Cara Diet Sehat dan Aman Bagi Tubuh



Kebanyakan orang banyak yang mengira bahwa cara untuk melakukan program diet sehat dan aman untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi asupan dan jenis makanannya. Padahal diet yang benar bukan soal seberapa banyak asupan makanan Anda dalam sehari-hari. Lalu, bagaimana cara diet yang aman dan sehat untuk menurunkan berat badan?

Cara diet sehat dan aman untuk menurunkan berat badan

Diet yang sehat dan aman pada realitanya tidak semudah apa yang sering didengar. Salah cara diet malah akan mengakibatkan dampak negatif bagi orang yang menjalani program penurunan berat badan. Diet untuk mengurangi berat badan harus dilakukan dengan cara yang benar. Berikut adalah beberapa cara aman dan sehat dalam menjalankan program diet.

1. Menghitung keperluan asupan kalori dalam sehari

Sebelum memulai pemilihan menu makanan, cara yang paling baik adalah memulai diet sehat dengan mengetahui keperluan kalori Anda dalam sehari. Setiap orang mempunyai kebutuhan kalori yang berbeda-beda berdasarkan beberapa faktor, misal kondisi kesehatan seseorang hingga umur seseorang.

Sebagai contoh, orang yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas akan mempunyai kebutuhan kalori yang berbeda dengan orang sehat yang menginginkan untuk mengurangi berat badan. Dengan memperoleh jumlah kalori yang benar dari asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi, tubuh akan memperoleh tenaga yang diperlukan untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hasilnya, tubuh akan berjalan dengan normal sesuai fungsinya, mulai dari bernapas, memompa darah ke seluruh tubuh, hingga berpikir.

Jadi, sebelum merancang sebuah pola makan untuk menurunkan atau menjaga berat badan, Anda harus mengetahui dahulu kebutuhan asupan kalori supaya tubuh tetap berfungsi dengan normal.

2. Mengatur jumlah asupan makanan

Disamping kebutuhan kalori, cara diet aman dan sehat yang lainnya juga harus diperhatikan seperti mengatur jumlah asupan makanan dalam sehari. Ketika dalam menjalankan program diet, tidak berarti Anda harus menghindari beberapa jenis makanan. Karena, hampir semua jenis makanan juga dibutuhkan oleh tubuh, hanya tinggal Anda harus mengatur jumlah asupan masing-masing jenis makanan dengan sebaik-baiknya. Pada umumnya makanan bergizi terdiri dari makanan pokok atau karbohidrat, lauk-pauk, sayuran hijau dan berwarna-warni, buah-buahan dan air putih.

Pada intinya, Anda harus mengatur jumlah porsi makanan tersebut dengan menggunakan prinsip gizi yang seimbang. Dan jangan lupakan untuk menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh atau mengandung kadar gula yang tinggi saat makan malam, supaya berat badan tidak naik secara signifikan.

3. Mengatur waktu makan yang teratur

Kebanyakan orang yang percaya, dengan melewatkan waktu makan bisa menurunkan berat badan dengan drastis. Tapi pada kenyataanya hal tersebut tidaklah benar. Dengan melewatkan sarapan atau waktu makan lainnya malah akan menjadikan tubuh merasa cepat lapar, kadar gula darah akan naik-turun secara cepat, dan mengakibatkan stres yang berlebihan.

Apabila Anda ingin mengurangi asupan makanan, Anda dapat membagi 3 waktu makan besar menjadi 5 kali makan sepanjang hari tapi dengan jumlah makanan yang sedikit. Intinya, Anda harus tetap menghindari makanan dengan kadar lemak jenuh yang tinggi dan kandungan kalori yang berlebihan. Disamping itu, Anda harus memastikan agar tidak melewatkan sarapan pagi dengan makanan yang kaya akan protein dan serat karena dapat membuat rasa kenyang akan bertahan lebih lama sampai waktu makan siang datang.

4. Makan secara perlahan-lahan

Makan secara perlahan-lahan pada kenyataannya termasuk sebuah cara diet yang aman dan sehat yang masih sering diabaikan oleh banyak orang. Padahal, cara tersebut bisa membuat Anda merasa kenyang lebih cepat. Kondisi perut kenyang merupakan sebuah bagian dari faktor kepuasan makan setiap orang setelah makan. Faktor yang mengakibatkan rasa kenyang tersebut ternyata juga diakibatkan oleh aktivitas otak. Otak dapat memproses berbagai sinyal rasa kenyang dan puas dari sebuah hormon yang dilepaskan selama proses pencernaan.

Itulah sebabnya makan secara cepat malah membuat terasa kurang mengenyangkan. Saat Anda makan secara cepat, tubuh tidak mempunyai waktu yang cukup untuk dapat mengirimkan sebuah sinyal rasa kenyang dan rasa puas ke dalam otak. Akibat yang ditimbulkan adalah Anda mungkin akan menambah porsi makan Anda karena merasa perut belum terpuaskan dan masih lapar.

5. Membiasakan diri untuk rutin berolahraga

Tidak hanya mengatur pola makan, cara diet aman dan sehat yang tidak boleh Anda lupakan salah satunya adalah dengan berolahraga secara teratur. Ketika tubuh Anda memakai tenaga untuk melakukan aktivitas fisik, ini akan membantu dalam proses pembakaran kalori dari makanan yang telah Anda konsumsi.

Faktor penting olahraga secara rutin dan teratur sebagai cara diet aman dan sehat tidak terletak terhadap intensitas saja, namun juga terletak pada konsistensi Anda dalam melakukan Aktivitas fisik seperti olahraga. Lakukan kebiasaan untuk berolahraga paling tidak 30-45 menit dalam sehari atau sebanyak 4-6 kali dalam satu minggu, tergantung dengan kapasitas dan kebutuhan Anda. Jika Anda merasa sulit untuk mendapatkan waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas fisik, manfaatkan aktivitas sehari-hari misal dengan membersihkan rumah, merapikan rumah, atau dengan banyak berjalan kaki. Baca Juga : Manfaat Olahraga

6. Menerapkan pola hidup sehat

Cara diet yang aman dan sehat di atas akan menjadi percuma saja jika tidak diikuti dengan perubahan pola hidup menjadi lebih sehat. Karena, kebiasaan sehari-hari Anda juga memiliki sebuah peranan penting untuk menentukan apakah program diet sehat Anda akan berjalan dengan lancar atau tidak. 

Kebiasaan pola hidup sehat seperti menjaga kualitas istirahat dan tidur, menghindari konsumsi alkohol sampai mengelola stres dengan sebaik-baiknya. Hindari kebiasaan begadang dan pastikan Anda memenuhi kebutuhan tidur Anda selama 7-8 jam per hari. Berhenti dari kebiasaan mengkonsumsi alkohol karena alkohol memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi, mencoba untuk mengalihkan perhatian Anda dengan menjalani berbagai aktivitas yang lainnya ketika muncul keinginan untuk mengkonsumsi alkohol. Usahakan juga agar dapat mengelola stres dengan sebaik-baiknya karena kesehatan mental Anda akan menjadi sebuah faktor penting dalam menjalankan program diet aman dan sehat Anda agar dapat berhasil dengan baik. Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Pandai dalam memilih menu makanan yang akan dikonsumsi

Cara diet aman dan sehat dengan menentukan pilihan menu makanan tidak hanya harus bisa membuat timbangan berat badan turun, namun juga dapat membuat tubuh tetap sehat. Sebagai cara diet sehat dan aman, Anda harus menentukan menu makanan dengan sebaik-baiknya dengan tetap memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang. Berikut adalah beberapa contoh makanan diet sehat yang mudah diperoleh di sekitar Anda, seperti :

1. Oatmeal

Oatmeal dapat dikatakan sebagai makanan untuk diet yang harus ada setiap hari dalam menu makanan diet sehat dan aman Anda. Makanan pokok ini memiliki kandungan serat yang tinggi dan nilai indeks glikemik yang rendah. Jadi, Anda dapat menggunakannya sebagai menu pokok pengganti nasi atau mie, dan membuat kadar gula darah serta berat badan akan dapat dikendalikan dengan sebaik-baiknya.

2. Ikan

Jika Anda baru menjalankan program diet atau penurunan berat badan, cobalah untuk mengkonsumsi ikan lebih banyak. Ikan cenderung memiliki kadar lemak baik yang dapat membantu Anda dalam program penurunan berat badan. Tidak seperti daging, ikan memiliki jenis lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan otak. Biasanya, lemak tersebut terdapat di dalam ikan perairan laut seperti, ikan salmon, ikan tuna, ikan kembung. 

3. Brokoli

Brokoli dapat Anda jadikan sebagai salah satu makanan dalam menu program diet Anda. Karena makanan tersebut mempunyai kandungan kalori yang rendah, namun memiliki kandungan yang tinggi vitamin, serat dan juga mineral. Satu gelas penuh dengan brokoli memiliki kandungan kira-kira 30 kalori, sehingga dapat membantu melancarkan cara diet sehat dan aman yang Anda jalankan. Disamping itu, brokoli memiliki kandungan vitamin C, vitamin K, dan juga vitamin A yang tinggi.

4. Putih telur

Di dalam berbagai macam cara diet sehat dan aman, Anda mungkin sering mendengar tentang berbagai manfaat putih telur. Putih telur merupakan lauk yang kaya akan protein namun rendah lemak, sehingga sangat tepat untuk dijadikan sebuah menu dalam makanan sehat untuk diet Anda. Dalam 100 gram putih telur saja mengandung protein sekitar 11gram. Putih telur hanya mengandung kadar lemak sekitar 0,16 gram. Karena kadar lemak yang rendah, Anda tidak harus khawatir makanan tersebut akan membuat lemak menjadi menumpuk di dalam tubuh.

5. Apel

Banyak orang yang menjadikan buah apel sebagai menu dalam program penurunan berat badan karena mengandung serat yang sangat tinggi. Buah berwarna merah atau hijau tersebut memang mempunyai kandungan gizi yang sangat baik dan dapat membantu usaha Anda dalam menurunkan berat badan. Dalam satu buah apel berukuran kecil atau sekitar 80 gram, hanya terkandung kira-kira 45 kalori dengan 10 gram karbohidrat. Baca Juga : Manfaat Buah Apel

6. Air putih

Air putih sangatlah diperlukan oleh tubuh. Dan terlebih lagi jika Anda dalam proses menjalankan program diet. Untuk memenuhi kebutuhan asupan cairan dalam tubuh ketika merasa dahaga lebih baik untuk mengkonsumsi air putih dari pada minuman manis lainnya. Air juga dapat membantu dalam proses pemecahan lemak. Mengkonsumsi air putih dapat membantu hingga proses pembakaran beberapa ekstra lapisan lemak dalam tubuh. Disamping berolahraga secara rutin, dengan mengkonsumsi air putih yang cukup dapat membantu proses penurunan berat badan karena membantu mengontrol kadar kalori dalam tubuh. Baca Juga : Manfaat Air Putih

Itulah beberapa cara diet sehat dan aman bagi tubuh. dan juga beberapa menu makanan yang baik dalam proses penurunan berat badan Anda. 



Related Posts:

0 Response to "Cara Diet Sehat dan Aman Bagi Tubuh"

Post a Comment