Cara Menjaga dan Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan Dalam Bisnis Online



Keberadaan pelanggan sangatlah penting untuk kelangsungan bisnis. Hal tersebut sangat penting untuk kita para pelaku bisnis untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan membuat pelanggan menaruh kepercayaan terhadap bisnis yang kita jalankan. Apalagi sekarang ini telah terjadi banyak penipuan terutama di dunia bisnis online. Jangan sampai kita menjadi salah satu dari hal tersebut. Jadi, bagaimana strategi menjaga dan meningkatkan kepercayaan pelanggan dalam bisnis online?

CARA MENJAGA DAN MENINGKATKAN KEPERCAYAAN PELANGGAN

Dalam dunia bisnis dapat menjaga dan meningkatkan kepercayaan para pelanggan-pelanggannya akan berdampak kepada keloyalan para pelanggan terhadap bisnis kita. Terlebih lagi jika ditopang dengan pelayanan yang baik, kejujuran yang selalu terjaga dengan baik, atau bahkan dapat berhubungan dan berkomunikasi baik dengan para pelanggan. Apabila semua ini kita jalankan, pasti loyalitas pelanggan akan terus terjaga dan meningkat yang akan berdampak mampu memperoleh keuntungan sesuai yang diinginkan. Berikut ini beberapa cara menjaga dan meningkatkan kepercayaan pelanggan untuk kemajuan bisnis online kita.

1. Memberikan informasi dengan jujur terhadap produk yang kita pasarkan

Berjualan online berarti konsumen tidak dapat melihat produk yang kita tawarkan secara langsung. Mereka hanya mengandalkan informasi sedetail mungkin berhubungan dengan produk yang kita sediakan. Maka dari itu, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan terkait pemberian informasi mengenai produk kita di dalam bisnis online diantaranya :

- Berikan informasi produk yang jujur dan secara detail, termasuk kualitas, ukuran, berat, bahkan kegunaannya

- Buat deskripsi yang unik dan menarik, tapi tetap sesuai dengan kenyataan produk dan jangan berlebihan

- Apabila menjual barang eletronik, seperti HP, produk elektronik rumah tangga, pastikan kualitas yang tertera harus sesuai aslinya. Kejujuran seperti ini akan mendorong pelanggan untuk lebih mempercayai kita.

2. Selalu perhatikan kualitas gambar atau foto

Bisnis sepi padahal barang yang kita jual benar-benar asli dan berkualitas? mari coba lihat kembali gambar atau foto produk yang kita tampilkan dalam media sosial, website, sampai toko online atau e-commerce. Apakah gambar atau foto tersebut sudah berkualitas dengan baik? Apabila buram dan berasal dari tempat lain, Segera dirubah. Mengapa? Selain kita dapat bermasalah dengan hak cipta foto, pelanggan juga jadi tidak yakin kalau produk yang kita jual benar-benar berkualitas dengan baik, karena gambar atau fotonya saja sudah sangat jelek.

Apabila kita seorang reseller atau dropshipper, kita boleh-boleh saja menggunakan foto produk yang berasal dari situs web resmi. Namun, jauh lebih menarik jika kita menggunakan foto produk kita sendiri.

Kita dapat mempelajari cara membuat foto produk dan memanfaatkan smartphone untuk pengambilan gambar produk misalkan atur background, atur tata letak produk, atur pencahayaan, ambil foto dari berbagai angle, gunakan tripod, edit foto agar lebih menarik.

3. Membuat sistem belanja yang mudah dilakukan

Generasi milenial yang sangat erat dengan kemajuan teknologi pastinya menginginkan proses pembelian barang secara online yang praktis dan mudah. Oleh karena itu, pastikan proses belanja online di toko kita dibuat secara sederhana, tapi tetap aman. Jangan sampai proses pemesanan dan pembayaranya susah dan memerlukan banyak waktu.

4. Proses pengiriman barang yang aman dan tepat waktu

Agar menjaga dan meningkatkan kepercayaan pelanggan, salah satunya adalah kualitas produk yang kita kirimkan sudah sesuai dengan yang diharapkan oleh pelanggan saat menerima. Jangan sampai saat barang telah tiba di tangan pelanggan, produknya malah rusak, cacat, patah, retak, hancur.

Maka dari itu, pilih dan berkerja sama hanya dengan ekspedisi atau jasa kurir yang dapat selalu dipercaya. Selain dari itu, pastikan produk tiba sampai tangan pelanggan sesuai waktu yang telah diperkirakan. Apabila ada kemungkinan terlambat, kita dapat menghubungi terlebih dahulu dengan pelanggan. 

5. Berkomunikasi dengan pelanggan

Bangun hubungan komunikasi yang baik dengan setiap pelanggan dengan cara menyediakan media yang memungkinkan pelanggan juga dapat menghubungi kita dengan lebih mudah. Kebanyakan memang dapat melalu layanan call center dan email, tapi lebih baiknya jika kita menyediakan berbagai media sosial yang dapat kita gunakan untuk berhubungan dengan para pelanggan.

Komunikasi yang baik juga dapat memungkinkan pelanggan memberikan feedback berupa kritik dan saran. Nantinya akan bermanfaat untuk kemajuan bisnis atau produk kita. Sesekali, gunakan fitur live streaming agar dapat lebih dekat dengan pelanggan. Ketika melakukan live streaming kita dapat menjelaskan cara menggunakan produk dengan benar agar produk jadi lebih awet dan tahan lama.

6. Lakukan promosi secara efektif sesuai target audiens

Apabila ingin pelanggan selalu mempercayai bisnis online yang kita bangun, maka terapkan cara promosi digital melalui kerja sama endorsement. Kita dapat mengajak para influencer maupun seorang blogger agar dapat bekerja sama membuat review yang positif berdasarkan history mereka memakai produk kita.

Dengan cara ini, pelanggan yang melakukan survei melalui browsing terlebih dahulu dalam internet atau media sosial, dapat semakin tertarik membeli produk kita. Dalam hal ini karena sudah terdapat review yang mengulas produk dengan sangat baik dan menjadikan pelanggan lebih mempercayai untuk selalu berbelanja di bisnis online milik kita.

7. Testimoni

Diakui atau tidak tertimoni dari para pelanggan lain memberikan peran yang sangat besar untuk kepercayaan dari para pelanggan. Testimoni ini menunjukan rasa puas, dan bahwa bisnis online kita tersebut adalah salah satu yang paling dapat dipercaya.

Testimoni dari para pelanggan ini pun sebaiknya dikumpulkan secara khusus dan mudah untuk diakses oleh calon pelanggan yang lainnya.

Terlebih lagi untuk dapat memastikan usaha online kita dapat dipercaya, jangan pula lakukan kecurangan saat mencari testimoni dari pelanggan tersebut.

Selain testimoni online, cara lain untuk memperoleh testimoni ialah melalui mulut ke mulut atau disebut testimoni secara offline. Yang tidak banyak diketahui, testimoni offline ini mempunyai banyak dampak yang besar juga terhadap kepercayaan pelanggan.

8. Reputasi

Jangan pernah lupakan reputasi karena satu hal ini sangatlah penting untuk dicari, dijaga, dipertahankan dan ditingkatkan.

Reputasi yang baik mungkin dapat ditunjukan dari testimoni pelanggan sebelumnya, yang pastinya memberikan keuntungan. Sebaliknya reputasi yang buruk akan jauh berkembang dengan lebih cepat daripada reputasi baik. Dan sayangnya juga, reputasi buruk tersebut dapat dengan mudah mengalahkan reputasi yang baik dan segala hal lain yang telah berusaha kita peroleh.

Maka dari itu, untuk memperoleh reputasi baik tersebut, pastikan jangan melakukan kecurangan terhadap pelanggan dan memastikan kepuasan para pelanggan. Demi memperoleh nama dan reputasi yang sungguh-sungguh terpecaya tentunya.

Kepercayaan pelanggan sangatlah penting agar membuat bisnis kita terus berkembang dan maju. Jadi selalu terapkan cara diatas agar dapat meningkatkan dan menjaga kepercayaan pelanggan terhadap bisnis online kita. Mudah-mudahan setelahnya, semakin banyak pelanggan yang berbelanja di toko online kita. Mari mencoba dan semoga bermanfaat.


Related Posts:

0 Response to "Cara Menjaga dan Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan Dalam Bisnis Online"

Post a Comment