Pentinganya Toko Sembako Lengkap dengan Bermacam-Macam Kebutuhan Pokok



Isi toko sembako menjadi salah satu hal yang sangat perlu diperhitungkan karena dapat berpengaruh terhadap keberlangsungan bisnis toko sembako tersebut. Pada umumnya pemilik toko sembako merasa bingung ketika akan memastikan mana yang lebih penting diantara melengkapi macam-macam stok sembako atau memperbanyak stok barang tertentu saja. Buat Anda yang saat ini sedang bingung dikarenakan toko Anda tidak segera berkembang. Mari coba memperhatikan artikel ini. Siapa tahu dapat menjadi inspirasi untuk segera mengembangkan toko sembako Anda.

Toko sembako

Toko sembako atau yang sering disebut masyarakat luas dikenal sebagai toko kelontong memang mempunyai jumlah yang sangat banyak dan sangat luas mulai dari kawasan perkotaan sampai ke kawasan pelosok desa. Jenis toko yang juga dapat dikatakan sebagai minimarket ini menjual bermacam-macam barang untuk kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat di sekelilingnya. Toko sembako atau toko kelontong ini bisa di temui dimana-mana mulai dari kampung kecil, perumahan, area perkantoran, jalan raya, bandara, terminal, stasiun, SPBU dan lain sebagainya. Toko sembako di Indonesia dibagi dalam 2 macam yakni toko sembako tradisional yang berupa toko di rumah dan toko sembako modern seperti minimarket dan lain-lain.

Pentingnya barang dagangan yang lengkap dengan bermacam-macam kebutuhan pokok

Mungkin diantara Anda ada yang tidak terpikirkan apa kaitan antara jumlah barang dan macam-macamnya? Pada umumnya, pilihan ini akan sangat berkaitan dengan tata cara mengelola dalam mengalokasikan modal. Mengingat umumnya toko sembako tersebut mempunyai modal yang terbatas, maka pemilik toko harus selektif dalam menentukan barang dagangan yang akan dijual.

Faktor tersebut supaya isi toko sembako dapat menjadi semakin lengkap dengan bermacam-macam kebutuhan pokok. Isi toko sembako yang lengkap akan menjadikan potensi terjadinya omzet yang semakin tinggi. Pelanggan pada dasarnya lebih menaruh perhatian khusus dalam membeli barang yang mungkin diperlukan nantinya atau berbelanja barang tidak perlu putar-putar cukup pada satu tempat saja.

Isi toko sembako yang sederhana namun lengkap lebih cenderung laris ketimbang yang mempunyai barang dagangan tertentu saja dengan kuantitas yang banyak. Dengan begitu, Anda yang mempunyai sebuah toko sembako dengan jumlah modal yang terbatas lebih baik untuk mengedepankan variasi barang yang lengkap daripada menyediakan stok barang terntentu dalam kuantitas yang banyak. 

Jenis barang untuk dijual di toko sembako

Agar bisa menarik minat pembeli, memenangkan persaingan dalam hal peluang penjualan yang lebih tinggi. Anda pun harus mempunyai barang dagangan yang lengkap di toko Anda. Jadi berikut adalah barang-barang yang dapat Anda jadikan referensi supaya isi toko sembako Anda dapat lengkap.

1. Sembako

Namanya juga toko sembako, jadi adalah hal yang wajar apabila barang yang harus disediakan adalah sembilan bahan pokok yang paling diperlukan masyrakat dalam kesehariannya. Sembako sendiri telah dijelaskan dalam peraturan Menteri Perdagangan no. 27/2017 yakni beras, jagung, kedelai, gula, minyak goreng, bawang merah, daging sapi, daging ayam, telur ayam.

Seperti yang telah dijabarkan di atas, akan lebih baik apabila toko Anda mempunyai barang-barang tersebut secara lengkap. Tidak jadi masalah apabila stok yang Anda miliki sangat terbatas, tetapi dengan kelengkapan barang dagangan meskipun kuantitas sedikit akan memudahkan pembeli dalam berbelanja di satu tempat saja. Siapa tahu ketika ada pembeli membeli gula, mereka juga terpikir membutuhkan beras dan juga minyak sekalian.

2. Perlengkapan untuk mandi dan mencuci

Setiap rumah tangga pasti juga membutuhkan barang untuk kebersihan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Jika Anda menyediakan pelengkapan untuk mandi dan mencuci di toko Anda. Sediakan bermacam-macam perlatan mandi seperti sabun mandi, sampo, sabun muka, kondisioner, pasta gigi dan juga sikat gigi. Sementara perlengkapan untuk mencuci, Anda dapat menawarkan sabun untuk mencuci baju, sabun untuk mencuci piring sampai pewangi pakaian.

3. Alat tulis

Alat tulis juga mesti harus Anda masukan ke dalam rincian barang dagangan mengingat keperluan ini tidak hanya dibutuhkan oleh pelajar saja. Setiap rumah tangga pada umumnya akan selalu mempunyai alat untuk menulis terlebih mereka yang mempunyai anak sekolah dan ada yang bekerja di kantoran. Bahkan keperluan alat untuk menulis seperti ini bisa sangat membuat bingung jika dalam kondisi yang mendesak.

Pikirkan untuk menyediakan berbagai barang seperti pupen, pensil, buku tulis, penghapus, kertas folio, buku gambar, kertas HVS, penggaris, amplop, map, lakban, gunting, kertas kado dan lain sebagainya. Susun perlengkapan untuk menulis ini di dalam etalase dengan rapi supaya dapat mudah dilihat oleh pembeli.

4. Perlengkapan kebutuhan rumah tangga

Ternyata berbagai barang untuk kebutuhan perlengkapan rumah tangga juga sangat berpotensi memperoleh keuntungan yang lumayan apabila disediakan di toko Anda. Sebagai contoh ketika seseorang sedang belanja gula, kemudian Mereka terpikir juga bahwa sapu lidi di rumahnya sudah mulai rusak. Akhirnya mereka pun dapat sekaligus membeli sapu lidi di toko Anda daripada mereka harus putar-putar mencari sapu lidi di tempat lain. Oleh karena itu tidak ada salahnya apabila Anda menyediakan dan memajang perlengkapan kebutuhan rumah tangga seperti sapu lidi, sapu ijuk, pel, embel, gayung,dan lain sebagainya dengan memajangnya di tembok atau meletakan di lantai.

5. Makanan ringan dan cepat saji

Jika daerah toko anda berada dikawasan banyak anak-anak, Anda bisa pula memajang bermacam-macam jajanan dengan rentang harga yang beraneka juga. Anda dapat menjual jajanan yang murah tapi tetap pastikan keamanan jajanan itu untuk kesehatan anak-anak yang mengkonsumsinya. Sediakan jajajan seperti wafer, permen, biskuit, coklat atau makanan yang Anda buat sendiri.

Makanan cepat saji juga boleh untuk diperhitungkan mengingat makanan ini juga sering jadi andalan masyarakat dalam kondisi tertentu. Anda dapat menjual mie instant dengan rasa yang banyak digemari oleh banyak orang seperti mie kuah aneka rasa, mie goreng. Perlengkapi tempat makanan cepat saji itu dengan beberapa bumbu masak, tepung bumbu dan lain sebagainya. Pastikan juga Anda sudah memeriksa tanggal kadaluarsa pada barang makanan produk tersebut.

6. Aneka Minuman

Disamping makanan ringan dan cepat saji, Anda juga dapat menyediakan aneka minuman di toko Anda. Minuman mempunyai berbagai banyak jenis mulai dari teh kemasan, teh sachet, air mineral botol dan juga gelas masih banyak sekali beragam-ragam aneka minuman instan lain yang dapat disediakan di toko Anda.

7. Obat- obatan

Tidah harus selengkap toko obat di apotek, Anda dapat mempertimbangkan obat-obatan ringan yang biasanya diperlukan setiap rumah tangga seperti obat sakit kepala, obat penurun panas, minyak angin, minyak kayu putih, obat merah, koyo, salep, bedak gatal dan lain sebagainya. Pastikan obat yang Anda jual merupakan obat yang dapat menjadi solusi berbagai masalah kesehatan ringan untuk keperluan rumah tangga pada umumnya. 

8. Bensin dan Gas LPG

Bahan bakar juga dapat menjadi pilihan untuk melengkapi isi toko sembako Anda. Pastikan toko Anda mempunyai tempat untuk menyimpan yang aman untuk macam barang seperti ini. Pastikan tempat yang disediakan harus jauh dari jangkauan anak-anak dibawah umur.

9. Perlengkapan kebutuhan balita

Perlengkapan kebutuhan balita juga harus dipertimbangkan untuk melengkapi toko Anda. Apabila didaeah sekitar Anda terdapat banyak balita dan anak-anak dalam jumlah yang cukup banyak, Anda dapat menyediakan berbagai kebutuhannya seperti perlengkapan mandi balita, miyak telon, bedak balita dan juga popok balita.

Nah itulah referensi yang bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk melengkapi toko sembako Anda. Perlu diingat selalu lakukan restock agar stock lama tidak rusak dan stock dapat selalu baru dan memiliki kualitas yang bagus.

Related Posts:

0 Response to "Pentinganya Toko Sembako Lengkap dengan Bermacam-Macam Kebutuhan Pokok"

Post a Comment