Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh



Disamping memiliki cita rasa yang manis, pisang juga mengandung beberapa nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh Anda. Manfaat buah pisang yang beraneka ragam juga dengan mudah Anda peroleh dengan mengkonsumsinya secara rutin.

Buah pisang sudah menjadi salah satu dari sedemikian banyak buah yang paling digemari untuk dikonsumsi banyak orang Indonesia. Buah ini memang tumbuh subur di negara-negara tropis, seperti Indonesia.

Begitu banyak manfaat yang terdapat pada buah pisang. Kandungan nutrisi yang dikandung meliputi karbohidrat, mangan, protein, vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalium, magnesium dan juga serat.

Manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh

Dengan banyaknya kandungan nutrisi pada buah pisang, terdapat banyak manfaat untuk kesehatan tubuh yang meliputi :

1. Menjaga Jantung dan pembuluh darah agar tetap sehat

Kandungan kalium yang terdapat pada buah pisang bisa membantu fungsi pembuluh darah dalam mengangkut oksigen menuju ke otak, menurunkan tekanan darah, dan menjaga agar detak jantung tetap stabil. Buah pisang pun juga memiliki manfaat untuk mengurangi resiko stroke.

2. Menghindari dampak kerusakan sel dan jaringan di dalam tubuh

Senyawa antioksidan yang terdapat pada buah pisang bisa menghindarkan dampak kerusakan sel dan jaringan pada tubuh karena terpapar radikal bebas, sehingga dapat meminimalkan resiko terjangkit beberapa penyakit seperti Kanker.

3. Menjadi sumber energi bagi tubuh

Pisang sering dikenal sebagai sumber dari karbohidrat yang baik bagi kesehatan tubuh. Di dalam buah pisang terkandung sekitar 26 gram karbohidrat. Di dalam tubuh, karbohidrat akan dioleh dan dipecah menjadi glukosa yang merupakan sumber tenaga dan energi utama bagi tubuh.

Karbohidrat pun juga bisa diubah menjadi glikogen, yaitu salah satu bentuk glukosa yang disimpan pada otot serta hati dan digunakan sebagai tenaga dalam menjalani kegiatan setiap harinya.

4. Mengurangi perasaan mual ketika hamil

Di dalam buah pisang terdapat vitamin B6 yang bisa mengurangi perasaan mual dan rasa ingin muntah ketika sedang hamil, sedangkan kandungan kaliumnya bisa mengembalikan elektrolit yang hilang yang disebabkan setelah muntah. Hal tersebut yang membuat buah pisang sangat bagus untuk dikonsumsi bagi ibu-ibu yang sedang hamil

5. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Buah pisang adalah sumber prebiotik, sehingga bagus dalam menjaga kesehatan usus dan saluran pencernaan. Sebuah studi juga telah menunjukan bahwa probiotik bisa mengobati diare yang diakibatkan terpapar oleh virus, parasit, bakteri, ataupun reaksi tubuh karena mengkonsumsi antibiotik. Baca Juga : Cara mengatasi Sembelit

Selain dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan, dalam buah pisang terdapat serat yang bisa mengatasi masalah sembelit dan kanker usus besar. Pisang juga telah menjadi salah satu pilihan buah yang aman untuk penyakit asam lambung karena buah pisang termasuk dalam buah dengan kandungan asam yang rendah.

6. Meminimalkan terkena penyakit ginjal

Tidak hanya bagus bagi kesehatan jantung, kandungan dari kalium di dalam buah pisang juga bermanfaat dalam meminimalkan penyakit batu ginjal. Di dalam sebuah riset juga telah menunjukan bahwa orang yang sering terpenuhi asupan kaliumnya, mempunyai resiko lebih rendah terjangkit penyakit batu ginjal.

7. Mengurangi penyakit tukak lambung

Buah pisang bisa memicu peningkatan lendir di dalam lambung, sehingga bisa mengurangi atau mengatasi tukak lambung. Buah pisang juga berguna sebagai sebuah antasida alami yang bekerja dengan cara menetralkan asam lambung, sehingga dapat mengatasi rasa nyeri karena penyakit maag.

8. Bagus untuk Anda yang baru menjalankan program Diet

Buah pisang dikenal sebagai buah yang kaya akan seratnya. Kadar serat yang terdapat di dalam buah pisang bisa memberikan efek kenyang yang lebih lama dan dapat mengurangi nafsu makan yang berlebihan, sehingga Anda yang sedang dalam program menurunkan berat badan sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi buah pisang. Baca Juga : Cara Diet Sehat

Hal tersebut yang menjadi sebuah alasan mengapa buah pisang bagus untuk Anda dalam menjaga berat badan agar tetap ideal.

Cara sehat dan benar mengonsumsi pisang

Pisang yang telang matang dapat langsung dimakan atau dolah menjadi beraneka ragam jenis makanan atau camilan manis yang mengandung rendah kalori dan tinggi akan gizi. Tapi, batasi dalam mengonsumsi buah pisang yang diolah dengan metode digoreng, seperti menjadi pisang molen atau pisang goreng.

Menggoreng dapat menghilangkan kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah pisang tersebut dan malah dapat meningkatkan kadar lemak jenuh yang bisa meningkatkan resiko Anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi, diabetes, obesitas, penyakit jantung dan juga tekanan darah tinggi.

Agar memperoleh manfaat pisang secara optimal, Anda bisa mengolahnya dengan berbagai cara seperti ini :

1. Cara yang paling simpel adalah dengan mengolahnya menjadi jus, Anda dapat menambahkan beberapa bahan seperti madu, susu rendah lemak, dan buah-buahan yang lainnya.

2. Apabila Anda ingin mengkombinasikan dengan oatmeal atau sereal, Anda dapat menambahkan buah-buahan lain atau kacang almond.

3. Buah pisang juga bisa digunakan sebagai pengganti selai saat menyantap roti

4. Buah pisang yang telah dihaluskan juga dapat dikombikasikan ke dalam adonan untuk membuat kue bolu.

5. Buah pisang juga dapat langsung dimakan langsung tanpa diolah.

Agar dapat memperoleh manfaat dari buah pisang ini, ada baiknya jika Anda juga dapat mengimbangi dengan gaya hidup yang sehat, yaitu dengan mengonsumsi makanan bergizi lainnya, berolahraga secara teratur, dan memiliki waktu istirahat dan tidur yang cukup dan berkualitas.

Apabila Anda masih penasaran dan mempunyai beberapa pertanyaan tentang manfaat dari buah pisang, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi agar mendapatkan jawabannya. Dokter atau ahli gizi juga bisa memberi saran jumlah konsumsi buah pisang dalam sehari-hari, sesuai kondisi dan keperluan Anda.

Related Posts:

0 Response to "Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment