Anda dapat tetap mempertahankan bisnis sembako dengan beberapa cara berikut ini :

1. Menjaga kebersihan kios atau toko Anda beserta memberikan pelayanan yang terbaik.

Langkah awal agar dapat menarik minat pembeli ialah dengan cara menjaga kebersihan area toko Anda. Semisal yang sudah dijabarkan sebelumnya, bisnis sembako adalah sebuah bisnis yang menjual bahan-bahan makanan pokok yang diperlukan oleh banyak orang diluar sana. Maka dari itu kita mesti harus menjaga bahan makanan itu supaya tetap bersih dan steril dalam penyimpanannya.

Terdapat banyak cara yang bisa Anda kerjakan agar kebersihan toko dapat selalu terjaga dengan baik yakni :

a. Menyimpan barang-barang sesuai dengan jenis dan ketentuannya.

Beberapa barang tidak bisa Anda simpan dengan tempat yang sama, karena akan menyebabkannya menjadi lembab, dan dapat menurunkan kualitas dari bahan pangan tersebut.

Contohnya adalah beras dan sabun. Oleh karena itu, simpan produk sabun jauh dari produk beras agar menghindarkan beras dapat berbau sabun.

b. Memprioritaskan menjual stok yang sudah lama

Sebagai pemilik bisnis bahan pokok, Anda pastinya akan melakukan evaluasi stock terhadap produk Anda pada periode tertentu.

Pastinya, perbedaan umur stok akan dapat berpengaruh terhadap kualitasnya. Tidak baik bahan makanan apabila Anda simpan dalam kurun waktu yang lama, jadi usahakan untuk menjual stok lama terlebih dahulu untuk menghindari terjadinya kadaluwarsa produk.

c. Menjaga kebersihan tempat penyimpanan

Dengan tempat penyimpanan yang bersih, maka para pelanggan akan menaruh rasa percaya terhadap kualitas produk yang Anda perdagangkan.

Setiap hari usahakan untuk menyapu dan mengepel tempat penyimpanan barang, untuk menghilangkan debu yang masuk kedalam tempat penyimpanan.

2. Melengkapi produk atau barang-barang yang akan dijual

Toko yang mempunyai kesan aktif dan hidup merupakan toko yang mempunyai persediaan barang yang lengkap dan bermacam-macam.

Kita bisa melakukannya dengan memperbanyak jenis barang yang Anda akan perdagangkan setiap harinya. Meski bisnis sembako hanya menjual barang bahan pangan pokok saja, Anda bisa memperbanyak jenis dengan berbagai merek dan macam barang yang disediakan di toko Anda. 

Contohnya, untuk jenis produk tepung, Anda bisa menyediakan setidaknya 3 merek tepung yang berbeda, dari merek A dengan kualitas bagus, merek B dengan kualitas sedang, dan merek C dengan kualitas rendah tapi dengan harga yang murah.

Begitu juga dengan produk beras, gula, garam dan lain sebagainya yang mempunyai bermacam-macam pilihan merek yang ada.

Disamping produk merek sembako, Anda juga bisa menjual produk lain yang berhubungan dengan kehidupan rumah tangga, contohnya minuman, rokok, jajanan anak-anak, perlengkapan mandi, perlengkapan mencuci baju dan piring dan lain sebagainya. 

Faktof tersebut dinilai bisa menarik perhatian banyak calon pembeli, karena mereka tidak harus lelah untuk mencari semua keperluan di toko-toko yang lain.

Maka nantinya, hal tersebut dapat menjadi salah satu kunci agar berhasil dalam menjalankan bisnis sembako yang tidak boleh Anda lupakan. 

3. Mematok harga yang masuk akal

Untuk dapat melakukan cara ketiga ini, pastikan terlebih dahulu jenis toko Anda, apakah toko Anda melayani produk untuk partai besar yang menjual dalam kuantitas besar, atau hanya sekedar menjual untuk kalangan eceran saja.

Apabila telah mengerti hal ini, kita bisa mamatok harga yang lebih masuk akal  dengan jenis toko tersebut. Pastinya, apabila Anda masih bingung dalam mematok harga jual untuk setiap jenis barang Anda, Anda bisa melakukan riset harga pasar yang diberlakukan di daerah Anda.

Seperti, apabila harga pasar yang berlaku dalam daerah Anda, mengambil keuntungan sekitar Rp 1.000,00 dalam setiap produk yang dijual, alangkah baiknya jangan merusak harga pasar dengan mencari untung hanya Rp 250,00 untuk setiap jenis barangnya.

Harga yang sangat masuk akal yang bisa Anda patok untuk menentukan keuntungan dalam menganalisa harga pasar seperti contoh di atas ialah sekitar Rp 750,00 hingga Rp 1.000,00 untuk setiap jenis produknya.

Jadi, sebaiknya janganlah tergesa-gesa dalam mematok harga untuk mengambil keuntungan yang besar. Fokus saja dengan dapat menarik pelanggan sebanyak-banyaknya.

Mengambil keuntungan sedikit, tapi banyak pelanggan yang tertarik untuk berbelanja akan jauh lebih baik ketimbang mengambil keuntungan banyak, tetapi toko Anda akan di cap para pembeli sebagai toko yang mahal.

4. Memanfaatkan penjualan secara online

Salah satu cara agar dapat memanfaatkan sebuah peluang meski baru saja memulai bisnis sembako adalah dengan juga memanfaatkan cara dengan berjualan secara online. Terlebih lagi selama era pandemi ini banyak orang lebih memilih untuk berbelanja secara online.

Memanfaatkan potensi dalam berjualan secara online pun tidak memerlukan modal yang besar. Anda dapat mendaftarkan toko sembako Anda ke marketplace atau e-commerce. Disamping mendapatkan pembeli yang datang secara langsung untuk membeli sembako di toko Anda, Anda juga dapat menerima banyak pesanan yang datang melalui online. Jadi potensi keuntungan agar dapat selalu mengalir pun akan jauh lebih besar.

Jadi itulah beberapa Kunci agar dapat berhasil dalam memulai bisnis sembako, semua bisnis pasti terdapat resiko dan kendala yang akan datang nantinya. Tapi selama Anda tetap konsisten dalam menjaga kualitas barang, memiliki persediaan barang yang berinovasi, selalu menjaga kebersihan toko, dan harga yang dipatok selalu masuk akal. Secara perlahan usaha yang Anda jalankan pasti akan dapat berkembang dengan sendirinya.


Related Posts:

0 Response to "Kunci Sukses Membuka Bisnis Sembako"

Post a Comment