Cara Menjaga Gula Darah Tetap Normal



Menjaga gula darah normal supaya tidak melebihi batas sangatlah penting untuk diterapkan. Kadar gula darah yang sangat tinggi mempunyai resiko terserang penyakit diabetes tipe 2. Penyakit diabetes tidak bisa disembuhkan, maka dari itu sangatlah penting untuk menjaga tubuh sedini mungkin agar tidak terjangkit penyakit tersebut.

Diabetes tipe 2 adalah dimana kondisi tubuh tidak mampu memproduksi insulin secara maksimal dan tidak mampu merespon hormon insulin dengan baik. Akibatnya kadar gula dalam darah tidak bisa terurai dengan baik.

Ukuran kadar gula darah normal di dalam tubuh

Ketika Anda melakukan pengecekan kadar gula darah baik secara mandiri atau melalui laboratorium, pada dasarnya akan memperoleh hasil pengecekan untuk tingkat kadar gula darah yang menggunakan satuan mg / dl.

Tingkatan kadar gula darah juga dapat berubah sewaktu-waktu karena beberapa faktor, seperti asupan makanan, metabolisme, dan efek samping dari mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Berikut adalah kisaran kadar gula darah normal pada tubuh yang sangatlah penting untuk dimengerti bagi Anda yang berusia kurang dari 50 tahun :

1. Sebelum makan atau setelah puasa setidaknya 8 jam kisaran normal 70 - 100 mg/dl

2. Sebelum tidur atau 2 jam setelah mengkonsumsi makanan kisaran normal kurang dari 140 mg/d

3. Pemeriksaan gula darah sewaktu kisaran normal kurang dari 200 mg/dl

Melakukan pengecekan gula darah secara rutin penting dilakukan setiap hari oleh pasien yang mengidap penyakit diabetes agar dapat segera mendapatkan pengobatan. Hal tersebut penting untuk memastikan apakah kadar gula darah tersebut telah terkontrol dengan baik atau tidak serta dilakukan pengobatan diabetes yang efektif.

Tanda-tanda tubuh kekurangan atau kelebihan gula darah

Menjaga dan mengontrol kadar gula darah normal sangatlah penting untuk dilakukan. Karena, gula darah yang terlalu rendah atau tinggi dapat berdampak negatif pada kesehatan tubuh Anda.

Kadar gula darah rendah dapat terjadi jika kadar gula darah Anda kurang dari 70 mg/dl. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan Anda mengalami beberapa gejala yang terjadi dalam tubuh seperti :

1. Kulit pucat

2. Tubuh lemas

3. Kelelahan

4. Mudah mengeluarkan keringat

5. Gelisah

6. Kelaparan

7. Mudah marah

8. Sulit berkonsentrasi

9. Tidak mampu untuk berdiri atau berjalan

10. Kesemutan pada area mulut

11. Jantung berdebar kencang

12. Kejang

Selain itu, gula darah yang tinggi dengan kadar melebihi 200 mg/dl memiliki beberapa gejala atau tanda-tanda sebagai berikut :

1. Nafsu makan meningkat

2. Berat badan turun drastis

3. Mudah merasa lelah

4. Sering buang air kecil

5. Sering mengalami kehausan

6. Mudah gelisah

7. Penglihatan memudar

8. Sering infeksi gigi

9. Kulit menjadi kering, memerah dan terasa panas.

Cara agar dapat mempertahankan gula darah normal

Agar dapat menghindari efek gula darah yang sangat rendah atau sangat tinggi, Anda harus memperhatikan kadar gula darah Anda supaya tetap dalam batas normal. Berikut ini adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kadar gula darah supaya tetap normal :

1. Olahraga secara rutin dan teratur

Agar dapat menjaga gula darah dalam takaran yang normal, Anda harus berolahraga paling tidak 3 jam per minggu secara teratur atau sekitar 25-30 menit setiap harinya.

Anda dapat melakukan olahraga yang berfokus pada kekuatan otot-otot tubuh, semisal latihan angkat beban atau olahraga lain yang Anda gemari. Beberapa penelitian menunjukan bahwa dengan berolahraga secara rutin dapat membantu tubuh dalam menjaga kadar gula darah dengan lebih baik.

Tapi, harus diingat. Hindari melakukan aktivitas fisik yang berlebihan, karena hal ini dapat memicu kekurangan gula darah, terutama apabila Anda sedang menjalani pengobatan diabetes.

2. Selalu memperhatikan asupan nutrisi

Selalu memperhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi penting untuk dilakukan dalam menjaga kadar gula darah agar tetap normal. Berikut adalah beberapa jenis nutrisi yang harus anda penuhi beserta contoh makanan sehat yang mengandung serat tinggi agar gula darah normal :

A. Karbohidrat, seperti nasi merah, ubi, pasta dari biji-bijian utuh, 

B. Protein, seperti telur putih, ikan, dada ayam tanpa kulit

C. Lemak sehat seperti alpukat, kacang-kacangan, minyak ikan

D. Serat, seperti kacang, buah-buahan, sayuran, oatmeal

Selain jenis makanannya Anda juga harus memperhatikan porsi makan dan waktu makan Anda. Makanlah 3 kali sehari dengan porsi  sedang, dan selingi dengan 2 jam camilan yang bernutrisi di sela-sela jam makan Anda.

3. Mengelola stres dengan baik

Stres dapat mengakibatkan kadar gula darah Anda meningkat. Maka dari itu, Anda harus mengelola stres dengan baik demi menjaga kadar gula darah agar tetap normal. Anda dapat melakukan cara teknik relaksasi, seperti meditasi, atau melakukan kegiatan yang Anda senangi.

4. Stop merokok dan konsumsi Alkohol

Baik terhadap orang sehat atau terhadap pasien diabetes, kebiasaan merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol diketahui bisa membuat kadar gula darah sulit dikendalikan. Maka dari itu, Anda harus menjauhi kebiasaan itu agar dapat menjaga kadar gula darah tetap terjaga dengan baik

Cobalah lakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut untuk menjaga kadar gula darah normal. Jika Anda masih mempunyai beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan kisaran kadar gula darah normal atau bagaimana cara untuk mempertahankannya sesuai kondisi tubuh Anda, jangan tunda-tunda untuk berkonsultasi dengan dokter.


Related Posts:

0 Response to "Cara Menjaga Gula Darah Tetap Normal"

Post a Comment