Manfaat Seledri untuk Kesehatan Beserta Kandungan Nutrisinya dan Efek Sampingnya

Seledri

Manfaat Seledri untuk Kesehatan Beserta Kandungan Nutrisinya dan Efek Sampingnya

Daun seledri adalah jenis sayuran yang termasuk bagian dari keluarga Apiaceae, yaitu wortel. Sayuran tersebut mempunyai tangkai yang renyah dan dapat dijadikan pilihan sebagai camilan yang rendah kalori. Lebih menariknya lagi, daun seledri juga memberikan beraneka ragam manfaat kesehatan untuk tubuh. 

Seluruh manfaat yang bersumber dari sayuran tersebut terjadi karena kandungan nutrisi yang sangat beraneka ragam di dalamnya. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk menyimak ulasan mengenai kandungan nutrisi serta manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga : Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan Nutrisi Seledri

Seledri


Pada mulanya, seledri dikenal sebagai sebuah tanaman herbal yang dapat mengobati berbagai jenis penyakit. Saat ini, sayuran tersebut menjadi salah satu bumbu masak  yang dapat menambahkan cita rasa dan aroma yang nikmat terhadap makanan tertentu.

Nah, Anda dapat memanfaatkan sayuran tersebut, mulai dari batang sampai pada daunnya. Batangnya memiliki kandungan selulosa yang tinggi merupakan karbohidrat kompleks terhadap dinding sel tumbuhan. Kandungan itu aman untuk Anda konsumsi, namun sulit untuk dicerna.

Lantas, apakah sayuran tersebut layak jika dikonsumsi? Meskipun begitu, seledri mempunyai beberap kandungan zat gizi mikro yang membuatnya layak apabila dikonsumsi.

Berikut ini beberapa kandungan nutrisi dalam 39 gram seledri:

  • Kalori: 5,5.
  • Lemak: 0,1 gram.
  • Sodium: 31 gram.
  • Karbohidrat: 1,1 gram.
  • Serat: 0,5 gram.
  • Gula: 0,4 gram.
  • Protein: 0,2 gram.
  • Potasium: 103 miligram.
  • Sodium: 31 miligram.
  • Fosfor: 9,5 miligram.
  • Vitamin A: 8,7 mikrogram.
  • Folat: 14,3 mikrogram.
  • Vitamin K: 11,6 mikrogram.

Beberapa Manfaat Seledri untuk Kesehatan

Seledri


Nutrisi yang terdapat pada seledri mempunyai beraneka ragam manfaat kesehatan untuk tubuh. Tapi, meskipun begitu, nutrisi seledri hanya dalam jumlah yang relatif kecil.

Dengan kata lain, hanya mengonsumsi seledri saja tidaklah cukup dalam mecukupi kebutuhan gizi harian tubuh. Tapi, paling tidak masih terdapat beberapa manfaat seledri bagi kesehatan tubuh: 

1. Membantu menjaga kesehatan jantung

Manfaat seledri untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah mampu membantu menjaga kesehatan jantung. Disamping mempunyai kandungan air yang tinggi, sayuran tersebut juga memiliki kandungan yang banyak vitamin dan mineral. Termasuk potasium dan kalsium, yang penting bagi kesehatan jantung. Di dalam seledri juga memiliki kandungan folat dan vitamin K, keduanya dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah dan pembekuan darah yang efektif. 

Sayuran tersebut juga merupakan sebuah sumber senyawa tanaman penjaga yang disebut flavonoid, yang mempunyai efek antiinflamasi dan perlindungan terhadap sistem kerja kardiovaskular. Melakukan pola makan dengan sumber makanan berserat seperti seledri, berguna untuk mengurangi risiko penyakit serangan jantung.

Manfaat flavonoid yang terdapat pada seledri juga ditulis pada jurnal Phytotherapy Research (PTR) yang berjudul Beneficial effects of celery (Apium graveolens) on metabolic syndrome: A review of the existing evidences. Menurut riset tersebut, flavonoid yang terdapat dalam seledri bisa menekan risiko peradangan yang terjadi terhadap kardiovaskular.

Stres oksidatif dan peradangan terhadap aliran darah menjadi salah satu perangsang gangguan kesehatan jantung yang paling utama. 

Baca Juga : Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan Tubuh

2. Membantu melindungi fungsi pencernaan

Manfaat seledri untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah mampu membantu melindungi fungsi pencernaan. Sayuran tersebut adalah sumber serat larut dan tidak larut yang baik bagi tubuh, yang bermanfaat untuk fungsi pencernaan. Kandungan fitonutrien juga bermanfaat untuk menjaga mukosa pencernaan, dan mencegah terjadinya penyakit tukak lambung.

Baca Juga : Cara Mengatasi Sembelit

3. Mengendalikan tekanan darah

Beberapa praktisi pengobatan Cina, memanfaatkan ekstrak seledri untuk menurunkan tekanan darah. Penelitian dari PubMed Central menjumpai efek ekstrak biji seledri terhadap tekanan darah tikus yang mempunyai tekanan darah normal atau hipertensi buatan.

Peneliti pada riset tersebut menjelaskan bahwa ekstrak seledri bisa menurunkan tekanan darah dan meningkatkan detak jantung terhadap tikus dengan tekanan darah tinggi. 

Tapi, efek yang sama tidak nampak terhadap tikus yang memiliki tekanan darah normal. Oleh karena itu, masih dibutuhkan banyak penelitian lebih lanjut lagi tentang manfaat seledri untuk membantu menurunkan tekanan darah terhadap manusia. 

Baca Juga : Manfaat Pare untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

4. Seledri mampu mengurangi hiperlipidemia

Jus Seledri


Hiperlipidemia berbicara tentang peningkatan molekul lemak dalam darah. Kondisi tersebut sering kali tidak menimbulkan gejala, namun bisa meningkatkan potensi risiko jangka panjang penyakit jantung dan stroke. 

5. Mampu meningkatkan pengendalian pada gula darah

Manfaat seledri untuk kesehatan tubuh yang berikutnya adalah mampu meningkatkan pengendalian pada gula darah. Dengan indeks glikemik yang rendah dan kaya akan kandungan serat, sayuran tersebut bermanfaat untuk mereka yang membutuhkan pengendalian kadar gula darahnya. Penelitian ini juga menjelaskan bahwa cara tersebut juga efektif untuk menurunkan kadar glukosa darah.

Baca Juga : Cara Menjaga Gula Darah Tetap Normal

6. Mampu mencegah penyakit kanker

Sayuran tersebut juga dapat membantu Anda untuk mencegah penyakit kanker. Seledri memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi di dalamnya.

Antioksidan dapat membantu menjaga tubuh dalam mencegah terjadinya stres oksidatif yang memicu pertumbuhan sel kanker.

Baca Juga : Bahaya Radikal Bebas dan Fungsi Antioksidan Bagi Tubuh

7. Membantu Mencegah Penyakit Alzheimer

Seledri juga memiliki manfaat untuk membantu meningkatkan memori otak. Penelitian menjelaskan bahwa ekstrak biji seledri memiliki kandungan L-3-n-butylphthalide yang bisa meningkatkan kemampuan kognitif dan memori. Kandungan tersebut dapat mengurangi risiko dan mencegah penyakit Alzheimer.

Baca Juga : Manfaat Bayam untuk Kesehatan Tubuh beserta kandungan nutrisinya

8. Seledri mampu melindungi kesehatan mata

Antioksidan yang terdapat pada seledri dapat melindungi mata dari paparan radikal bebas yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan mata. Kamu dapat mengurangi risiko gangguan, seperti pandangan buram, mata kering, sampai pada makula degenerasi.

9. Seledri dapat membantu dalam program diet

Manfaat seledri berkaitan juga dalam membantu  menjalankan program diet. Sayuran tersebut memiliki kandungan serat dan air yang cukup tinggi. Selain itu, kalori seledri juga terbilang cukup rendah. Hal tersebut menjadikan seledri menjadi salah satu sayuran yang dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan.

Baca Juga : Cara Menjaga Berat Badan tetap ideal

10. Memaksimalkan perkembangan janin dalam kandungan

Untuk ibu hamil, tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi sayuran tersebut. Kandungan folat di dalam seledri membuat perkembangan dan pertumbuhan janin dalam kandungan menjadi lebih maksimal. Di samping itu, ibu akan terhindar dari beberapa komplikasi yang rentan terjadi selama masa kehamilan.

11. Membantu meningkatkan kualitas sperma 

Selain bermanfaat untuk ibu hamil, seledri juga bermanfaat bagi para kaum pria. Mengonsumsi sayuran tersebut dapat meningkatkan kualitas sperma. Hal tersebut terjadi karena kandungan antioksidan seledri yang terbilang cukup tinggi.

Baca Juga : Meningkatkan Performa Seksual dengan Jamu Herbal

12. Memaksimalkan kesehatan saraf

Manfaat seledri untuk kesehatan tubuh yang terakhir adalah mampu memaksimalkan kesehatan saraf dalam tubuh. Sayuran tersebut memiliki kandungan apigenin yang sangat berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan saraf. Kandungan tersebut juga dapat berguna bagi kesehatan neuron.

Itulah beberapa manfaat seledri yang perlu Anda pahami. Anda dapat mengonsumsi seledri dalam bentuk sayuran atau ekstrak. Tapi, pastikan Anda mengonsumsi seledri dalam jumlah dan takaran yang sesuai. 

Efek Samping Mengonsumsi Air Rebusan Seledri

Terdapat beberapa efek samping yang sering terjadi saat Anda mengonsumsi air rebusan seledri secara berlebihan:

1. Gangguan pada ginjal

Penting juga untuk dipahami bahwa sayuran tersebut memiliki kandungan oksalat yang tinggi. Sehingga mungkin tidak tepat untuk dikonsumsi bagi mereka yang mempunyai gangguan batu ginjal, atau kondisi lainnya yang berkaitan dengan ginjal

2. Alergi

Untuk beberapa orang, seledri adalah makanan yang sehat. Tapi, terdapat sebagian orang lainnya mungkin mempunyai alergi terhadap seledri. Reaksi ringan sesudah mengonsumsi seledri mungkin dapat terjadi. Contohnya gejala gatal pada area  mulut dan lidah, bersin, atau pilek.

3. Perut terasa kembung

Mengonsumsi air rebusan seledri secara berlebihan bisa mengakibatkan perut kembung. Efek samping tersebut dapat terjadi karena senyawa mannitol yang terbilang cukup tinggi sehingga dapat memicu gangguan pencernaan.

Itulah efek samping mengonsumsi air rebusan seledri  yang mungkin terjadi. Mengonsumsi jus seledri berlebihan ternyata juga berisiko mengalami efek samping meski memiliki manfaat.

Jangan lupa untuk segera konsultasikan kesehatan supaya keluhan kesehatan yang Anda alami dapat teratasi dengan baik.

Related Posts:

0 Response to "Manfaat Seledri untuk Kesehatan Beserta Kandungan Nutrisinya dan Efek Sampingnya"

Post a Comment