Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan Tubuh



Daun kelor memiliki bermacam-macam vitamin dan juga mineral yang baik bagi kesehatan tubuh. Manfaat dau kelor mulai dari membantu menangkal radikal bebas sampai meningkatkan kesehtan tulang.

Daun kelor mempunyai nama latin, yaitu Moringa oleifera. Daun tersebut merupakan tanaman tropis yang memiliki ciri fisik berwarna hijau hingga hijau kecoklatan. tekstrunya yang kecil dan bundar seperti telur dengan tepi daun yang rata.

Tanaman herbal tersebut sering digunakan untuk obat herbal atau obat tradisional. Manfaat yang paling dikenal adalah membantu meningkatkan dan memperlancar produksi air susu ibu (ASI) terhadap ibu menyusui. 

Manfaat daun kelor juga dibantu oleh kandungan  nutrisi yang terdapat di dalamnya berupa kalori, protein, karbohidrat, zat besi, magnesium, kalium, dan asam folat. Di dalam daun kelor juga mengandung vitamin A, B, dan C.

Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan Tubuh

Tidak hanya mendukung dalam meningkatkan dan melancarkan produksi ASI terhadap ibu menyusui saja. Manfaat daun kelor juga efektif bagi kesehatan tubuh

1. Mendukung dalam menangkal radikal bebas

Dalam menangkal radikal bebas terjadi karena memiliki kandungan tinggi antioksidan yang terdapat di dalamnya. Apabila Kandungan nya berlebihan, situasi tersebut dapat mengakibatkan stres oksidatif yang berakibat terhadap penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

2. Manfaat daun kelor dapat membantu menurunkan kadar gula darah

Manfaat daun kelor berikutnya adalah menurunkan kadar gula darah. Cara bekerjanya dengan meningkatkan keefektivan kerja dari hormon insulin untuk mengantisipasi resistensi insulin. Berhubungan dengan manfaat tersebut, penelitian lebih lanjut masih sangat diperlukan. 

Baca juga : Cara Menjaga Gula Darah

3. Mengurangi peradangan atau inflamasi yang terjadi pada tubuh

Peradangan adalah efek alami tubuh pada infeksi atau cedera. Hal tersebut adalah mekanisme penjagaan yang sangat penting, namun berpeluang mengakibatkan menjadi masalah apabila terjadi dalam jangka waktu yang lama.

Pada kenyataanya, peradangan yang terus berlanjut berhubungan dengan masalah kesehatan kronis. Beberapa di antaranya seperti, penyakit jantung dan kanker. Dalam penelitian berjudul Immunosuppressive activity of ethanolic extract of seeds of Moringa oleifera Lam. in experimental immune inflammation dalam Bioorganic & Medicinal Chemistry menunjukan bahwa, kandungan isothiocyanate yang terdapat pada daun kelor dapat mengatasi peradangan dalam tubuh.

Isothiocyanate sendiri adalah sebuah senyawa antiinflamasi yang ada pada daun polong dan biji kelor. Namun mampu mengatasi peradangan, studi lebih lanjut masih diperlukan untuk dapat memastikan manfaat tersebut.

4. Menjaga fungsi kerja dan kesehatan otak

Manfaat daun kelor tersebut terjadi berkat kandungan antioksidan di dalamnya. Kandungan itu bekerja dengan menurunkan risiko tubuh dari ancaman penyakit Parkinson dan Alzheimer sejalan dengan berlalunya waktu.

5. Mengendalikan tekanan darah

Kandungan kalium yang terdapat di dalam daun kelor dapat membantu mengendalikan tekanan darah pada tubuh. Tidak hanya itu, kandungan nutrisi itu juga efektif dalam menjaga tekanan darah agar tetap stabil, sehingga bisa mencegah risiko terjadinya penyakit hipertensi.

6. Membantu mencegah berkembangnya sel kanker

Manfaat daun kelor berikutnya adalah dapat membantu mencegah berkembangnya sel kanker. Ekstrak kulit batang dan daun kelor yang memiliki antioksidan efektif dalam membantu mencegah bertumbuhnya sel-sel kanker dalam tubuh. Jenisnya, termasuk kanker usus besar, pankreas, dan payudara.

7. Mampu meningkatkan keinginan seksual

Manfaat daun kelor setelah itu adalah mampu meningkatkan keinginan seksual. menurunnya keinginan seksual adalah penyakit gangguan yang bisa terjadi karena meningkatnya hormon stres (kortisol). Untuk dapat mengatasi hal tersebut, daun kelor bekerja sebagai afrodisiak. Yang berarti, dapat meningkatkan keinginan positif dan melancarkan aliran darah.

8. Merasa lebih bertenaga

Daun Kelor merupakan salah satu makanan untuk meningkatkan tenaga yang bebas kafein. Manfaat daun kelor tersebut dapat terjadi karena kandungan vitamin dan mineral yang terdapat di dalam daun kelor tersebut. Termasuk juga zat besi dan vitamin B, C, serta D.

9. Menghambat penuaan dini dengan mengkonsumsi daun kelor

Manfaat daun kelor yang juga tidak kalah penting adalah mampu menghambat penuaan dini. Antioksidan seperti flavonoid dan polifenol bekerja dengan mengatasi kerutan dan menjadikan kulit terlihat lebih awet muda. Kedua senyawa itu mempunyai efek antiinflamasi yang dapat menghambat tanda penuaan dini.

10. Membantu melancarkan sistem saluran pencernaan

Manfaat daun kelor tersebut terjadi karena kandungan serat larut dan tidak larut yang terdapat dalam daun kelor. Serat larutnya akan larut dalam air dan dirubah menjadi sebuah gel. Hal tersebut bisa memperlambat proses pencernaan dan membuat rasa kenyang dapat bertahan lebih lama.

Selain itu serat tidak larutnya bekerja dengan menambah volume tinja, sehingga lebih mudah saat melewati saluran pencernaan. Hal tersebut bisa menurunkan risiko sembelit atau susah buang air besar.

Baca Juga : Cara Mengatasi Sembelit

11. Mampu Meningkatkan kolesterol baik

Kadar kolesterol baik berguna dalam mencegah penyakit jantung. Asupannya dapat anda peroleh lewat daun kelor. Cara bekerjanya dengan menurunkan lemak dan mencegah penumpukan plak di dinding arteri.

Disamping dapat meningkatkan kolesterol baik, tanaman herbal tersebut juga berguna menurunkan kadar kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh yang menjadi penyebab sakit jantung. Hal itu ditunjukan dalam studi berjudul The in vitro and ex vivo antioxidant properties, hypolipidaemic and antiatherosclerotic activities of water extract of Moringa oleifera Lam. leaves dalam Journal of Ethnopharmacology.

Dalam jurnal itu menunjukan bahwa, penelitian terhadap binatang dan manusia menunjukkan penurunan kadar kolesterol sekitar 50 persen dalam waktu 12 minggu. Senyawa di dalam daun kelor dapat bekerja dengan menurunkan pembentukan plak aterosklerotik sebanyak 86 persen. 

12. Melindungi kesehatan hati

Manfaat daun kelor selanjutnya adalah dapat melindungi dan menjaga kesehatan hati. untuk pengidap tuberkulosis, daun kelor bekerja dengan mempercepat perbaikan sel hati. Daun kelor mempunyai konsentrasi polifenol yang tinggi, sehingga mampu menjaga dan melindungi hati dari kerusakan oksidatif. Selain itu, daun kelor tersebut juga berperan penting dalam meningkatkan kadar protein di hati.

13. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat daun kelor yang terakhir adalah mampu menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang. Manfaat tersebut berasal dari kandungan tinggi kalsium dan fosfor yang terdapat di dalam tanaman herbal itu. Keduanya bisa menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang dengan mengatasi radang sendi dan mempercepat proses penyembuhannya.

Efek Samping Dari Penggunaan Daun Kelor

Selain banyaknya manfaat dari daun kelor, terdapat juga efek negatif yang harus Anda ketahui , yaitu:

  • Penggunaan dalam kadar besar, daun, kulit kayu, akar dan buah kelor mempunyai sifat pencahar dan berpotensi mengakibatkan diare.
  • Terhadap wanita hamil, akar, kulit batang dan ekstrak kelor bisa menyebabkan kontraksi rahim. 
  • Pada Wanita menyusui perlu berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter yang terpercaya sebelum menggunakannya. Karena, bahan kimia yang terdapat  di dalam daun kelor dapat saja masuk dan terserap ke dalam ASI.
  • Bagi anda yang memakai obat pengencer darah tidak diijinkan memakai daun kelor.
  • Ekstrak dari biji kelor bisa mengakibatkan efek toksisitas terhadap sel kekebalan tubuh.
  • Hindari pemakaian daun kelor bersama dengan obat-obatan medis. Sebab, hal tersebut dapat meningkatkan risiko komplikasi.

Daun kelor merupakan sebuah tanaman herbal yang mempunyai banyak kandungan vitamin dan mineral. Cara menggunakannya pun terbilang cukup  mudah, yaitu sebagai kombinasi dalam makanan atau minuman.

Tapi, sebelum mengonsumsinya, pastikan terlebih dahulu anda tidak mempunyai alergi pada tanaman herbal ini.

                    
                     Makanan Sehat yang Perlu di Konsumsi Setiap Hari
                
                     Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Related Posts:

0 Response to "Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment