Manfaat Vitamin A yang Wajib Anda Ketahui



Manfaat Vitamin A yang Wajib Anda Ketahui

"Vitamin A atau retinol merupakan salah satu nutrisi penting yang berguna untuk penglihatan, pertumbuhan, pembelahan sel, reproduksi, dan sistem kekebalan tubuh. Di samping itu, vitamin A juga bersifat antioksidan sehingga mampu menjaga sel tubuh dari efek radikal bebas."

Jika Anda berasumsi bahwa vitamin A hanya bermanfaat untuk kesehatan mata, asumsi tersebut salah besar. Karena, vitamin A tidak hanya sebatas berkaitan dengan penglihatan saja. Vitamin A merupakan vitamin yang hanya bisa larut dalam lemak. Lalu, vitamin A fungsinya untuk apa?

Selain berguna dalam proses penglihatan dan menjaga kesehatan mata, vitamin A juga berfungsi menjaga tubuhmu dari beraneka ragam mikroorganisme asing dan patogen penyebab penyakit. Hal tersebut karena vitamin A memiliki kandungan antioksidan, yaitu betakaroten yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas.

Manfaat Vitamin A

Vitamin A mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, seperti membantu sistem pertahanan alami tubuh dalam melawan penyakit ataupun infeksi yang mengganggu kesehatan pada tubuh Anda. Tidak sampai di situ saja, vitamin A juga sangat baik dalam membantu penglihatan seseorang menjadi lebih maksimal.

Menurut riset yang dilakukan oleh U.S. National Eyes Institute, tentang penyakit mata yang berhubungan dengan umur, risiko situasi seperti degenerasi makula nyatanya bisa berkurang dengan mengonsumsi antioksidan tingkat tinggi dalam vitamin A sekitar 25 persen.

Tidak hanya berfungsi untuk menjaga kesehatan penglihatan, menurut Dr. David Greuner seorang direktur dan salah satu pendiri NYC Surgical Associates, tercukupinya keperluan vitamin A dalam tubuh bisa membantu melindungi kesehatan kulit dan beberapa bagian tubuh lainnya.

Beberapa manfaat vitamin A yang mungkin belum pernah Anda sadari seperti:

  • Mengurangi risiko kanker tertentu.
  • Mendukung sistem imun tubuh yang sehat.
  • Menurunkan risiko timbulnya kulit berjerawat.
  • Menjaga kesehatan tulang. 
  • Meningkatkan pertumbuhan dan reproduksi yang sehat.

Di samping itu, kebutuhan vitamin A yang tercukupi dengan baik buktinya mampu membantu dalam pembentukan dan pemeliharaan gigi, tulang, jaringan lunak, sel darah putih dan juga sistem imun tubuh seseorang. 

Berikut Sumber Vitamin A

Mungkin Anda ingin mengerti, sebenarnya vitamin A itu apa saja? Vitamin A bersumber dari dua asal, yaitu dari hewan dan dari tanaman. Sumber yang terdapat dari hewan yang termasuk dalam retinol, sering disebut retinoid. Sementara, sumber yang berasal dari tanaman sering disebut karotenoid dan sumber tersebut termasuk dalam beta-karoten. 

Tubuh mengubah beta-karoten menjadi vitamin A. Nah, karotenoid tersebut juga termasuk di antaranya lycopene, lutein, dan zeaxanthin, mempunyai sifat biologis yang penting, termasuk antioksidan, dan kegiatan photoprotective.

Untuk memperoleh manfaatnya secara optimal tiap hari, vitamin A dapat diperoleh dari mana? Jawabannya, tentu dari makanan sehat dan bergizi yang Anda konsumsi, diantaranya seperti :

  • Wortel.
  • Minyak ikan.
  • Susu dan olahannya, termasuk juga mentega dan tepung susu.
  • Keju dan olahannya.
  • Daging sapi dan hati
  • Telur ayam dan dagingnya
  • Beberapa jenis ikan seperti sarden dan lain-lain
  • Kacang merah.
  • Ubi rambat merah, ubi kuning, ubi jalar.
  • Sayur-sayuran berwarna hijau, seperti bayam, kacang panjang, rumput laut, kangkung, semanggi, terong, dan lain sebagainya.
  • Buah-buahan segar seperti apel, mangga, dan sukun, tapi seringnya banyak terdapat pada buah-buahan berwarna kuning seperti pisang dan pepaya.

Demi memperoleh manfaat vitamin A, pada umumnya orang mencarinya dari sumber buah-buahan dan sayuran. Kira-kira, vitamin A paling tinggi terdapat pada buah apa ya? Jawabannya adalah buah mangga. Diketahui bahwa dalam satu buah mangga memiliki ukuran sedang terdapat kandungan vitamin A sebanyak 1082 IU.

Lalu, vitamin A paling tinggi yang terdapat pada sayur apa ya? Jawabannya tentu sudah bisa Anda sangka, yaitu wortel. Dalam 100 gram sayur wortel, memiliki kandungan vitamin A sebanyak 16.706 IU. Artinya, Anda dapat mencukupi kebutuhan vitamin A hanya dengan makan wortel setiap hari. 

Kebutuhan Vitamin A Harian Tubuh

Dilansir dari National Institutes of Health, keperluan vitamin A untuk setiap orang faktanya berbeda-beda. Situasi tersebut disamkan dengan umur dan aktivitas masing-masing tiap orang. Asupan vitamin A yang disarankan bagi orang-orang yang berumur diatas 14 tahun antara 700-900 mikrogram. 

Di samping itu, wanita hamil dan menyusui dianjurkan mencukupi kebutuhan vitamin A sebanyak 1.200 sampai 1.300 mikrogram setara dengan aktivitas retinol setiap harinya. Sedangkan bayi dan anak-anak dibawah umur14 tahun keperluan vitamin A lebih rendah dari 700 mikrogram.

Dampak Kelebihan Vitamin A

Meskipun mempunyai banyak kegunaan dan manfaat, vitamin A juga bisa menjadi sebuah racun apabila Anda konsumsi dalam dosis tinggi. Kurangi mengonsumsi vitamin A melebihi keperluan harian yang disarankan tanpa terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter. 

Asupan vitamin A yang berlebihan ketika hamil juga bisa mengakibatkan cacat lahir yang serius. Oleh karena itu, daripada mengonsumsi suplemen vitamin A, alangkah lebih baiknya Anda memperolehnya lewat makanan-makanan yang sebelumnya sudah dijelaskan diatas.

Vitamin A memang sangat berguna untuk banyak proses penting di dalam tubuh. Vitamin A tersebut dipakai untuk menjaga kesehatan penglihatan, meyakinkan fungsi normal organ dan sistem imun tubuh, serta membangun pertumbuhan dan perkembangan bayi yang normal di dalam rahim.

Terlalu sedikit dan terlalu banyak vitamin A dapat berakibat negatif terhadap kesehatan. Oleh karena itu, cara terbaik untuk memastikan keseimbangan keperluan vitamin A yaitu mengonsumsi makanan kaya vitamin A sebagai bagian dari pola makan sehat. 

Baca Juga : Makanan Sehat yang Perlu di Konsumsi Setiap Hari

                     Cara Diet Aman dan Sehat

                     Cara Menjaga Kesehatan Tubuh


Related Posts:

0 Response to "Manfaat Vitamin A yang Wajib Anda Ketahui"

Post a Comment