Ide Bisnis Angkringan Modern dan Millenial



Bisnis angkringan jaman sekarang ini telah menjadi salah satu contoh metode penjualan yang lagi nge tren dibidang kuliner.

Bentuk angkringan pada dasarnya hanya berbentuk sebuah warung dengan gerobak ditutup dengan terpal atau tenda yang sederhana, seringnya angkringan tersebut hanya buka mulai dari sore hari sampai malam hari saja.

Dari mana sih sebenarnya awal permulaan berjualan di angkringan tersebut? Jawabanya bermula dari kota Yogyakarta, ketika itu terdapat salah satu penjual yang menjual dagangannya dengan menggunakan metode dipikul dan berdiam di suatu tempat tertentu.

Sejalan bergulirnya waktu mulai banyak pedagang-pedagang yang mulai mencontoh cara penjualan angkringan tersebut dengan cara dipikul.

Sejak jama dulu, angkringan biasanya memberikan menu semisal nasi kucing yang didalamnya berisi nasi putih dengan lauk ikan bandeng disertai sambal, nasi oseng-oseng dengan lauk pauk seperti tempe goreng, tahu goreng, satai usus dan lain-lain.

Zaman yang semakin maju ini, membuat anak-anak muda sekarang menjadikan angkringan sebagai penjualan tradisional yang modern, tetapi tetap memberikan kesan yang santai. Sekarang menu makanan angkringan sudah sangat bervariasi dan bermacam-macam jenisnya. Mari kita lihat bagaimana cara membuka angkringan modern zaman sekarang ini.

Tips memulai bisnis angkringan modern dan millenial

Bisnis angkringan yang millenial atau modern saat ini menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menggiurkan. Mengapa? Melihat dari karakter anak muda sekarang ini yang suka nongkrong dan makan sambil menikmati suasana di malam hari, membuat bisnis ini sangat menguntungkan di kalangan masyarakat. 

Saat ini para pebisnis angkringan menjalankan banyak inovasi supaya apa yang dijual dapat laku keras di masyarakat dengan menjual beraneka jenis makanan modern.

Tidaklah suatu hal asing lagi jika Anda senang melihat angkringan-angkringan saat sekarang ini malah lebih laris ketimbang di kafe-kafe.

Berikut cara untuk memulai usaha angkringan yang perlu anda ketahui :

A. Menentukan menu makanan angkringan 

Menentukan menu makanan angkringan merupakan hal yang paling penting yang wajib Anda pikirkan terlebih dahulu. Nantinya, menu makanan angkringan akan berdampak pada tingkat kemajuan penjualan angkringan kita di masa depan.

Terdapat beberapa pilihan menu makanan angkringan yang perlu Anda coba dari menu tradisional sampai modern seperti :

1. Nasi dengan contoh  nasi bandeng, nasi goreng, nasi oseng-oseng, nasi terik.

2. Gorengan semisal tempe goreng, mendoan, tahu goreng, bakwan goreng, tempe gembus.

3. Aneka sate semisal sate usus, sate telur puyuh, sate keong, sate bekicot.

4. Tahu bacem, tempe bacem

5. Roti bakar dengan beberapa topping seperti messes, keju, selai strawberry

6. Sosis bakar

7. Kentang goreng

8. Pisang bakar dengan rasa coklat keju susu

9. beraneka macam minuman seperti teh, susu, kopi, jahe, wedang uwuh, coklat dan lain-lain.

Dan terdapat lebih banyak lagi variasi makanan angkringan yang bisa Anda perdagangkan, jika bisa ada beberapa menu yang lebih diunggulkan supaya para pembeli dapat tertarik dan berminat untuk datang ke angkringan Anda. 

B. Menentukan target pasar

Faktor yang tidak boleh dilupakan sebelum memulai bisnis angkringan adalah menentukan siapa saja target pasar yang akan anda tuju. Apakah dari kalangan atas, menengah, atau ke bawah. Cobalah untuk menentukan target sesuai dengan lokasi yang telah Anda pilih. Semisal target pasar Anda adalah kalangan anak muda, maka pastikan harga jual yang Anda patok sesuai dengan anggaran kantong anak muda.

C. Menentukan lokasi angkringan

Sesudah memilih target pasar, sekarang saatnya untuk memilih lokasi angkringan dimana Anda akan berjualan.

Jika target pasarnya ialah orang-orang yang telah bekerja, maka carilah lokasi angkringan dimana terdapat banyak perusahaan di sekitarnya. Lokasi akan sangat berdampak pada tingkat laris tidak nya penjualan Anda, sebisa mungkin pilih lokasi dan target yang tepat supaya dapat laku keras. 

D. Pandai dalam mematok harga

Harga sudah bisa Anda patok apabila Anda sudah mendapatkan target pasar dan lokasi yang pas.

Ada 2 faktor penting dalam mematok harga yakni, harga dalam menyewa tempat dan siapakah target pasar Anda.

Jika Anda mengontrak ditempat mahal pastinya makanan juga akan mengikuti dengan harga yang lebih mahal, begitu juga sebaliknya jika lebih murah, maka harga yang dipatok angkringan juga akan lebih murah. 

Disamping itu, Anda dapat memulai riset pasar dalam mematok harga yang tepat.

E. Memilih konsep angkringan

Memilih konsep angkringan modern tentunya harus lain dengan angkringan tradisional. Apabila angkringan tradisional hanya menggunakan gerobak dengan diberi tempat duduk dan meja panjang, saat ini angkringan modern harus memunculkan sesuatu yang lain.

Bisnis angkringan mesti bersifat menggembirakan dan membuat nyaman, salah satu caranya adalah dengan memberikan beberapa fasilitas seperti kursi dan meja, tempat lesehan dengan meja, Wifi, lampu-lampu yang menarik sampai adanya live musik dan sebagainya. 

F. Mempromosikan di media sosial

Tidak ada salahnya jika bisnis angkringan dipromosikan lewat media sosial, karena konsep yang Anda pilih bertemakan modern angkringan jadi pemasaranya pun juga mesti modern juga.

Maka buat saja akun media sosial semisal facebook, instagram dan lain-lain supaya dapat menarik keinginan pembeli, disamping itu media sosial juga akan membantu bisnis angkringan Anda dapat dikenal di dalam masyarakat yang luas.

G. Pelayanan yang ramah

Dengan pelayanan yang ramah terhadap pelanggan akan menjadi nilai lebih tersendiri dalam bisnis angkringan Anda. Jika pelayanan Anda ramah dan para karyawan bekerja dengan baik di depan para pelanggan, maka pelanggan pun dapat merasa puas dengan sendirinya.

Kepuasan pelanggan akan meningkatkan penjualan, biasanya mereka akan merekomendasikan ke teman-temannya agar dapat membeli makanan di tempat angkringan Anda.

Demikianlah ide bisnis angkringan modern dan millenial yang dapat Anda mulai. Namun perlu diketahui jika setiap bisnis pasti ada naik dan turunya, tinggal bagaimana Anda sebagai pelaku bisnis dapat berpikir untuk berinovasi lebih lagi supaya bisnis angkringan Anda dapat tetap eksis di mata masyarakat. 

Related Posts:

0 Response to "Ide Bisnis Angkringan Modern dan Millenial"

Post a Comment