Segudang Manfaat Wortel Bagi Kesehatan Tubuh

Wortel / Carrot


Manfaat Wortel Bagi Kesehatan Tubuh

Apabila membahas tentang manfaat wortel, mungkin yang terbesit dalam pikiran Anda adalah jenis sayuran yang baik bagi kesehatan mata.

Padahal, manfaat wortel yang sebenarnya jauh lebih luas dari sekedar itu, lho!

Wortel merupakan salah satu sayuran yang banyak dikonsumsi, karena mudah diperoleh dan harganya juga tidak membuat kantong kempes.

Di samping karena mudah untuk diolah menjadi beraneka ragam macam makanan, ada juga beberapa manfaat wortel bagi kesehatan yang mungkin belum Anda mengerti.

Anda dapat mengolah wortel sebagai sajian bagi keluarga, bahkan untuk MPASI Si Kecil ketika umurnya sudah menginjak 6 bulan atau lebih.

Manfaat wortel yang lainnya adalah, karena dapat diolah menjadi aneka ragam makanan yang lezat. Contoh makanan yang dapat diolah menggunakan bahan wortel adalah sayuran sop, dijadikan sebuah jus, atau menjadi kue bolu wortel dengan tampilan yang menarik.

Mari, Anda baca lebih lagi mengenai manfaat wortel bagi kesehatan tubuh berikut ini.

Segudang Manfaat Wortel untuk Kesehatan

Manfaat wortel dapat Anda peroleh, karena sayuran tersebut adalah sumber vitamin, mineral, dan serat yang bagus bagi kesehatan tubuh.

Untuk dapat memperoleh manfaat wortel dengan baik, Anda bisa mengonsumsi dalam jumlah takaran yang cukup dan tidak berlebihan mengonsumsi wortel.

Berikut ini manfaat wortel bagi kesehatan tubuh yang mungkin belum pernah mengerti sebelumnya:

1. Membantu Mencegah Penyakit Mata

Manfaat wortel bagi kesehatan tubuh yang pertama adalah mampu membantu mencegah penyakit mata. Hal tersebut pastinya sudah dimengerti oleh banyak orang, ya.

Hal tersebut karena kandungan vitamin A yang berada dalam wortel bisa menjaga kesehatan mata dengan baik.

Nutrisi wortel bagi kesehatan mata berasal dari kandungan beta karoten, yaitu karotenoid yang diubah tubuh menjadi vitamin A, ujar Taylor Michael Redmond, kepala Laboratorium Sel Retina dan Biologi Molekuler di National Eye Institute.

Bagi seseorang yang kekurangan vitamin A bisa mengakibatkan xerophthalmia, atau penyakit mata progresif.

Xerophthalmia bisa mengakibatkan kebutaan malam atau kesulitan melihat saat tingkat cahaya rendah.

Menurut penelitian dari Community Eye Health Journal, tidak memperoleh cukup asupan vitamin A bisa mengakibatkan penglihatan yang buruk, terutama ketika malam hari.

2. Membantu Memperjelas Penglihatan Mata

Wortel / Carrot


Manfaat wortel bagi kesehatan tubuh yang berikutnya masih berkaitan dengan kesehatan mata, yaitu dapat memperjelas penglihatan seseorang.

Manfaat buah untuk mata tersebut bisa Anda peroleh apabila rajin makan sayuran sebagai hidangan makanan.

Dilansir dari Office of Dietary Supplements, kekurangan vitamin A adalah salah satu faktor penyebab utama kebutaan terhadap anak-anak.

Wortel juga memiliki kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin. Nah, kombinasi kedua kandungan tersebut bisa membantu mencegah seseorang mengalami situasi degenerasi makula berhubungan dengan usia.

Penyakit yang sering diderita orang dewasa tersebut bisa mengakibatkan kehilangan penglihatan yang ireversibel, atau tidak bisa diubah.

Maka dari itu, Anda bisa menikmati manfaat wortel untuk kesehatan mata dengan mengonsumsi wortel dalam takaran yang tepat, ya!

3. Mampu Membantu Menurunkan Berat Badan

Masih bingung bagaimana cara memperoleh berat badanyang ideal? Kunci utamanya adalah defisit kalori.

Okeh karena itu, jenis makanan yang dimakan setiap hari pastinya sangat berpengaruh. terdapat berbagai sayur-sayuran yang baik dalam membantu program diet Anda agar berhasil, salah satunya adalah wortel.

Ya, manfaat wortel tersebut dapat diperoleh karena sayuran tersebut kaya akan serat sehingga memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna. Dengan begitu, Anda juga akan merasa kenyang lebih lama.

Nah, hal tersebut akan mencegah Anda untuk makan makanan berlemak lainnya secara berlebihan.

Baca Juga : Faktor yang Mempengaruhi Obesitas

4. Membantu Menjalankan Program Diet yang Baik

Manfaat Wortel bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah mampu membantu dalam menjalankan program diet yang baik. Cara paling baik makan wortel ketika diet, yaitu merebusnya dari pada dengan membuat jus wortel.

Menurut USDA National Nutrient Database, wortel memiliki kandungan serat alami yang tinggi, 1 cangkir porsi wortel cincang memiliki 3,6 gram serat.

Tapi, jika sudah diolah menjadi jus wortel, kandungan seratnya akan menurun sehingga manfaat wortel menjadi tidak optimal.

Salah satu kekurangan  dari jus wortel adalah kehilangan sebagian besar kandungan serat dari wortel, hanya menyisakan kandungan serat larut nabati. Hal tersebut membuat nutrisi jus wortel mempunyai kualitas yang lebih rendah ketimbang wortel mentah utuh.

Maka dari itu, lebih baik makan wortel secara utuh atau ditambahkan ke dalam sup serta makanan lainnya jika Anda sedang menjalankan diet defisit kalori.

Baca Juga : Cara Diet yang Aman dan Sehat bagi Tubuh

5. Mengendalikan Tekanan Darah

Manfaat wortel yang tidak kalah pentingnya bagi kesehatan tubuh, yaitu dapat  menurunkan kadar kolesterol yang jahat dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan wortel kaya akan kalium.

Kalium mampu membantu mengendurkan ketegangan di dalam pembuluh darah dan arteri, yang meningkatkan sirkulasi aliran darah dan menurunkan tekanan darah.

Manfaat dari wortel bagi kesehatan tubuh ters ebutkarena kandungan serat dan kalium yang dapat membantu mengelola tekanan darah dan melindungi kesehatan kardiovaskular.

6. Membantu Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Dilansir dari American Heart Association (AHA), setiap orang dianjurkan untuk makan lebih sedikit garam atau natrium ke makanan. Dan juga, diikuti dengan makan lebih banyak makanan dengan kandungan kalium yang tinggi, seperti wortel.

Journal of Chiropractic Medicine menunjukan, orang dengan konsumsi serat tinggi cenderung lebih rendah mengalami resiko penyakit kardiovaskular ketimbang mereka yang makan lebih sedikit serat.

Perlu Anda ketahui, tekanan darah tinggi dihubungkan dengan beberapa situasi yang berbahaya, yaitu:

  • Aterosklerosis, terjadinya saat terdapatnya pengerasan dan penebalan arteri dinding pembuluh darah.
  • Retinopati hipertensi, yaitu terjadinya perubahan pembuluh darah di dalam retina mata yang mengakibatkan darah bocor ke jaringan retina yang halus.
  • Stroke dan gangguan terhadap otak.
  • Gangguan terhadap ginjal.
  • Demensia, yang dikarenakan arteri menyempit atau tersumbat sehingga membatasi aliran darah ke otak.

Jangan menganggap remeh kondisi hipertensi, ya. Mulailah terapkan pola makan yang sehat, salah satunya dengan konsumsi wortel.

Karena, manfaat wortel baik bagi tekanan darah dan kesehatan jantung.

7. Membantu Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat wortel selanjutnya, adalah bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan. Hal ini karena wortel memiliki kandungan serat yang tinggi. 

Penelitian pada 893 orang dari International Journal of Clinical Oncology menunjukan, bahwa konsumsi lebih banyak makanan yang kaya karotenoid bisa menurunkan risiko kanker usus besar.

Karenanya, makan wortel bisa bermanfaat untuk kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

Di samping itu, riset lain menyebutkan bahwa orang yang makan makanan tinggi akan serat mempunyai risiko lebih rendah terpapar kanker kolorektal apabila dibandingkan mereka yang mengonsumsi lebih sedikit serat.

Wortel yang berukuran sedang mempunyai kandungan 1,7 gram serat, atau 5% dan 7,6% dari keperluan harian serat seseorang.

Di samping itu, 1 cangkir wortel cincang menyediakan asupan 3,58 gram serat.

Baca Juga : Cara Mengatasi Sembelit

8. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Wortel / Carrot


Manfaat wortel selanjutnya bagi kesehatan tubuh, adalah dapat melindungi daya tahan tubuh dengan baik.

Di masa pandemi kemarin, melindungi imunitas tubuh sangatlah penting, ya. Salah satu caranya dapat dengan menerapkan pola makan yang sehat dengan nutrisi seimbang setiap harinya.

Manfaat wortel satu tersebut dapat diperoleh karena sayuran tersebut mengandung beberapa vitamin, mineral dan antioksidan seperti vitamin B6 dan K, kalium, fosfor, dan lainnya.

Beberapa nutrisi tersebut memiliki peranan penting terhadap kesehatan tulang, sistem saraf yang lebih kuat, dan membantu meningkatkan kekuatan otak.

Baca Juga : Makanan Sehat dan Bergizi

9. Mengatasi Peradangan pada Tubuh

Wortel juga Memilki antioksidan yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Disamping membantu menangkal kerusakan karena paparan radikal bebas, antioksidan juga akan melindungi tubuh dari bakteri dan virus berbahaya, serta risiko peradangan.

Dilansir dari laman WebMD, vitamin C yang terdapat pada wortel juga akan melindungi tubuh Anda dalam membentuk antibodi yang dapat mempertahankan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C juga membantu tubuh dalam menyerap dan menggunakan zat besi serta mencegah infeksi.

10. Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat wortel selanjutnya bagi kesehatan tubuh, adalah bisa menurunkan risiko penyakit kanker.

Hal tersebut karena kandungan antioksidan dan beta karoten yang memberikan pigmen oranye pada wortel dan sayuran lainnya, bisa menurunkan risiko kanker. Salah satunya kanker payudara.

Dilansir dari Journal of the National Cancer Institute, wanita dengan kadar karotenoid yang tinggi juga bisa menurunkan risiko terhadap kanker payudara.

Tidak sampai disitu saja, pola makan yang kaya karotenoid bisa membantu menjaga terhadap beberapa jenis kanker lainnya, termasuk kanker prostat, usus besar, dan kanker perut.

Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk rutin konsumsi wortel mulai dari sekarang, ya.

11. Mampu Meningkatkan Massa Tulang Janin

Ternyata, terdapat juga manfaat wortel bagi kesehatan ibu hamil lho. Terutama karena kandungan kalsium pada wortel.

Ditujunkan bahwa 100 gram wortel mampu memberikan asupan kalsium sebanyak 33 miligram.

Dikutip dari American College of Obstetrician and Gynecologists, wanita hamil dan menyusui memerlukan 1.000 miligram kalsium tiap harinya.

Kalsium mampu membantu menumbuh kembangkan tulang dan tulang rawan yang kuat pada janin.

Wortel juga memiliki kandungan fosfor, yang membantu meningkatkan fungsi otot dan mencegah berbagai jenis kram.

Beberapa ibu hamil bisa mengalami situasi kram dan kekuan otot selama masa kehamilan.

Biasanya, situasi tersebut tidak berbahaya, tapi dapat bisa membuat Anda merasa tidak nyaman.

12. Menjaga Kadar Gula Darah

Manfaat wortel bagi ibu hamil selanjutnya, adalah mampu membantu melindungi kadar gula darah Anda tetap terkontrol dan menurunkan risiko diabetes.

Perlu diingat, ladar gula darah yang tinggi ketika hamil dapat membahayakan kondisi janin.

Di samping itu, studi dari American Academy of Pediatrics menunjukan, vitamin A yang terdapat pada jus wortel bisa membantu melawan infeksi. Diyakini bahwa peranan vitamin A juga meningkatkan kualitas ASI.

Jadi, hal tersebut akan bermanfaat saat Anda sudah menyusui nantinya sebagai asupan gizi bagi Si Kecil.

Baca Juga : Cara Menjaga Gula Darah agar Tetap Stabil

13. Menjaga Kesehatan Kuku

Ingin wajah yang awet muda dan sehat bercahaya? Nah, coba untuk konsumsi wortel, ya! Ternyata, manfaat wortel juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan kulit dan kuku, lho.

Hal tersebut karena wortel memiliki kandungan beta karoten, lutein, dan likopen.

Hal tersebut merupakan kandungan silikon yang tinggi pada akar bisa meningkatkan kesehatan kulit dan kuku.

Untuk memperoleh manfaat tersebut, Anda juga dianjurkan untuk makan wortel mentah supaya nutrisinya tidak berkurang.

Baca Juga : Penyebab Penuaan Dini dan Cara Mencegahnya

14. Mengatasi Kulit yang Kering

Di samping itu, manfaat wortel juga dapat mengatasi kulit yang kering.

Biasanya, kekurangan nutrisi bisa mengakibatkan kulit kering terkelupas adalah kekurangan kalium dalam tubuh.

Nah, Anda dapat makan wortel untuk mengatasi kulit yang kering.

Manfaat wortel tersebut dapat diperoleh karena sayuran tersebut memiliki kandungan kalium sehingga melindungi kulit tetap lembap dan kenyal.

15. Membantu Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat wortel bagi kesehatan tubuh dipercaya juga bisa mempercepat proses penyembuhan luka terhadap kulit.

Hal tersebut karena terdapatnya vitamin A yang tinggi, dipercaya mampu mengurangi peradangan dan mencegah infeksi terhadap kulit.

Dengan kata lain, penyembuhan luka pun akan semakin cepat di setiap harinya.

Itu ulasan mengenai segudang manfaat wortel bagi kesehatan tubuh. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa wortel merupakan sayuran yang baik untuk dikonsumsi.

Mulai sekarang, jadikan wortel sebagai bahan sayuran yang harus dikonsumsi oleh keluarga, ya.

Related Posts:

0 Response to "Segudang Manfaat Wortel Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment