Manfaat Pare untuk Kesehatan Tubuh Manusia Beserta Cara Mengolahnya

Pare


Manfaat Pare untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Anda penggemar pare? Pastikan mengerti manfaat pare berikut ini!

Mungkin kebanyakan orang yang tidak suka mengonsumsi pare karena rasanya yang sangat pahit. Semakin matang pare tersebut, maka rasa dari pare pun akan semakin pahit.

Pare atau Momordica charantia merupakan tanaman merambat tropis yang termasuk dalam golongan labu dan berhubungan erat dengan zucchini, labu, dan mentimun.

Meski rasanya yang pahit, tapi tanaman tersebut dikembangbiakan di seluruh dunia karena buahnya yang bisa dikonsumsi.

Pare juga menjadi salah satu menu makanan pokok dalam berbagai jenis menu masakan Asia.

Pare yang tumbuh di Cina pada umumnya berukuran panjang, hijau pucat, dan ditutupi oleh benjolan yang menyerupai kutil.

Selain itu, pare yang tumbuh di India berukuran lebih kecil; dan mempunyai ujung runcing dengan paku yang kasar dan bergerigi di kulitnya.

Kandungan Pare

Tapi, meskipun mempunyai rasa yang pahit dan bentuknya yang khas, manfaat pare untuk kesehatan tubuh ternyata sangat banyak dan sehingga sayang apabila dilewatkan.

Dalam satu cangkir sekitar 93 gram pare mentah memiliki beraneka ragam nutrisi seperti:

  • Kalori: 19
  • Karbohidrat: 3 gram
  • Serat: 2 gram
  • Vitamin C: 92% dari Reference Daily Intake (RDI) atau rekomendasi harian
  • Vitamin A: 43% dari Reference Daily Intake (RDI) atau rekomendasi harian
  • Folat: 16% dari Reference Daily Intake (RDI) atau rekomendasi harian
  • Kalium: 7% dari Reference Daily Intake (RDI) atau rekomendasi harian
  • Seng: 4% dari Reference Daily Intake (RDI) atau rekomendasi harian
  • Besi: 3% dari Reference Daily Intake (RDI) atau rekomendasi harian

Manfaat pare bagi kesehatan tubuh juga kaya akan kandungan vitamin C, yaitu mikronutrien penting yang terlibat langsung dalam pencegahan penyakit, pembentukan tulang, dan penyembuhan luka.

Pare juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, vitamin yang dapat larut dalam lemak yang dapat meningkatkan kesehatan kulit dan penglihatan.

Dalam pare juga meiliki kandungan folat, yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan, serta jumlah yang lebih kecil dari kalium, seng, dan besi.

Baca Juga : Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan Tubuh dan Kandungan Nutrisinya

Pare juga berperan sebagai sumber katekin, asam galat, epikatekin, dan asam klorogenat yang baik, mereka merupakan senyawa antioksidan kuat yang bisa membantu menjaga sel dari kerusakan.

Pare juga rendah kalori tapi tinggi akan serat. Nah, untuk mencari tahu lebih lanjut lagi, mari simak beraneka ragam manfaat pare untuk kesehatan tubuh berikut ini.

Manfaat Buah Pare untuk Kesehatan Tubuh

Pare


Penasaran bukan apa saja manfaat pare untuk kesehatan tubuh dengan melihat kandungan nutrisinya? Berikut penjelasannya :

1. Pare Membantu Menurunkan Gula Darah

Manfaat pare untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah membantu menurunkan gula darah. Pare telah dihubungkan dengan penurunan gula darah dalam tubuh.

Hal tersebut karena pare mempunyai sifat yang bekerja seperti insulin, yang dapat membantu mengalirkan glukosa ke dalam sel untuk diubah menjadi sebuah energi.

Konsumsi pare bisa membantu sel tubuh memanfaatkan glukosa dan mengalirkannya ke hati, otot, dan lemak.

Pare juga bisa membantu tubuh dalam mempertahankan nutrisi dengan mencegah konversi mereka menjadi glukosa yang berakhir di aliran darah.

Meksipun pare bukanlah pengobatan yang direkomendasikan untuk mengobati pra diabetes atau diabetes, tapi pare telah terbukti bisa mengelola gula darah.

Beberapa riset telah meneliti pare dan diabetes.

Tapi sebagian besar mengajurkan melakukan lebih banyak lagi penelitian sebelum memakai bentuk olahan pare apa saja untuk dibuat menjadi sebuah obat diabetes.

Sebuah penelitian di Journal Ethnopharmacology membandingkan efektivitas kinerja pare dengan obat diabetes.

Penelitian itu menunjukan bahwa pare memang dapat menurunkan kadar fruktosamin dengan peserta diabetes tipe 2.

Tapi, hal tersebut kurang efektif jika dibandingkan dengan dosis rendah dari obat yang diabetes.

Baca Juga : Cara Menjaga Gula Darah Tetap Normal

2. Membantu Melawan Kanker

Pare


Riset menyatakan bahwa pare memiliki kandungan senyawa tertentu dengan sifat membantu melawan kanker. Hal tersebut juga dapat menjadi manfaat buah pare yang layak diketahui.

Riset di jurnal Evidence Based Complementary and Alternative Medicinemenyatakan bahwa ekstrak pare efektif dalam membunuh sel kanker perut, usus besar, paru-paru, dan nasofaring, yakni pada bagian yang terletak di belakang hidung dan di belakang tenggorokan.

Tapi tetap, riset lebih lanjut dibutuhkan untuk memastikan bagaimana pare bisa mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan kanker terhadap manusia jika dikonsumsi dalam kadar normal.

Baca Juga : Manfaat Sawi untuk Kesehatan Tubuh Beserta Kandungan Nutrisinya

3. Membantu Mengurangi Kadar Kolesterol

Manfaat Pare untuk kesehatan tubuh manusia berikutnya adalah membantu mengurangi kadar kolesterol. 

Kondisi kolesterol yang tinggi biasanya bisa mengakibatkan penumpukan plak lemak di arteri, sehingga menjadikan jantung bekerja lebih ekstra dalam memompa darah dan meningkatkan potensi risiko penyakit jantung. 

Beberapa riset terhadap hewan memperoleh bahwa pare bisa menurunkan kadar kolesterol untuk membantu kesehatan jantung secara menyeluruh.

Satu penelitian terhadap tikus dengan diet tinggi kolesterol yang dijelaskan pada National Center for Biotechnology Information meneliti bahwa pemberian ekstrak pare mengakibatkan penurunan yang signifikan dalam kadar kolesterol total, kolesterol LDL "jahat", dan juga trigliserida.

Tapi, riset saat ini tentang potensi penurun kolesterol dari pare sebagian besar masih terbatas terhadap riset pada hewan yang memakai ekstrak pare dosis besar.

Penelitian tambahan dibutuhkan untuk memastikan apakah efek yang sama juga berlaku bagi manusia yang mengonsumsi pare sebagai sebuah bagian dari diet seimbang.

Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat pare untuk kesehatan tubuh manusia adalah membantu menurunkan berat badan. Apakah Anda sedang dalam program penurunan berat badan?

Mungkin Anda dapat memperolehnya apabila rutin makan pare. Manfaat pare untuk kesehatan juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Sayuran tersebut dapat menjadi tambahan yang baik untuk program penurunan berat badan, karena kandungan kalori tapi memiliki kandungan serat yang tinggi serat.

Serat yang terdapat pada pare akan melewati sistem saluran pencernaan dengan sangat lambat, yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan menurunkan rasa lapar dan nafsu makan.

Maka dari itu, dengan menukar makanan berkalori tinggi dengan pare bisa membantu menambah asupan serat dan menurunkan kadar kalori untuk mengurangi berat badan.

Berbagai riset juga menyatakan bahwa manfaat pare bisa mempunyai efek menguntungkan terhadap proses pembakaran lemak dan penurunan berat badan.

Satu penelitian misalnya yang ditunjukan oleh Nutrition Journal memperoleh hasil bahwa dengan mengonsumsi kapsul yang mengandung 4,8 gram ekstrak pare setiap hari mengakibatkan penurunan lemak perut yang signifikan.

Tapi, penelitian tersebut dilakukan dengan memakai suplemen pare dosis tinggi.

Masih belum jelas apakah makan pare sebagai bagian dari diet rutin akan mempunyai efek menguntungkan yang sama terhadap kesehatan atau tidak.

Baca Juga : Cara Diet Aman dan Sehat

5. Membantu Mengatasi Batu Ginjal

Manfaat pare untuk kesehatan tubuh berikutnya adalah mampu membantu mengatasi batu ginjal. Batu ginjal merupakan sebuah situasi medis yang sangat menyakitkan.

Manfaat buah pare untuk kesehatan bisa membantu dalam membersihkan tubuh dari batu ginjal melalui sifat proses pemecahannya secara alami.

Pare menurunkan asam tinggi yang membantu menghasilkan batu ginjal yang menyakitkan.

Anda dapat mencampurkan bubuk pare dengan air untuk membuat teh yang menyehatkan.

Teh tersebut mempunyai rasa yang mungkin mengejutkan tapi banyak manfaat.

Baca Juga : Cara Mengetahui Kesehatan Ginjal dan Cara Menjaganya

6. Melindungi Kesehatan Kulit

Manfaat pare juga dapat melindungi kesehatan kulit. Makanan atau minuman yang diperoleh dari pare tersebut juga bermanfaat bagi kulit. Apabila dikonsumsi secara teratur, pare dipercaya akan memberikan efek glowing terhadap kulit.

Ia juga akan membantu dalam mengobati jerawat, psoriasis, dan eksim.

Anda dapat mencoba mengolah sup pare untuk menghilangkan salah satu kondisi kulit tersebut atau untuk memperoleh kulit yang lebih cantik.

Baca Juga : Tips Mencerahkan Wajah Secara Alami

7. Sebagai Sumber Vitamin K

Vitamin K berperan penting terhadap kesehatan tulang, pembekuan darah, dan anti-inflamasi. Makan sayuran tersebut bisa membantu memberikan asupan vitamin K.

Untuk Anda yang mengidap penyakit artritis bisa mengalami nyeri yang lebih rendah dan peradangan terhadap persendian melalui peningkatan vitamin K yang terdapat di dalam pare.

Jadi, Anda kini sudah mengerti manfaat pare untuk kesehatan yang tidak kalah penting tersebut.

Baca Juga : Lakukan Gerakan ini Supaya Otot Kaki Kuat dan fleksibel

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat pare juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang sehat sangat penting untuk menangkal potensi infeksi dan penyakit.

Tambahkan juga pare yang enak dan mudah dihidangkan tersebut untuk memperoleh manfaat kesehatan tambahan tersebut.

Mengatasi atau mencegah pilek secara instan sambil tetap bermanfaat bagi sistem pencernaan.

Manfaat pare akan membantu mengatasi atau mengurangi alergi makanan, dan membuang infeksi jamur secara alami.

Bonus tambahan dari pare adalah mengurangi refluks asam dan gangguan terhadap pencernaan.

Baca Juga : Makanan Sehat dan Bergizi yang Perlu di Konsumsi Setiap Hari

9. Membantu Membersihkan Lever

Manfaat buah pare untuk kesehatan juga diyakini dapat memberikan manfaat seperti membantu membersihkan organ hati seperti tonik.

Sebuah tonik membantu proses pencernaan, meningkatkan fungsi kandung empedu, dan mengurangi retensi cairan.

Sirosis hati, hepatitis, dan sembelit juga bisa diturunkan dengan konsumsi pare. Cobalah untuk minum jus pare paling tidak sekali sehari untuk dapat memperoleh manfaatnya.

Tonik tersebut juga membantu mengurangi berat badan, dan dapat meredakan gejala sistem usus  yang mudah terganggu.

10. Membantu Proses Pencernaan Karbohidrat

Manfaat pare untuk kesehatan tubuh yang terakhir adalah mampu membantu proses pecernaan karbohidrat. Hal tersebut adalah manfaat pare untuk kesehatan yang sangat penting untuk mereka yang mengidap diabetes tipe 2.

Karbohidrat dirubah menjadi gula, dan pare memetabolisme gula tersebut.

Metabolisme karbohidrat yang lebih cepat menjadikan lebih sedikit lemak yang disimpan dalam tubuh yang dapat mengakibatkan penurunan berat badan, dan perlindungan berat badan yang sehat.

Proses pencernaan karbohidrat yang benar juga membantu pertumbuhan dan perkembangan otot.

Anda dapat mengolah menjadi tumis pare untuk saran menu masakan dan Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dari pare.

Efek Samping Makan Pare

Anda sudah mengerti beraneka ragam manfaat pare untuk kesehatan. Namun, pastinya sayuran tersebut bisa memberikan efek tertentu jika dimakan secara berlebihan.

Saat dinikmati dalam jumlah sedang, pare dapat menjadi tambahan yang sehat dan bergizi.

Tapi, makan pare dalam kadar jumlah tinggi atau mengonsumsi suplemen pare bisa dihubungkan dengan beberapa efek samping.

Secara khusus, pare telah dihubungkan dengan diare, muntah, dan sakit perut.

Beberapa macam risiko dan komplikasi pare sebagai berikut:

  • Diare, muntah, dan masalah pada usus lainnya.
  • Mengurangi gula darah yang berbahaya apabila diambil dengan insulin.
  • Kerusakan hati.
  • Anemia
  • Masalah dalam mengendalikan gula darah terhadap Anda yang baru saja mengalami peningkatan kadar gula darah.

Pare juga tidak dianjurkan bagi wanita yang sedang hamil, karena efek jangka panjangnya bagi kesehatan belum dipelajari lebih lanjut.

Mengutip dari WebMD, bahan kimia tertentu yang terdapat pada pare bisa mengakibatkan perdarahan menstruasi dan mengakibatkan aborsi terhadap hewan.

Tapi, belum cukup diketahui tentang keamanan mengonsumsi pare ketika menyusui. Tetap pilih cara yang aman saja ya.

Karena dampaknya terhadap gula darah, Anda harus meminta petunjuk dengan dokter sebelum mengonsumsinya apabila sedang mengonsumsi obat penurun gula darah.

Di samping itu, cobalah untuk bertanya juga dengan dokter sebelum membuatnya menjadi suplemen Apabila Anda mempunyai kondisi kesehatan yang mendasarinya atau sedang mengonsumsi obat apa saja, dan pastikan untuk memakainya sesuai dengan petunjuk.

Baca Juga : Manfaat Makan Tomat Mentah bagi Kesehatan TubuhManfaat Kubis Beserta Kandungan NutrisinyaManfaat Brokoli untuk Kesehatan Tubuh Beserta Kandungan Nutrisinya

Cara Menghilangkan Rasa Pahit Pare

Pare dikenal sebagai sayuran yang sangat pahit dan hal tersebut menjadikan tidak semua orang dapat menikmatinya.

Tapi, Anda bisa menjalankan beberapa langkah agar dapat menghilangkan rasa pahit pare.

1. Mengupas Permukaan yang Kasar

Dengan bantuan pengupas, kupas kulit pare dengan hati-hati hingga halus.

Hal tersebut akan sangat mengurangi rasa pahit pada pare. Anda dapat menambahkan kulitnya ke adonan paratha untuk rasa gurih yang enak dan lezat.

2. Hilangkan Benihnya

Sesusdah selesai mengupas permukaan yang kasar, iris dan hilangkan bijinya sebelum dimasak.

3. Gosok Menggunakan Garam

Gosok dan rendam pare menggunakan garam selama 25-30 menit.

Garam dapat membantu membuang sari buah pahit. Peras sarinya, cuci bersih, dan Anda bisa mengolahnya tanpa rasa pahit.

4. Rendam Menggunakan Yoghurt yang Diencerkan

Anda juga dapat merendam pare menggunakan yoghurt encer selama kurang lebih satu jam atau lebih sebelum mulai mengolahnya, supaya tidak terlalu pahit dan lebih enak.

Itu ulasan mengenai beraneka ragam manfaat buah pare untuk kesehatan tubuh manusia, saran porsi, efek samping, serta cara menghilangkan rasa pahit dari pare.


Related Posts:

0 Response to "Manfaat Pare untuk Kesehatan Tubuh Manusia Beserta Cara Mengolahnya"

Post a Comment