15 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh



Kunyit memiliki kandungan kurkumin dan beberapa nutrisi lainnya. Situasi itulah menjadikan kunyit bermanfaat bagi kesehatan. Mulai dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh sampai pada kesehatan kulit. Kunyit selama ini diketahui sebagai bumbu untuk masakan yang bisa meningkatkan cita rasa dan memberikan sebuah bentuk menarik terhadap masakan. Disamping itu, kunyit juga mempunyai manfaat lain terlebih bagi kesehatan tubuh.

Dengan mengkonsumsi air rebusan kunyit atau mengolah kunyit sebagai campuran teh, juga menjadi langkah terbaik agar memperoleh manfaat yang maksimal. Lalu, apa saja sebenarnya manfaat yang didapat jika mengkonsumsi air rebusan kunyit secara rutin? Berikut ini ulasannya.

Manfaat Kunyit bagi kesehatan tubuh

Tanaman herbal tersebut memiliki beberapa keistimewaan untuk tubuh. Berikut beberapa manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh yang menarik untuk dipelajari.

1. Membantu menurunkan gejala arthritis

Sebagai rempah yang memiliki kandungan antiinflamasi, rempah tersebut dapat membantu dalam menguragi gejala arthritis. Itulah mengapa, bagi kaum lansia dapat mengkonsumsi air kunyit dalam menurunkan gejala radang sendi. Melansir dari sebuah jurnal Nutrition Today, ada sebuah studi bahwa kandungan kurkumin dalam kunyit juga dapat membantu dalam menurunkan penyakit tersebut. Tapi, pengobatan herbal tersebut tidak bisa dipakai sebagai pengobatan utama.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Disamping itu, kunyi juga menjadi salah satu bahan alami yang berguna dalam membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan pada tubuh. Hal tersebut karena kandungan antioksidan, antivirus, antiinflamasi dan antibakteri yang terdapat di dalam tanaman herbal tersebut.

3. Menurunkan resiko komplikasi karena masalah kardiovaskular

Rempah tersebut mempunyai manfaat dalam menunjang kesehatan organ jantung karena sifat antiinflamasi dan antioksidan yang terdapat di dalamnya. Mengkonsumsi sebanyak 3 gram kunyit dalam setiap hari selama kurang lebih 3 hari sebelum, dan lima hari setelah menjalani operasi bypass arteri koroner, dapat menurunkan resiko serangan jantung atau infark miokard kronis sampai sekitar 16 persen.

4. Memiliki sifat anti kanker

Manfaat kunyi bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah memiliki sifat antikanker. Kandungan antiradang dan antioksidan, menjadikan kunyit mempunyai manfaat dalam mengurangi resiko terjadinya kerusakan sel di dalam tubuh sekaligus mencegah dari terjadinya mutasi sel menjadi kanker. Tidak sampai disitu saja, rempah yang satu ini juga memiliki manfaat antitumor dengan cara mengurangi bertumbuhnya tumor dan penyebaran sel kanker. Namun begitu, masih memerlukan sebuah penilitian lebih lagi berhubungan dengan manfaat kunyit dan penyakit kanker.

5. Membantu mengontrol sindrom iritasi terhadap usus besar

Tanaman herbal yang satu ini sudah sejak lama digunakan menjadi salah satu pengobatan herbal dan tradisional. Salah satunya untuk beberapa masalah kesehatan yang terjadi terhadap sistem dan saluran pencernaan. Misalnya rempah tersebut bisa membantu dalam mengelola rasa sakit yang timbul ketika mengalami sindrom iritasi usus besar.

6. Baik bagi pengidap penyakit Alzheimer

Manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh lainnya adalah menurunkan potensi timbulnya sebuah masalah neurodegeneratif. Manfaat antiradang dan antioksidannya diyakini dapat menurunkan munculnya peradangan, kerusakan sel dan endapan atau plak amiloid yang biasa terjadi terhadap pengidap penyakit Alzheimer. Di samping itu, dengan mengkonsumsi kunyit juga dapat membantu menghambat bahkan mencegah timbulnya perubahan protein yang berkaitan dengan sebuah masalah neurodeneratif.

7. Menjaga organ hati

Kunyit juga dapat membantu menjaga dan melindungi kesehatan fungsi organ hati. Kemungkinan manfaat dari tanaman herbal tersebut terhadap fungsi organ hati dan empedu termasuk membantu meningkatkan produksi cairan empedu dalam sistem pencernaan. Kunyit juga dapat membantu menjaga sel pada organ hati dari sebuah resiko kerusakan karena paparan senyawa kimia yang berhubungan dengan empedu.

8. Mencegah penyakit diabetes

Tanaman herbal yang satu ini merupakan bahan alami dalam membantu mencegah dan mengelola munculnya penyakit gula darah. Suplementasi yang memiliki kandungan kunyit dipercaya mempunyai kandungan antidiabetes.

9. Merawat dan melindungi paru

Sifat antioksidan dan antiinflamasi di dalam kunyit dapat membantu dalam menurunkan sebuah gejala yang berhubungan dengan masalah kesehatan paru kronis atau jangka panjang. Namun masih terbatas, bukti klinis sudah menunjukan bahwa kunyit bisa efektif sebagai obat penyakit asma, cedera pada paru, penyakit baru obstruksi kronik, dan fibrosis paru.

10. Menjaga keseimbangan hormon pada perempuan

Air rebusan dari kunyit juga mempunyai sebuah manfaat dalam hal menjaga keseimbangan hormon pada perempuan. Gejala pramenstruasi bisa memacu ketidakseimbangan siklus menstruasi. Penumpukan hormon estrogen bisa mengakibatkan perempuan mengalami siklus yang tidak beraturan, siklus panjang, menstruasi berat, bertambahnya berat badan dan jerawat. Kunyit bisa dipakai sebagai penyeimbang kerja hormon, meningkatkan sirkulasi darah yang sehat, dan manfaat yang lainnya bagi kesehatan sistem reproduksi perempuan.

11. Mampu meningkatkan kesehatan kulit

Karena sifat antiinflmasi, antimikroba, antioksidannya, kunyit juga sudah terbukti menjadi sebuah pengobatan topikal yang berguna bagi beraneka ragam kondisi kulit. Misalnya mengatasi jerawat, eksim, photoaging atau penuaan dini karena paparan sinar matahari, dan psoriasis.

12. Mengurangi resiko depresi

Kunit juga dapat memperbaiki sebuah mood dan mengurangi resiko depresi. Hal tersebut karena kunyi memiliki sifat antiinflamasi yang dapat memberikan efek antidepresan. Bahan aktif yang terkandung pada kunyit disebut kurkumin bisa menurunkan peradangan. Umumnya peradangan juga dapat berakibat terhadap kesehatan mental.

13. Meningkatkan daya ingat

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam kunyit tersebut dapat menjaga kesehatan otak. Dengan mengkonsumsi kunyit secara rutin dapat mengurangi resiko peradangan pada otak. Dengan begitu, kesehatan pada otak menjadi lebih maksimal yang mampu membuat daya ingat dan fokus meningkat.

14. Mampu mencegah terkena paparan radikal bebas

Radikal bebas dapat memancing kerusakan terhadap sel dan jaringan pada tubuh. Apabila terjadi secara terus-terusan bukan tidak mungkin tubuh akan mengalami penyakit peradangan. Situasi tersebut bisa memicu timbulnya bermacam-macam penyakit berbahaya pada kesehatan. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba menambahkan kunyit pada makanan ataupun pada minuman Anda.

15. Mampu melindungi kesehatan rambut

Anda juga dapat memakai tanaman herbal tersebut dalam memaksimalkan kesehatan pada rambut. Caranya, Anda dapat mengkombinasikan bubuk kunyit dengan minyak zaitun sebagai sebuah masker pada rambut. Hasilnya, Anda dapat memperoleh rambut yang lebih halus dan mengatasi kerontokan.

Baca juga : Manfaat Jahe

                    Manfaat Temulawak

                    Manfaat Bawang Merah

                    Manfaat Bawang Putih

Apabila Anda mempunyai riwayat alergi terhadap rempah-rempah diharapkan untuk waspada. Disamping itu, apabila Anda sedang dalam pengobatan medis, lebih baiknya bertanya terlebih dahulu pada dokter tentang interaksi kandungan rempah tersebut dengan obat yang Anda konsumsi. Ibu hamil dan menyusui juga lebih baik untuk memperhatikan jumlah takaran kunyit supaya tidak mengganggu proses perkembangan janin dan bayi.

Related Posts:

0 Response to "15 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment