Manfaat Bayam Bagi Kesehatan Tubuh Beserta Kandungan Nutrisi, Efek Samping dan Cara Mengolahnya

Bayam / Spinach


Manfaat Bayam Bagi Kesehatan Tubuh Beserta Kandungan Nutrisi, Efek Samping dan Cara Mengolahnya

Tidak hanya lezat untuk dimakan, beberap manfaat bayam untuk kesehatan juga sayang sekali jika dilewatkan. Manfaat tersebut bersumber dari beraneka ragam nutrisi yang terdapat di dalamnya. Tidaklah heran jika bayam sering dimasukkan dalam menu makan sehat setiap hari.

Bayam adalah salah satu jenis sayuran hijau yang banyak ditanam dan dikembangkan di Asia, termasuk juga di negara Indonesia. Tidak hanya baik bagi orang dewasa, sayuran tersebut juga baik dikonsumsi oleh balita, anak-anak, ibu hamil, sampai lanjut usia yang biasanya dimakan dalam bentuk sayur bening ataupun sup krim.

Makanan tersebut sepintas hampir sama dengan olahan daun talas, namun tekstur bayam lebih lembek.

Baca Juga : Sayuran Dengan Kadar Air Tinggi

Bayam sering dikenal sebagai sayuran yang rendah kalori dan tinggi akan seratnya, hal tersebut menjadikan bayam sebagai salah satu opsi sayur untuk program diet aman dan sehat. Di samping itu, bayam juga memiliki kandungan beraneka ragam nutrisi lain, seperti:

  • Vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, dan Vitamin E
  • Magnesium
  • Zat besi
  • Asam folat
  • Kalsium
  • Kalium

Di samping itu, bayam juga memiliki kandungan beraneka ragam jenis antioksidan, seperti lutein dan zeaxanthin.

Baca Juga : Manfaat Vitamin B yang Wajib Anda Ketahui

Manfaat Bayam Bagi Kesehatan Tubuh

Bayam / Spinach


Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bayam dapat memberikan beraneka ragam manfaat untuk kesehatan tubuh yang sayang untuk dilewatkan. Manfaat bayam bagi kesehatan tubuh meliputi:

1. Membantu menurunkan peradangan

Manfaat bayam bagi kesehatan tubuh yang pertama adalah mampu membantu menurunkan peradangan. Kandungan antioksidan tinggi yang terdapat pada bayam memiliki peranan dalam menangkal radikal bebas yang dapat mengakibatkan peradangan, seperti pada penyakit rheumatoid arthritis. Pada penyakit tersebut, peradangan adalah penyebab timbulnya nyeri sendi.

2. Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Manfaat bayam bagi kesehatan tubuh berikutnya adalah membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Bayam juga diketahui tinggi akan kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin C, folat, dan magnesium. Beberapa nutrisi itu diyakini bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh.

3. Membantu mencegah anemia

Bayam adalah salah satu sumber zat besi yang baik bagi tubuh. Tapi, sayuran tersebut juga mengandung oksalat yang bisa menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh. Untuk itu cara menyiasatinya adalah dengan menyertakan konsumsi vitamin C dalam membantu proses penyerapan zat besi.

4. Melindungi kesehatan mata

Manfaat bayam bagi kesehatan tubuh yang tidak kalah penting adalah mampu melindungi kesehatan mata. Kandungan karotenoid yang diperoleh dalam bayam, seperti beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin, diyakini dapat melindungi kesehatan mata dan mengurangi risiko berbagai penyakit, seperti rabun senja dan degenerasi makula.

5. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Salah satu manfaat dari mengonsumsi bayam yang dapat diperoleh adalah mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Hal tersebut karena bayam memiliki kandungan nitrat yang bisa mengurangi tekanan darah dan menurunkan risiko terkena penyakit gangguan pada jantung.

6. Membantu melindungi kesehatan kulit

Seperti yang sudah diketahui, bayam memiliki kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya, sehingga sangat baik dalam menjaga dan melindungi kesehatan kulit dari dalam, terutama dari paparan radikal bebas.

7. Membantu Mencegah kanker

Kandungan lutein, karotenoid, dan zeaxanthin yang tinggi yang terdapat pada bayam, dapat membantu melawan dan menghilangkan radikal bebas dari dalam tubuh. Dengan demikian, risiko terkena kanker pun akan berkurang.

Tapi, perlu diingat bahwa mengonsumsi bayam saja tidak cukup untuk melindungi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Anda disarankan untuk tetap melakukan pola hidup sehat, seperti berolahraga secara rutin, mengonsumsi makanan bergizi, dan memenuhi waktu untuk istirahat.

Baca Juga : Manfaat Olahraga Rutin

8. Mengurangi risiko gejala asma

Asma


Manfaat bayam bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah mampu mengurangi resiko gejala asma. Sayuran tersebut kaya akan antioksidan, mulai dari vitamin C, vitamin E, dan beta karoten. Seluruh nutrisi tersebut bisa membantu fungsi kerja paru-paru, dan bayam memiliki kandungan ketiganya. 

Konsumsi makanan yang kaya antioksidan seperti buah-buahan dan sayuran, bisa membantu menurunkan keparahan gejala asma dan menurunkan risiko serangan berulang.

9. Melindungi kesehatan tulang

Kesehatan tulang


Rendahnya asupan vitamin K mempunyai korelasi untuk risiko patah tulang yang lebih tinggi. Konsumsi vitamin K menjadi sebuah bagian yang cukup penting dalam melindungi kesehatan dan kekuatan tulang yang baik. 

Vitamin K bekerja sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan proses penyerapan kalsium, dan bisa menurunkan jumlah kalsium yang keluar dari tubuh melalui urine. Bayam memiliki kandungan vitamin K, sehingga mempunyai potensi untuk melindungi kesehatan tulang.

Baca Juga : Cara Menjaga Kekuatan otot agar Kuat dan Fleksibel

10. Memaksimalkan kesehatan rambut

Manfaat bayam berikutnya adalam dapat membantu memaksimalkan kesehatan rambut. Sayuran hijau tersebut memiliki kandungan sejumlah besar vitamin A, yang memoderasi produksi minyak di pori-pori kulit dan folikel rambut. Saat folikel rambut meningkat kesehatannya, maka pertumbuhan rambut akan menjadi lebih sehat.

Di samping itu, kekurangan zat besi merupakan faktor penyebab membuat kerontokan rambut, yang bisa Anda cegah dengan makan makanan yang kaya zat besi, seperti bayam.

11. Membantu meningkatkan kesehatan pencernaan

Sayuiran yang satu ini kaya akan serat dan air, yang keduanya dapat membantu mencegah sembelit atau susah buang air besar dan meningkatkan sistem saluran pencernaan yang sehat. 

Menurut riset di University of Tokushima School of Medicine menunjukan, glycoglycerolipid yang ada pada bayam dapat membantu menjaga lapisan sistem saluran pencernaan.

Baca Juga : Cara Mengatasi Sembelit

12. Menjaga tekanan darah agar terkontrol dengan baik

Manfaat bayam bagi kesehatan tubuh yang tidak kalah penting adalah mampu menjaga tekanan darah agar tekontrol dengan baik. Sayur tersebut juga mengandung nitrat yang bertugas mengendalikan tekanan darah sehingga Anda akan terhindar dari bermacam-macam gangguan serangan jantung. 

Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba makan bayam secara teratur, supaya kondisi kesehatan jantung dapat terlindungi dengan baik.

13. Membantu menurunkan berat badan

Apabila Anda ingin menurunkan berat badan, cobalah untuk rutin makan sayur bayam. Sayuran tersebut dapat membantu Anda menurunkan berat badan karena kandungan kalorinya yang rendah.

Di samping itu, serat dalam sayuran tersebut juga dapat membantu Anda merasakan kenyang lebih lama dan mengendalikan nafsu makan menjadi lebih baik.

Baca Juga : Cara Menjaga Berat Badan Ideal

14. Memaksimalkan kesehatan otak

Manfaat bayam bagi kesehatan tubuh yang terakhir adalah mampu memaksimalkan kesehatan otak. Sayuran hijau tersebut sangat baik untuk memaksimalkan kesehatan otak khususnya untuk kelompok para lansia. Hal tersebut karena kandungan antioksidan dan vitamin K yang dapat membantu sistem kejra saraf pada otak menjadi lebih sehat.

Efek Samping Konsumsi Bayam Berlebih

Meskipun sangat menyehatkan, namun perlu diperhatikan jumlah yang Anda makan setiap harinya. Karena, konsumsi bayam dapat mengakibatkan berbagai efek samping, seperti:

1. Penyakit batu ginjal

Apabila berlebihan makan sayur bayam dapat mengakibatkan penyakit batu ginjal. Hal tersebut karena kandungan kalsium dan oksalat yang cukup tinggi yang terdapat pada sayuran tersebut.

Baca Juga : Cara Mengetahui Kesehatan Ginjal dan Cara Menjaganya

2. Penyakit pembekuan darah

Sayur bayam memiliki kandungan vitamin K1 yang cukup tinggi. Vitamin tersebut bertugas untuk proses pembekuan darah.

Makan sayur bayam dalam jumlah yang berlebihan dapat mengakibatkan pembekuan darah yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Cara Untuk Mengolah Bayam

Sebelum menjadikan sayur bayam sebagai bahan olahan sehat, pastikan Anda telah membersihkannya terlebih dahulu. Caranya, dengan cuci bersih sayur bayam yang akan Anda olah.

Lalu, pisahkan daun dan batangnya. Diamkan sampai bayam kering untuk kemudian dapat Anda olah menjadi sebuah menu makanan atau makanan yang menarik.

Segera konsumsi sayuran tersebut sebelum mengalami perubahan fisik dan bau. Apabila berubah warna menjadi kehitaman, berlendir, dan aroma yang kurang sedap, berarti bayam sudah tidak layak untuk diolah dan dikonsumsi.

Bayam yang telah mengalami perubahan fisik dan bau, sebaiknya jangan dimakan karena mengandung bakteri E.coli yang bisa memicu beberapa gangguan kesehatan.

Di Indonesia, sayur bayam sering diolah menjadi sayur bening.

Related Posts:

0 Response to "Manfaat Bayam Bagi Kesehatan Tubuh Beserta Kandungan Nutrisi, Efek Samping dan Cara Mengolahnya"

Post a Comment