Cara Mengetahui Kesehatan Ginjal dan Cara Menjaganya




Cara Mengetahui Kesehatan Ginjal dan Cara Menjaganya

Air kencing atau Urine yang jernih adalah salah satu tanda bahwa ginjal bekerja dengan baik. Sudahkah Anda memahami sebenarnya apa saja tanda ginjal yang sehat?

Pada kenyataanya, ginjal merupakan 2 organ berbentuk menyerupai kacang yang bertugas membantu tubuh membuang limbah dalam bentuk air kencing atau urine. Ginjal melakukan berbagai fungsi penting, seperti dalam melindungi keseimbangan cairan dalam tubuh, dan juga mengendalikan serta menyaring mineral dari darah.Tidak sampai disitu saja, organ ginjal yang terdapat pada manusia juga berguna dalam menyaring bahan limbah dari makanan, obat-obatan, dan zat beracun lainnya. Organ tersebut juga menciptakan hormon yang dapat  membantu menghasilkan sel darah merah, meningkatkan kesehatan tulang, dan juga mengendalikan tekanan darah. Dengan kegunaan tersebut yang begitu penting, sudah sepantasnya kesehatan ginjal dijaga dengan sebaik-baiknya. Lalu, bagaimana cara mengetahui kesehatan ginjal tersebut? supaya tidak salah pengertian, mari simak ulasan di bawah ini, ya.

Penyakit ginjal adalah masalah kesehatan yang sering tidak diketahui sampai dapat  menjadi sangat parah. Apabila sudah parah, seseorang memerlukan cuci darah (hemodialisis) atau bahkan transplantasi ginjal.

Nah, untuk langkah dalam mendeteksi sejak awal, ketahui tanda kesehatan ginjal di bawah ini, ya.

1. Air kencing atau Urine Jernih

Cara mengetahui kesehatan ginjal yang pertama adalah melalui air kencing atau urine yang jernih. Apabila air kencing atau urine jernih, berarti tubuh terhidrasi dengan baik. Dengan terpenuhinya kebutuhan cairan harian dalam tubuh akan berperan penting dalam membantu ginjal supaya bisa bekerja dengan baik. Jika ginjal mengalami masalah, biasanya air kencing atau urine akan berubah warna sampai berbusa bahkan tidak jarang disertai dengan darah. Tanda ginjal sehat menyaring 200 liter darah setiap hari serta ada 2 liter zat buangan yang harus dibuang melalui air kencing atau urine. Apabila buang air kecil sangat jarang atau dalam kuantitas yang lebih sedikit dari pada biasanya bisa jadi tanda ginjal tidak sehat.

2. Tidur dengan Baik

Tidur dengan baik juga merupakan tanda kesehatan ginjal. Karena, pengidap gangguan tidur sleep apnea umumnya mempunyai masalah terhadap organ ginjal. Tanda ginjal sehat adalah organ tersebut dapat memproduksi hormon eritropoietin untuk meningkatkan produksi sel darah merah baru. Jika ginjal tidak bekerja dengan baik, maka bermacam-macam kotoran seperti racun dan zat sisa akan menumpuk dalam darah. Hal tersebut yang dapat membuat kesulitan tidur. Penumpukan zat racun juga dapat mengganggu aliran darah ke otak, sehingga dapat menyebabkan kesulitan konsentrasi, berkurangnya selera makan, dan selalu merasa cepat lelah. 

Baca Juga : Pentingnya Memiliki Waktu Tidur Berkualitas

3. Tidak terjadinya Kram atau Bengkak pada Bagian Tubuh

Cara mengetahui kesehatan ginjal berikutnya adalah tubuh yang normal, dalam artian tidak terdapat tanda kram otot atau bengkak di beberapa bagian tubuh tertentu. Ginjal sehat akan mengontrol produksi dan keseimbangan asam basa (pH) dengan baik. Namun, jika ginjal tidak bekerja dengan baik, maka keseimbangan elektrolit dan mineral yang terganggu bisa mengakibatkan kram otot. Terdapat kemungkinan juga akan muncul suatu pembengkakan pada area wajah dan kedua mata. Gangguan itu juga bisa membuat kulit terasa gatal dan kering. Setiap orang akan kehilangan sedikit fungsi ginjal sejalan bertambahnya umur. Orang bahkan bisa bertahan hidup hanya dengan 1 ginjal apabila mereka menyumbangkan yang lain kepada kerabat atau anggota keluarga. Namun, saat fungsi ginjal turun karena penyakit ginjal yang jadi penyebabnya, hal tersebut adalah sesuatu yang harus dikhawatirkan. Racun dan cairan berlebih bisa menumpuk di darah. Produksi hormon yang turun bisa mengakibatkan beberapa masalah lain. Sekitar 1 dari 10 manusia dewasa secara nasional, atau sekitar 20 juta manusia, mempunyai paling tidak beberapa tanda kerusakan pada ginjal.

Cara Mengetahui Kesehatan Ginjal

Apabila penyakit ginjal diperoleh dan diobati sejak awal Anda bisa memperlambat atau bahkan mencegahnya supaya tidak semakin parah. Rata-rata orang dengan penyakit ginjal awal tidak mempunyai tanda, sehingga penting untuk dimengerti tanda ginjal sehat melalui uji laboratorium.

1. Melakukan Tes Urine



Tes Urine disebut ACR, yang digunakan dalam mengukur rasio albumin terhadap kreatinin.

Urine akan diuji agar dapat diketahui apakah terdapat kandungan albumin atau tidak. Albumin adalah sejenis protein. Tubuh memerlukan protein. Namun itu harus berada  dalam darah, bukan urine. Mempunyai protein dalam urine dapat menjadi sebuah tanda bahwa ginjal tidak menyaring darah dengan cukup baik.

Hal tersebut dapat menjadi tanda awal penyakit ginjal. Apabila tes urine kembali "positif" untuk protein, tes harus dilakukan ulang untuk memastikan hasilnya. Tiga hasil positif dalam kurun waktu tiga bulan atau lebih merupakan tanda penyakit ginjal.

2. Melakukan Tes Darah



Tes darah dilakukan agar dapat mengetahui GFR (glomerular filtration rate). Darah akan diuji untuk produk limbah yang disebut kreatinin.

Kreatinin bersumber dari jaringan otot. Saat ginjal rusak, mereka akan mengalami kesulitan membuang kreatinin dari darah. Pengujian kreatinin merupakan langkah pertama. Setelah itu, hasil kreatinin dipakai dalam rumus matematika untuk mengetahui laju GFR. Hal ini berguna untuk mengetahui seberapa baik kondisi ginjal yang sedang diperiksa.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Organ ginjal sangat penting bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh, jadi harus dijaga kesehatannya dengan baik.

Sesudah mengetahui apa saja yang menjadi tanda kesehatan ginjal, Dibawah ini ada 5 cara gaya hidup sederhana yang bisa menjaga ginjal supaya tetap dalam kondisi prima.

1. Menjaga Agar Tetap Terhidrasi

Cara menjaga kesehatan ginjal yang pertama adalah dengan minum banyak cairan akan membantu ginjal supaya tetap sehat dan bekerja dengan baik. Urine harus berwarna jernih. Apabila lebih gelap mungkin bisa jadi merupakan tanda dehidrasi.

Ketika musim kemarau atau saat berolahraga berat, Anda harus minum lebih banyak air dari kondisi biasanya agar dapat mengganti cairan yang hilang karena keluarnya keringat. Baca Juga : Manfaat Air Putih

2. Menjaga Pola Makan Sehat



Cara menjaga kesehatan ginjal berikutnya adalah menjaga pola makan sehat. Dengan diet seimbang memastikan tubuh memperoleh semua vitamin dan mineral yang diperlukan.

Konsumsilah banyak buah dan sayuran, biji-bijian, pasta, gandum, roti juga nasi. Kurangi mengkonsumsi makanan yang asin dan berlemak. 

Baca Juga : Makanan Sehat 

3. Selalu Memperhatikan Tekanan Darah

Cara menjaga kesehatan ginjal yang ketiga adalah dengan selalu memperhatikan tekanan darah. Periksakan tekanan darah secara rutin. tekanan darah tinggi tidak mempunyai gejala, namun bisa meningkatkan risiko masalah ginjal dan jantung.

Anda dapat memperoleh pemeriksaan tekanan darah yang sederhana di klinik terdekat atau di apotek. Apabila tekanan darah lebih tinggi dari yang semestinya, dokter umum bisa menganjurkan perubahan pola hidup.

Bahkan, apabila diperlukan, dapat meresepkan obat untuk mengurangi tekanan darah. Tekanan darah yang ideal berkisar antara 90/60 mmHg dan 120/80 mmHg.

4. Hindari Merokok atau Minum Alkohol Dalam Porsi Banyak

Cobalah untuk dapat berhenti merokok sepenuhnya dan kurangi jumlah alkohol yang dikonsumsi.

Baik laki-laki ataupun perempuan dianjurkan untuk tidak minum lebih dari 13 gelas alkohol selama seminggu secara terus-menerus. Mengkonsumsi terlalu banyak alkohol dan merokok bisa meningkatkan tekanan darah.

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor penyebab paling sering dari penyakit ginjal.

5. Selalu Menjaga Berat Badan

Cara menjaga kesehatan ginjal terakhir adalah selalu menjaga berat badan agar tetap ideal. Kondisi terlalu gemuk bisa meningkatkan tekanan darah, yang tidak baik untuk ginjal.

Cobalah untuk menjaga berat badan tetap ideal dengan selalu aktif dan tidak makan yang berlebihan. Indeks massa tubuh Anda (BMI) merupakan langkah yang berfungsi untuk memeriksa apakah Anda mempunyai berat badan yang ideal. Anda bisa memakai kalkulator berat badan yang sehat dalam menghitung BMI. Baca Juga : Cara Menjaga Berat Badan

Nah, sekarang Anda telah mengerti apa saja tanda ginjal sehat, bukan?

Jika Anda merasa bahwa situasi ginjal tidak 100% seperti yang sudah disebutkan diatas, sebaiknya jangan terlalu buru-buru khawatir.

Tapi, apabila Anda juga mengalami perubahan terhadap urine, baik frekuensi, bau, maupun warna, jangan menunda untuk segera berobat ke dokter, ya!

Semakin cepat terdeteksi dan diobati, kemungkinan untuk dapat sembuh bisa sangat tinggi!

Related Posts:

0 Response to "Cara Mengetahui Kesehatan Ginjal dan Cara Menjaganya"

Post a Comment