Cara Mengatasi Sembelit



Sembelit biasanya memiliki ciri-ciri dengan menurunnya jumlah BAB kurang dari 3 kali dalam seminggu, situasi kesulitan atau sakit ketika BAB, dan perubahan tinja menjadi lebih kerang, kental atau kering. Kondisi tersebut biasanya ditandai dengan setelah melakukan BAB, masih terasa terdapat feses yang mengganjal. Lalu bagaimana cara untuk dapat mengatasi sembelit?

Kebanyakan dari kejadian sembelit diakibatkan karena pola makan yang salah, gaya hidup tidak sehat yang dilakukan setiap harinya, obat-obatan yang dikonsumsi, atau pun situasi medis yang dimiliki. Dalam kejadian yang kronis, penyebab sembelit terkadang tidak di mengerti secara pasti.

Meski terlihat simpel, namun sembelit bisa menurunkan kualitas hidup bagi penderitanya, termasuk juga menurunnya kesehatan fisik ataupun mental. Terdapat beberapa cara untuk mengatasi masalah sembelit dengan langkah-langkah yang sederhana dan bisa dijalani di rumah masing-masing. Berikut ini beberapa cara mengatasi sembelit :

1. Banyak mengkonsumsi air putih

Cara mengatasi sembelit yang pertama adalah dengan melakukan konsumsi air putih lebih banyak. Anda juga dapat mengkonsumsi minuman bersoda untuk mengatasi sembelit. Menurut jurnal Carbonated beverages and gastrointestinal system: between myth and reality minuman yang bersoda bisa mengatasi masalah sembelit dengan meningkatkan sistem kerja saluran pencernaan. Baca Juga : Manfaat Air Putih

Meski demikian, masih perlu dilakukan sebuah penelitian lebih lanjut agar dapat membuktikan hal itu. Terutama uji coba intervensi agar mendukung klaim pada kemungkinan dampak buruk dan menguntungkan terhadap sistem saluran pencernaan, dan lebih memperjelas bagaimana dampaknya pada pencernaan. Penelitian lainnya diperlukan untuk dapat mengevaluasi adanya kemungkinan dampak dalam hal erosi gigi dan masalah pada lambung.

2. Banyak mengkonsumsi makanan berserat.

Cara mengatasi sembelit berikutnya dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat. Serat bisa meningkatkan jumlah dan konsistensi tinja dengan menghisap air dari makanan yang dimakan. Serat pun juga akan berfungsi untuk dapat memperlembut tekstur tinja, sehingga menjadi lebih mudah untuk dapat dikeluarkan.

Disarankan untuk mengkonsumsi serat larut yang tidak bisa difermentasi. Berikut beberapa contoh makanan yang mengandung serat larut :

1. Kacang-kacangan

2. Gandum

3. Barlet

4. Lentil

5. Biji-bijian

6. Buah dan sayuran hijau

7. Kacang polong

Menghisap air dan membetuk pasta seperti gel, yang memperlembut tinja dan meningkatkan konsistensinya.

3. Konsumsi minuman berkafein

Kopi dan makanan dengan kandungan kafein yang terdapat di dalamnya bisa meningkatkan sistem kerja usus besar dan kontraksi apabila dibandingkan dengan air. Kopi juga memiliki serat larut yang bisa mencegah masalah sembelit dengan meningkatkan sistem keseimbangan bakteri usus.

4. Melakukan olahraga ringan

Melakukan olahraga ringan dapat menjadi sebuah cara untuk mengatasi sembelit berikutnya. Pada penderita kondisi tersebut, dengan melakukan olahraga ringan dengan berjalan cepat setiap hari bisa memperbaiki masalah gangguan sistem kerja saluran pencernaan. Jangan melakukan olahraga dengan intensitas yang tinggi. Bukannya membaik, gejala tersebut bisa memperburuk setelah beraktivitas.

Berikut beberapa contoh olahraga ringan yang bisa Anda lakukan

A. Berjalan kaki

B. Berenang

C. Bersepeda santai

5. Menghindari produk susu

Pada penderita intoleransi laktosa, susu dan produk olahannya bisa memberikan dampak terhadap sistem pencernaan, sehingga akan timbul masalah sembelit. Apabila Anda merupakan penderita sembelit, segera temui dokter di rumah sakit terdekat agar dapat mendiagnosa secara pasti.

Langkah awal yang dilakukan oleh dokter adalah menghapus produk susu dari makanan yang dikonsumsi, Makanan itu diganti dengan jenis asupan tinggi kalsium agar dapat memperbaiki masalah sembelit tersebut.

6. Konsumsi makanan atau suplemen probiotik

Cara mengatasi masalah sembelit yang terakhir adalah dengan melakukan konsumsi makanan atau suplemen probiotik. Suplemen probiotik sendiri merupakan sebuah bakteri hidup dan menguntungkan secara alami berada dalam usu. Bakteri itu bisa membantu dalam mengatasi masalah sembelit dengan meningkatkan frekuensi dan konsistensi tinja.

Bakteri itu juga bisa membantu dalam mengatasi masalah sembelit dengan memproduksi asam lemak rantai pendek. Kandungan itu dinilai bisa meningkatkan pergerakan usus, sehingga dapat menjadikannya lebih mudah untuk BAB. Makanan dengan probiotik yang dapat Anda konsumsi ialah Yoghurt atau kimchi.

Baca Juga : Cara Diet Sehat, Cara Mengatasi Insomnia

Ulasan diatas adalah beberapa cara mengatasi sembelit dengan langkah yang simpel. Tapi perlu diingat, apabila tidak lekas membaik segeralah menemui dokter agar dapat dilakukan penanganan selanjutnya.

Related Posts:

0 Response to "Cara Mengatasi Sembelit"

Post a Comment