Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Kelapa Muda


Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat air kelapa muda tidak hanya untuk menghilangkan rasa haus, namun juga baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan elektrolit, nutrisi, dan senyawa lain yang terdapat di dalam air kelapa muda diyakini dapat membawa beraneka ragam manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, mulai dari mengatasi dehidrasi sampai membuat kulit menjadi awet muda.

Lain halnya dengan kelapa tua, kelapa muda mempunyai kandungan air yang lebih banyak. Minuman tersebut juga memiliki kandungan elektrolit, seperti kalium, natrium, dan mangan. Disamping itu, air kelapa muda juga kaya akan fenol dan flavonoid yang bersifat sebagai antioksidan.

Baca Juga : Bahaya Radikal Bebas dan Fungsi Antioksidan Alami untuk Kesehatan

Kandungan lain dari kair kelapa muda yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh seperti karbohidrat, serat, kalsium, protein, vitamin C, kalium, dan fosfor. Kandungan tersebutlah yang dapat memberikan berankea ragam manfaat air kelapa muda bagi kesehatan.

Beberapa Manfaat Air Kelapa Muda

Kelapa Muda


Dengan beraneka ragam kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya, air kelapa muda mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain:

1. Membantu memenuhi kebutuhan cairan bagi tubuh

Cairan


Manfaat air kelapa muda yang pertama adalah membantu memenuhi kebutuhan cairan bagi tubuh. Di samping memiliki kandungan banyak air, kelapa muda juga mempunyai banyak elektrolit, terutama natrium dan kalium. Manfaat elektrolit adalah membantu dalam aktivitas sel dan jaringan tubuh serta melindungi kadar cairan tubuh agar selalu seimbang.

Maka dari itu, air kelapa muda sering diberikan kepada orang yang sedang mengalami muntaber atau berisiko terkena dehidrasi. Selain itu, air kelapa muda juga lebih sehat jika dibandingkan dengan minuman isotonik yang pada umumnya memiliki kandungan tambahan gula dan juga perasa.

Baca Juga : Manfaat Air Putih bagi Tubuh

2. Mencegah penyakit osteoporosis

Manfaat air kelapa muda yang berikutnya adalah membantu mencegah penyakit osteoporosis. Kandungan kalsium yang banyak di dalam air kelapa muda juga baik dalam membantu mencegah terjadinya osteoporosis. Karena, kalsium adalah sebuah nutrisi yang dibutuhkan dalam memperkuat tulang. Jika kebutuhan kalsium tidak dipenuhi, risiko terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis dapat berpotensi meningkat.

Baca Juga : Lakukan Gerakan ini Agar Otot Kaki Tetap Kuat dan Fleksibel

3. Membantu menurunkan tekanan darah

Manfaat Air kelapa muda yang tidak kalah penting yaitu membantu tekanan darah. Manfaat tersebut bisa didapatkan karena kandungan kalium di dalamnya yang dapat menurunkan ketegangan otot pada dinding pembuluh darah, sehingga tekanan darah dapat terjaga dengan baik.

Baca Juga : Manfaat Pare untuk Kesehatan Tubuh Beserta Cara Mengolahnya

4. Mampu mencegah penyakit serangan jantung

Karena bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah, air kelapa muda juga bisa membantu mencegah penyakit serangan jantung. Karena, tekanan darah tinggi bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit serangan jantung. Air kelapa muda juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat melindungi kesehatan tubuh beserta fungsi sel jantung.

Baca Juga : Manfaat Bayam Bagi Kesehatan Tubuh

5. Membantu menurunkan kadar gula darah

Manfaat air kelapa muda juga mampu membantu menurunkan kadar gula darah, sehingga baik untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes 2 dan prediabetes. Hal tersebut karena kandungan magnesium, kalium, dan L-arginine di dalam air kelapa muda bisa meningkatkan sistem kerja insulin dan membantu menurunkan kadar gula darah.

Baca Juga: Cara Menjaga Gula Darah Tetap Normal

6. Membantu mencegah penyakit batu ginjal

Dalam sebuah riset menjelaskan bahwa manfaat air kelapa muda bisa berfungsi untuk membuang zat pemicu terbentuknya batu ginjal dari dalam tubuh, beserta dengan urine. Namun begitu, penderita penyakit gagal ginjal kronis dan sedang dalam menjalani pengobatan batu ginjal lebih baiknya untuk konsultasi ke dokter lebih dulu sebelum mengonsumsi air kelapa muda.

Karena, kandungan elektrolit yang tinggi dalam air kelapa muda dapat saja semakin memberatkan kerja ginjal, khususnya terhadap penderita penyakit yang sudah dijelaskan di atas. Hal tersebut pun dapat memperburuk kondisi penyakit ginjal, termasuk penyakit gagal ginjal kronis.

Baca Juga : Cara Mengetahui Kesehatan Ginjal dan Cara Menjaganya

7. Mencegah timbulnya jerawat

Manfaat air kelapa muda untuk wajah adalah mencegah timbulnya jerawat karena senyawa yang bersifat antibakteri yang terkandung di dalamnya. Meski belum pernah dibuktikan lewat sebuah penelitian lebih jauh, penggunaan air kelapa muda ke kulit diyakini dapat mencegah timbulnya jerawat.

Baca Juga : Tips Mencerahkan Wajah Secara Alami

8. Mencegah terjadinya penyakit kanker

Manfaat air kelapa muda yang terakhir adalah mampu mencegah terjadinya penyakit kanker. Air kelapa muda juga diyakini bisa mencegah kanker, karena memiliki kandungan antioksidan di dalamnya dapat melawan bahaya dari radikal bebas, salah satunya adalah kerusakan pada sel tubuh. Sel yang sudah rusak dapat mati atau bahkan berkembang tanpa kontrol, sehingga terbentuklah sel kanker dalam tubuh manusia.

Selain kaya akan manfaat, beberapa manfaat air kelapa muda yang dijelaskan di atas masih dilakukan terhadap hewan. Maka dari itu, masih dibutuhkan sebuah riset lebih lanjut untuk membuktikannya.

Manfaat air kelapa muda memang baik bagi kesehatan tubuh manusia. Tapi, apabila terdapat kondisi kesehatan yang mewajibkan Anda untuk membatasi kadar asupan kalium dan natrium, lebih baiknya untuk menghindari terlalu banyak minum air kelapa muda agar tidak terkena efek samping yang mungkin dapat ditimbulkan.

Anda juga dapat berkonsultasi ke pada dokter lebih dulu untuk memastikan apakah air kelapa muda aman untuk dikonsumsi bagi orang dengan kondisi medis atau tidak.

Baca Juga : Makanan Sehat dan Bergizi

                     Manfaat Minyak Zaitun dan Cara Memakainya

                     Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan Tubuh

                    

Related Posts:

0 Response to "Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan Tubuh Manusia"

Post a Comment