Manfaat Teknologi Digital Dalam Dunia Bisnis



Dengan perkermbangan jaman yang semakin berkembang diikuti oleh perkembangan suatu teknologi digital yang semakin pesat secara tak langsung memberikan banyak sekali perubahan yang terbilang sangat penting dalam kehidupan ini. Dengan hadirnya sebuah jaringan internet saat ini banyak dimanfaatkan oleh para pebisnis dan pelaku usaha agar dapat membantu kegiatan operasional pekerjaan, untuk dapat mencari sebuah informasi, sampai menjadi salah satu cara agar dapat mengenalkan suatu produk atau bisnisnya.

Secara sederhananya, sebuah teknologi sekarang ini menjadi salah satu keperluan penting dalam kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak, remaja, sampai usia dewasa produktif. Jadi, bagaimana teknologi dapat membantu dalam mengembangkan sebuah usaha atau bisnis? Dengan perkembangan teknologi digital yang semakin melesat tajam, persaingan dalam dunia bisnis pun terbilang cukup ketat. Ini berarti, para pengusaha harus dapat menemukan sebuah strategi terbaik supaya usahanya dapat tetap bertahan dan tidak tergeser oleh karena ketatnya sebuah persaingan.

Salah satu caranya adalah ikut memanfaatkan internet dengan menggunakan sebuah cara yang dikenal sebagai digital marketing. Melalui cara ini, bisnis tidak hanya dapat tetap bertahan, melainkan dapat berkembang dan ikut dalam persaingan dengan para kompetitor yang lainnya. Lalu apakah cara pemasaran digital ini memang benar-benar efektif untuk sektor bisnis?

Pentingannya dalam menggunakan teknologi digital bagi sektor bisnis

Apabila kita masih berasumsi dalam penggunaan teknologi untuk melakukan pemasaran secara daring tidak memberikan sebuah efek yang besar kepada bisnis kita, coba dipikirkan ulang. Karena, jumlah iklan yang terlihat dalam sebuah internet sudah jauh lebih banyak ketimbang dengan iklan yang ditayangkan pada layar televisi maupun jaringan televisi yang menggunakan kabel. 

Sekarang, beriklan secara tradisional tidak lagi menjadi sebuah cara yang efektif untuk mengembangkan penjualan dalam sebuah bisnis. Tidak heran mengapa, karena pemasaran secara daring selalu mengalami pertumbuhan. Belum lagi dengan banyaknya brand yang telah melakukan pemasaran menggunakan strategi pemasaran secara digital untuk mengembangkan sebuah bisnis dan meningkatkan omzet penjualan.

Paling tidak, sekitar 72% cusomer atau pelanggan telah terhubung dengan sebuah brand atau produk pilihan mereka melalui berbagi platform pemasaran digital yang ada sekarang ini. Sebenarnya, cara digital marketing tidak serumit yang kita pikirkan, bahkan kegunaanya pun akan lebih besar untuk bisnis yang sedang kita jalankan.

Secara sederhananya, digital marketing atau yang sering disebut dengan istilah inbound marketing adalah sebuah cara pemasaran atau promosi dan penjualan produk yang dilakukan dengan menggunakan teknologi, dalam hal ini internet dan sebuah perangkat elektronik seperti komputer atau laptop.

Berikut beberapa media online yang dapat digunakan :

1. Media Sosial

Media ini masih menjadi sebuah pilihan paling utama dan paling sering dipakai. Tidak heran karena media sosial paling banyak digunakan oleh para pengguna internet di seluruh penjuru dunia. Tidak hanya untuk bertukar informasi dengan kerabat, teman, atau keluarga, melainkan juga untuk mencari sebuah produk atau jasa yang mungkin saat ini sedang mereka perlukan.

Media sosial, sampai sekarang, masih menjadi tempat untuk beriklan yang paling murah, tetapi paling banyak memperoleh angka konversi dan engagement. Beberapa diantaranya yang sampai sekarang masih menjadi yang teratas adalah Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, Tiktok. Bentuk iklannya dapat berupa sebuah video ataupun gambar.

2. Website

Selain media sosial, website dapat menjadi suatu tempat untuk beriklan dan melakukan promosi produk yang dipercaya oleh customer. Melalui website, customer dapat mengakses dan memperoleh banyak informasi dari produk atau jasa yang ingin mereka pakai. Bukan tidak mungkin, mereka malah memperoleh produk lain yang lebih tepat dengan keperluannya.

3. Konten Berbasis SEO

Sebagian besar pelaku internet mencari informasi dengan mengetikkan sebuah kata tertentu dalam mesin pencari, salah satunya pada Google. Supaya produk atau bisnis kita memperoleh target yang tepat, kita dapat membuat banyak konten yang sudah dioptimasi oleh SEO. Dengan menggunakan mesin pencari, potensi kita untuk memperoleh banyak pengunjung website atau calon customer pun dapat menjadi lebih besar.

4. Content Marketing

Disamping menggunakan optimasi SEO, kita juga dapat menggunakan konten pemasaran atau content marketing untuk media beriklan di sebuah media sosial atau website. Konten tersebut dibuat dengan basis pemasaran, yaitu mengembangkan sebuah penjualan atau brand awareness kepada produk kita. Diharapkan, sesudah membacannya, calon customer akan melakukan pembelian melalui Call to Action yang kita sisipkan.

5. Email Marketing

Mungkin, kita telah menerima sebuah email yang berisi tentang promosi atau iklan dari suatu produk. Inilah yang disebut email marketing, pemasaran melalui sebuah email sebagai media untuk memasarkan produk atau bisnis. Tapi, tidak asal kirim saja, kita paiing tidak harus mempunyai sebuah data email calon pelanggan yang sesuai dengan produk atau jasa yang kita punya.

6. Search Engine Marketing

Teknologi digital juga membutuhkan kita dapat beriklan dengan memangaatkan SEM kepada Google, Facebook atau Instagram yang sering disebut dengan kata Ads. Dibandingkan dengan SEO, beriklan dengan SEM memang memerlukan sebuah biaya yang sedikit lebih tinggi. Tapi, hasilnya dapat dikatakan lebih cepat, karena cara iklan ini memungkinkan iklan kita selalu tampil pada halaman pertama mesin pencari atau media sosial dengan target pasar yang tepat. 

Manfaat memakai teknologi digital dalam menjalankan sebuah bisnis

Beralih ke metode pemasaran digital memang bukan sebuah hal yang mudah, terlebih bagi para pelaku usaha kelas menengah ke bawah yang cenderung tidak peka kepada perubahan. Tapi, sebenarnya, terdapat banyak sekali kegunaan yang dapat diambil apabila menggunakan teknologi digital dalam bisnis. Berikut beberapa manfaatnya :

1. Bisnis dijalankan secara online

Mempunyai sebuah bisnis atau usaha sendiri sudah menjadi harapan banyak orang. Karena, kita tidak harus mempunyai jam kerja yang begitu ketat, bahkan kita adalah bos dari bisnis kita sendiri. Tapi, sudah pasti akan sangat merepotkan jika bisnis kita dilakukan secara konvensional, karena pergerakan kita sebagai pelaku bisnis akan sangat terbatas dan wajib mengeluarkan biaya lebih lagi untuk melakukan rekrut karyawan.

Saat ini, dengan terdapatnya sebuah internet, kita akan lebih mudah dalam mengatur dan melakukan bisnis tersebut. Sudah pasti cara pemasaran bisnis pun tidak lagi sebatas sebuah informasi dari mulut ke mulut saja atau menggunakan brosur. Kita dapat mengenalkan sekalian melakukan promosi bisnis secara digital atau online. Salah satu cara mengenalkannya dan promosi yang sangat sedeharna adalah melalui sebuah platform media sosial semisal Facebook atau Instagram.

2. Mengurangi biaya perusahaan dan operasional

Manfaat bisnis yang sudah menggunakan teknologi digital lainnya ialah dapat mengurangi biaya produksi dan operasional yang mestinya harus dikeluarkan. Biaya produksi tersebut termasuk modal yang harus kita sediakan untuk membuka toko dan melakukan renovasi. Sementara biaya operasional termasuk membayar gaji pegawai sampai tagihan listrik. Saat ini kita hanya butuh bermodal ponsel atau laptop untuk melakukan bisnis. 

3. Lebih Cepat Terkoneksi dengan Customer

Kita tentunya ingin bisnis tidak hanya sebatas terhadap pelanggan lokal saja. Apabila memang memungkinkan dalam memperoleh pelanggan dari luar kota, pulau atau bahkan internasional pasti menjadi suatu prestasi. Tapi, dengan memasarkan produk secara tradisional sudah pasti hal itu akan sangat sulit dilakukan.

Pemanfaatan digital mareketing untuk bisnis akan lebih memudahkan kita dalam menjangkau pelanggan dari berbagai daerah, bahkan sampai ke luar negri pula. Teknologi melalui internet menjadi penghubung dalam masyarakat di seluruh penjuru dunia yang paling baik, dan media sosial menjadi wadah yang paling tepat untuk dapat terhubung satu sama lain dan memperoleh calon pelanggan potensial.

4. Pengelompokan Target Pasar yang Jauh Lebih efektif

Terdapatnya internet sebagai dampak dari majunya perkembangan teknologi tidak hanya memudahkan kita dalam beriklan dan memasarkan produk, melainkan juga menentukan dan mengelompokan target pasar tersebut secara efektif yang sesuai dengan bisnis kita. Pengelompokan ini dapat dijalankan berdasarkan keminatan atau hobi, usia, jenis kelamin sampai keinginan atau daya beli

5. Memberikan Pemasukan Lebih Signifikan

Masih berhubungan dengan konversi, angkanya yang signifikan akan membantu dalam meningkatkan penjualan. Berarti, adanya pemasukan pun akan mengalami peningkatan yang signifikan dan keuntungan pun sudah pasti dalam genggaman. Tapi, tingginya angka konversi hanya dapat diraih dengan sebuah teknik pemasaran digital yang tepat dan efektif. Teknik yang salah malah akan menurunkan nilai konversi dan menghamburkan-hamburkan modal.

6. Memudahkan sebuah proses transaksi

Selain mudahnya mengelompokan pasar sesuai dengan tujuan dan menjangkau pelanggan, peran teknologi digital dalam dunia bisnis adalah kemudahan dalam melakukan transaksi. Cara pembayaran langsung yaitu secara tunai akan sangat merepotkan jika proses transaksi terjadi di daerah yang berbeda.

Kini, terdapat metode pembayaran cashless atau digital melalui internet banking, sms banking, atau mobile banking, transaksi apa saja sudah jelas lebih mudah, karena dapat dijalankan kapan saja dan dimana saja. Hanya bermodal akses internet dan ponsel serta aplikasi perbankan, seluruh pembayaran tak lagi jadi masalah.

7. Dapat menganalisa situasi pasar lebih cepat

Bagaimana kita melalukan analisa untuk membuat suatu produk atau jasa dan memajukannya menjadi bisnis yang mempunyai nilai jual dan keuntungan? Kita harus terjun langsung ke lapangan sudah pasti sangat membuang waktu, uang, tenaga bukan? Belum lagi apabila harus mencari tujuan yang sesuai.

Tapi, saat ini, hal itu tidak harus lagi dilakukan. Melalui internet, kita bisa melakukan riset atau menganalisa pasar lebih cepat. Karena, kita langsung bertemu dengan pelanggan, sampai kita dapat memperoleh informasi tentang produk yang diperlukan langsung dari pelanggan yang sesuai. Kita pun dapat melakukan riset berhubungan dengan kompetitor dan memperoleh inovasi baru melalui internet.

Related Posts:

0 Response to "Manfaat Teknologi Digital Dalam Dunia Bisnis"

Post a Comment