Tips Mencerahkan Wajah Secara Alami



Agar memperoleh kulit wajah cerah tidak selalu harus dengan produk perawatan kulit atau prosedur kecantikan yang menguras dompet. Terdapat beberapa cara mencerahkan wajah secara alami yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh kulit wajah yang Anda dambakan.

Mempunyai kulit wajah cerah merona adalah impian setiap orang. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang melakukan beraneka ragam jenis perawatan dan menggunakan produk perawatan wajah yang harus menguras dompet supaya kulit tampak lebih cerah.

Tidak perlu mahal, produk perawatan pencerah wajah dengan kandungan seperti niacinamide (vitamin B3) bisa membantu mempercepat regenerasi sel di permukaan kulit dan mengurangi timbulnya kerutan.

Cerahkan Kulit Wajahmu dengan beberapa tips berikut ini

Terdapat beberapa cara mencerahkan wajah secara alami yang juga cukup efektif, lebih terjangkau, dan relatif lebih aman, jika dibandingkan prosedur kecantikan atau pemakaian produk-produk perawatan kulit tertentu. Berikut ini merupakan beberapa cara mencerahkan wajah secara alami yang bisa Anda lakukan:

1. Rutin mencuci wajah



Wajah yang bersih adalah kunci dari kulit yang cerah dan sehat. Bersihkan wajah Anda secara rutin paling tidak 2 kali sehari, yaitu ketika malam hari sebelum tidur dan pagi hari sesudah bangun tidur. Ketika mencuci wajah, coba pakai sabun berbahan lembut agar dapat mencegah kulit wajah mengalami iritasi.

Anda juga disarankan untuk membersihkan wajah setiap selesai berolahraga atau bepergian ke luar rumah agar dapat menghilangkan bakteri dan keringat berlebihan pada wajah. Setelah mencuci wajah, pakailah pelembap kulit untuk menjaganya agar tetap lembap dan berseri.

2. Konsumsi makanan yang baik untuk kesehatan kulit



Supaya kulit wajah terlihat lebih cerah, perbanyaklah untuk konsumsi makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit, seperti:

  • Protein, terutama kolagen
  • Lemak sehat, seperti asam oleat dan omega-3
  • Zinc
  • beraneka ragam vitamin, termasuk vitamin A, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E
  • Antioksidan.

Beraneka ragam nutrisi itu dapat diperoleh pada tiap makanan-makanan bernutrisi tinggi, seperti kangkung, bayam, rumput laut, ikan, telur, alpukat, dan yoghurt.

Dalam menjaga kulit supaya tetap sehat dan tampak lebih cerah, coba kurangi konsumsi makanan olahan atau makanan yang memiliki kandungan gula tinggi, lemak, danradikal bebas. Hindari juga konsumsi alkohol atau kafein berlebihan karena bisa menjadikan kulit tampak kering.

3. Jaga wajah dari paparan sinar matahari

Cara mencerahkan wajah secara alami berikutnya adalah dengan menghindari paparan sinar matahari yang memiliki kandungan sinar ultraviolet (UV) ketika siang hari. Karena, intensitas sinar UV tertinggi terjadi ketika pukul 11.00-15.00 siang. Sering terkena sinar UV dalam jangka waktu lama bisa meningkatkan risiko kerusakan pada kulit, penuaan dini, bahkan risiko kanker kulit.

Tapi, jangan sampai hal tersebut menghambat kegiatan Anda pada siang hari. Pakailah pakaian berlengan panjang, kacamata hitam,  dan topi, dan juga jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya  sebelum beraktivitas di luar ruangan.

4. Miliki Istirahat yang cukup



Tidur adalah suatu proses alami tubuh dalam memperbaiki sel kulit yang rusak karena terkena paparan radikal bebas yang berlebih. Radikal bebas tersebut dapat meningkat jumlahnya apabila tubuh sering stres, terpapar sinar matahari, dan polusi atau asap rokok. Apabila Anda kurang tidur, maka kulit wajah akan terlihat lebih kusam, serta memicu timbulnya garis halus dan lingkaran hitam di sekitar mata (mata panda).

Pastikan Anda tidur paling tidak 7-9 jam sehari dan hindari makanan berat atau mengonsumsi kopi 6 jam sebelum tidur untuk memperoleh tidur yang berkualitas.

5. Kelola stres dengan baik

Cara mencerahkan wajah secara alami yang tidak kalah penting adalah dengan mengelola stres dengan baik. Stres tidak hanya akan menjadikan kulit Anda lebih kusam, tapi juga bisa meningkatkan risiko terjadinya masalah kulit, seperti jerawat.

Oleh karena itu, Anda harus mengelola stres dengan baik agar memperoleh kulit wajah cerah dan sehat. Mengelola stres dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti rutin berolahraga, mengerjakan hobi, dan melakukan relaksasi, yoga, atau meditasi.

Baca Juga : Bahaya Stres Berkepanjangan

6. Berolahraga secara rutin



Berolahraga secara rutin tidak hanya bisa melindungi kesehatan tubuh, namun juga memelihara kelenturan kulit wajah supaya kulit terlihat cerah dan awet muda. Oleh sebab itu, lakukan olahraga ringan, misalnya joging, secara rutin setidaknya 30 menit tiap hari.

Baca Juga : Manfaat Olahraga Rutin

7. Penuhilah kebutuhan cairan tubuh

Cara mudah lainnya untuk mencerahkan wajah secara alami adalah memenuhi kebutuhan cairan. Air dapat menjaga kelembapan kulit dan menjaga jaringan kolagen.

Kedua hal tersebut berperan penting dalam membuat kulit terlihat lembut, padat, dan bercahaya.

Sumber cairan terbaik untuk kulit adalah air, sayuran, dan buah-buahan. Hindari cairan dalam bentuk minuman beralkohol karena alkohol mempunyai sifat menarik air.

Konsumsi alkohol secara berlebihan bisa membuat kulit menjadi lebih kering, kasar, dan kusam.

8. Perbanyak konsumsi buah tinggi vitamin C

Vitamin C bekerja dengan meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit menjadi kencang dan bercahaya.

Sebuah riset juga menyatakan bahwa penggunaan produk skincare mengandung vitamin C selama 12 minggu bisa menunda gejala penuaan dini.

Vitamin tersebut terbukti mampu mengurangi keriput, mencegah kerusakan kulit, dan meningkatkan produksi kolagen yang adalah penyokong jaringan kulit.

Anda dapat memperoleh manfaat tersebut dengan mengonsumsi jeruk, pepaya, mangga, dan jambu biji.

9. Pakailah skincare alami



Cara mencerahkan wajah secara alami yang terakhir adalah dengan memakai skincare alami. Beberapa Penelitian menyatakan bahwa bahan-bahan alami, seperti minyak zaitun, lidah buaya, dan kopi, mengandung antioksidan yang bisa menjaga kulit dari kuman dan paparan zat yang berbahaya. Di samping itu, bahan alami tersebut juga diyakini sangat efektif dalam menangani jerawat dan kerap digunakan sebagai pembersih makeup.

Untuk mencerahkan wajah, Anda dapat mengoleskan minyak zaitun atau lidah buaya seperlunya ke wajah sebelum tidur malam. Pijat selama beberapa menit, setelah itu bilas dengan air bersih atau pakailah tisu wajah yang lembut.

Biarkan lapisan tipis minyak kelapa yang tertinggal di wajah semalaman, kemudian bilas kembali hingga bersih pada keesokan harinya.

Selain dengan beberapa langkah di atas, cara mencerahkan wajah secara alami juga dapat dilakukan dengan cara tidak merokok atau menjauhi paparan asap rokok. Kandungan racun yang terdapat pada rokok dan asapnya bisa menjadikan kulit lebih kering, kusam, dan cepat rusak.

Mengingat jenis kulit wajah tiap orang berbeda, ada baiknya konsultasikan lebih dahulu dengan dokter kulit sebelum Anda melakukan cara mencerahkan wajah secara alami di atas. Dokter pasti akan membantu menentukan cara mencerahkan wajah yang tepat dan sesuai dengan tipe kulit wajah Anda.

Baca Juga : Pentingnya memiliki waktu tidur berkualitas

                     Makanan sehat dan bergizi, Cara Menjaga Kesehatan

                      


Related Posts:

0 Response to "Tips Mencerahkan Wajah Secara Alami"

Post a Comment