Pengertian Teknologi

 



 Pengertian Teknologi

Di jaman modern seperti saat ini dimana kemajuan teknologi menjadi semakin pesat, masyarakat banyak yang sudah menggunakan teknologi dalam aktivitas kesehariannya

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI) kata teknologi mengandung arti metode ilmiah untuk mencapai sebuah tujuan praktis, ilmu pengetahuan terapan atau keseluruhan fasilitas untuk menyediakan barang-barang yang dibutuhkan bagi kelangsungan dan kenyaman hidup manusia.

Secara etimologi, teknologi bersumber dari kata technologia (bahasa Yunani). "techno" yang berarti keahlian dan "logia", yang berarti pengetahuan

Sementara secara garis besar, pengertian dari teknologi tersebut adalah penerapan pengetahuan ilmiah untuk sebuah tujuan yang praktis dalam kehidupan manusia atau terhadap perrubahan dan manipulasi lingkungan hidup manusia. 

Ketika saat ini banyak manusia sangat bergantung terhadap teknologi, bahkan teknologi dapat menjadi keperluan mendasar untuk setiap orang. Dengan adanya teknologi dapat memudahkan setiap orang untuk melakukan berbagai kegiatan sehingga dapat lebih efisien.

Pengertian teknologi menurut beberapa ahli :

1. Manuel Castells

Teknologi adalah suatu kumpulan alat, aturan, dan juga prosedur yang merupakan penerapan dari sebuah pengetahuan ilmiah kepada sebuah pekerjaan tertentu dalam suatu kondisi yang bisa memungkinkan terjadinya pengulangan.

2. Toynbee

Teknologi adalah ciri dari terdapatnya sebuah kemuliaan manusia, dimana hal tersebut membuktikan bahwa manusia tidak dapat hidup hanya untuk makan semata, melainkan memerlukan lebih dari itu saja.

3. Capra

teknologi adalah satu diatara pembahasan sistematis atas seni terapan atau pertukangan. Hal tersebut mengacu terhadap literature dari Yunani yang menyinggung mengenai technologia yang berasal dari kata "techne" yang berarti wacana seni

4. Jacques Ellil

Teknologi adalah keseluruhan metode yang dengan secara rasional mengarah dan mempunyai sebuah ciri efisiensi dalam tiap-tiap kegiatan manusia.

5. Miarso

Teknologi adalah suatu bentuk proses yang meningkatkan nilai tambah. Proses yang berlalu bisa menggunakan atau menghasilakan suatu produk terntentu, dimana produk yang tidak terpisah dari produk lain yang sudah ada.

6. Gary J. Anglin

Teknologi adalah penerapan ilmu-ilmu perilaku serta alam dan juga pengetahuan lain dengan secara bersistem dan mensistem untuk memecahkan suatu masalah yang tengah dihadapi oleh manusia.

7. Poerbahawadja Harahap

Menjelaskan bahwa penggunaan kata teknologi terhadap dasarnya mengacu pada sebuah ilmu pengetahuan yang menyelidiki tentang cara kerja di dalam bidang teknik, serta mengacu pula terhadap ilmu pengetahuan yang digunakan dalam sebuah pabrik atau industri terntu. Definisi tersebut tentu saja sangat mengacu terhadap definisi praktis dan teknologi, yang banyak ditemukan pada pabrik-pabrik dan juga industri tertentu.

Manfaat teknologi :

1. Dalam bidang bisnis

Orang-orang yang berkecimpung di dunia bisnis pastinya akan mendapat banyak sekali keuntungan, satu diantaranya kenaikan laba. Hal tersebut dapat dirasakan oleh pebisnis yang menjalankan usahanya dengan basis online.

Dengan hanya modal Hp dan kuota, kita sudah dapat memulai sebuah usaha bahkan melalui dari rumah saja. Tentu hal tersebut dapat menghemat biaya dan menekan biaya operasional.

2. Dalam bidang Telekomunikasi

Dengan terdapatnya sebuah teknologi informasi, kita sudah dapat menggunakan bermacam-macam teknologi yang lebih mudah. Kita bisa melakukan komunikasi jarak jauh dengan mudah dan cepat bahkan sampai internasional. Sampai sekarang kita sudah bisa merasakan kemudahan dalam berkomunikasi melalui media sosial yang terdapat pada smartphone ke semua orang yang ada dalam dunia ini.

3. Dalam bidang Perbankan

Saat ini, penyetoran dan pengambilan uang dapat dilakukan secara online. Dengan terdapatnya teknologi informasi, kita tidak perlu lagi repot untuk menyetor atau mengambil uang di kantor pada jam kerja.

Selain itu, banyak sekali ATM dan mesin setor tunai yang dapat kita temui di setiap sudut kota dengan layanan 24 jam nonstop. Hal tersebut tentunya menghemat waktu dan biaya.

4. Dalam bidang kesehatan

Teknologi berjasa dalam perbaikan manajemen di sebuah klinik atau rumah sakit. Apabila dulu pencatatan riwayat kesehatan pasien hanya ditulis dalam sebuah buku, sekarang pencatatan juga dilakukan dan di arsipkan di dalam komputer. 

Hal ini akan memudahkan petugas untuk mengerti rekam medis pasien dengan cepat. Rekam medis berbasis komputer ini meliputi data klinis pasien hasil pemeriksaan dokter ataupun hasil uji laboratorium

5. Bidang Pendidikan

Seiring dengan perkembangan teknologi, kita bisa menggunakan media internet untuk menambah pengetahuan dan wawasan yang mungkin tidak dapat kita temukan di dalam buku.

Selain itu, dalam hal pendaftaran sekolah yang dulunya harus datang langsung ke sekolah yang diinginkan, sekarang sudah mulai menerapkan registrasi secara online yang dinilai sangat menghemat waktu dan lebih efisien.

Bahkan ketika terjadi pandemi COVID-19, banyak sekolah yang memberikan sarana belajar mengajar jarak jauh. Melalui perantara internet, kita dapat terhubung dengan guru maupun dosen tanpa harus bertatap muka di sekolah secara langsung.

6. Bidang transportasi

Transportasi yang waktu ini semakin sophisticated dan semakin maju tentunya hal ini terlepas berdasarkan kiprah teknologi yang juga semakin maju. Teknologi transportasi dapat meningkatkan keselamatan transportasi, meningkatkan efisiensi sistem transportasi dan juga bisa meningkatkan aksebilitas lalu lintas.

7. Bidang ramah lingkungan

Teknologi ramah lingkungan telah dikembangkan untuk menghindari sebuah kerusakan lingkungan dimana orang tinggal. Teknologi ramah lingkungan dapat mengurangi jumlah sampah disekitar kita, penggunaan sumber daya alam secara efektif, mengurangi biaya produksi.

8. Bidang pangan

Salah satu manfaat teknologi ialah untuk mencukupi kebutuhan dasar manusia yaitu pangan. Teknologi pangan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi, meningkatkan kreativitas produsen, menghilangkan berbagai penyakit yang terkandung dalam makanan, meningkatkan nutrisi.

9. Bidang kehidupan sehari-hari

Manfaat teknologi dalam kehidupan sehari-hari agar dapat meningkatkan ilmu dan pengetahuan, memberikan sebuah hiburan, memudahkan segala urusan manusia, memudahkan dalam pencarian informasi ataupun berita.


Jenis-Jenis teknologi

1. Teknologi komunikasi yaitu suatu teknologi yang bisa membantu manusia dalam berkomunikasi satu sama lain, di manapun mereka saling mengirimkan informasi menggunakan suatu perangkat tertentu.

2. Teknologi transportasi yaitu suatu teknologi yang membantu manusia untuk berpindah dari satu lokasi ke lokasi yang lainnya dalam waktu yang singkat

3. Teknologi Informasi yaitu suatu teknologi yang bisa membantu manusia untuk menyampaikan sebuah informasi terhadap orang lain dengan cepat dan efektif.

4. Teknologi pendidikan yaitu teknologi yang berhubungan dengan dunia pendidikan, dimana aktivitasnya memanfaatkan sebuah alat bantu tertentu.

5. Teknologi konstruksi yaitu suatu teknologi yang berhubungan langsung dengan struktur bangunan.

6. Teknologi medis yaitu teknologi yang berkaitan dengan ilmu kedokteran, di mana aktivitas medis sudah memanfaatkan teknologi medis.

Related Posts:

0 Response to "Pengertian Teknologi"

Post a Comment