Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan Tubuh



Buah melon memiliki kandungan air, mineral, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalium, besi, fosfor, kalsium dan juga natrium. Manfaat buah melon bagi kesehatan tubuh dapat mencegah terjadinya dehidrasi, menurunkan tekanan darah, mencukupi kebutuhan gizi ibu hamil.

Buah melon termasuk dalam kelompok jenis labu-labuan yang mempunyai nutrisi lebih beraneka ragam dari pada buah lainya. Salah satu kandungannya adalah air. Jumlah air di dalam buah melon sekitar 89 persen yang berasal dari daging buah tersebut. 

Kandungan nutrisi dan manfaat dari buah melon

Di dalam buah melon yang berukuran 99 gram memiliki kadungan sebagai berikut :

1. Protein sekitar 0,4 gram

2. Kalori sekitar 35 kilo kalori

3. Karbohidrat sekitar 8 gram

4. Lemak sekitar 0,14 gram

5. Serat sekitar 8 gram

6. Vitamin B1 sekitar 0,03 miligram

7. Vitamin B2 sekitar 0,01 miligram

8. Vitamin B3 sekitar 0,3 miligram

9. Vitamin B5 sekitar 0,15 miligram

10. Vitamin B6 sekitar 0,08 miligram

11. Vitamin C sekitar 17 miligram

12. Besi sekitar 0,16 miligram

13. Kalsium sekitar 5,5 miligram

14. Kalium sekitar 227 miligram

15. Fosfor sekitar 10 miligram

16. Zinc sekitar 0,08 miligram

17. Natrium sekitar 17 miligram

Manfaat buah melon bagi kesehatan tubuh dari nutrisi yang terkandung di dalamnya :

1. Mencegah terjadinya dehidrasi

Dehidrasi merupakan sebuah masalah yang memiliki gejala seperti sakit kepala, bibir kering, menurunnya kuantitas buang air kecil, dan juga kelelahan. Gangguan tersebut bisa terjadi karena di dalam tubuh kekurangan cairan, sehingga tidak dapat berjalan fungsinya dengan optimal.

Dengan kadar air yang terdapat di dalam buah melon, buah tersebut dapat efektif dalam membantu menangani masalah dehidrasi. Berbagai mineral yang terdapat di dalam buah melon juga dapat membantu mengembalikan elektrolit di dalam tubuh.

2. Meningkatkan sistem kerja saluran pencernaan

Manfaat dari buah melon untuk saluran pencernaan terjadi karena serat dan air yang terdapat di dalamnya. Kombinasi kedua asupan itu menjadikan feses lebih berisi dan memliki tekstrur lunak, sehingga dapat lebih mudah untuk keluar. 

Meski kadungan serat di dalamnya tidak setinggi buah yang lain, di dalam buah melon malah bagus untuk dikonsumsi oleh orang yang belum terbiasa makan makanan berserat. Sedikit demi sedikit, sistem saluran pencernaan meraka akan menjadi terbiasa untuk melakukan buang air besar secara teratur.

3. Mencukupi kebutuhan gizi ibu hamil

Ibu hamil memerlukan nutrisi seperti vitamin dan juga mineral lebih tinggi dari biasanya. Di dalam buah melon memiliki kadar kalium yang mampu membantu dalam menjaga kesehatan jantung dan juga pembuluh darah.

Manfaat buah melon juga di bantu oleh asupan vitamin C yang bekerja dengan meningkatkan sistem imune tubuh bagi ibu hamil. Dengan demikian, mereka tidak mudah terjangkit beberapa penyakit yang beresiko membahayakan janin.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat dari buah melon tersebut terjadi karena terdapat vitamin C di dalam buah tersebut. Nutrisi itu dapat membantu dalam mempercepat perpindahan sel-sel kekebalan tubuh ke area infeksi, dan mampu merangsang sel untuk memakan patogen penyebab penyakit. 

5. Dapat Menurunkan tekanan darah

Natrium dan juga kalium yang terdapat dalam buah melon tersebut mampu untuk menurunkan sekaligus menjaga tekanan darah dalam tubuh agar tetap stabil. Manfaat tersebut membantu sistem kerja jantung, sehingga Anda dapat terhindar dari penyakit jantung

Terhadap pemilik tekanan darah rendah, natrium di dalam buah melon mampu bekerja dengan mengikat cairan dan menambahkan volume darah. Sementara terhadap pengidap tekanan darah tinggi, kalium di dalamnya mampu membantu menyeimbangkan jumlah volume darah dalam tubuh. 

Itulah beberapa ulasan mengenai kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah melon yang dapat membantu dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Namun, meski dapat menyehatkan Anda tidak boleh mengkonsumsi buah melon secara berlebihan. Karena, asupan di dalam buah tersebut bisa memicu gangguan saluran pencernaan yang biasanya ditandai dengan rasa kembung, mual dan diare.

Pada pengidap alergi, buah melon dapat berpotensi memicu reaksi alergi. Kondisi itu memiliki gejala seperti gatal, ruam kulit, diare, mual, muntah sampai sesak napas.

Apabila terjadi kondisi yang mengkhawatirkan setelah mengkonsumsi buah melon, dianjurkan untuk segera melakukan perawatan ke rumah sakit.

Baca juga : Manfaat Buah Pepaya

                   Manfaat Buah Alpukat

                   Manfaat Buah Bit


Related Posts:

0 Response to "Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment