Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Tubuh



Apel merupakan buah yang digemari oleh banyak kalangan, buah yang mempunyai warna hijau dan merah ini mempunyai rasa yang manis dan sedikit asam. Tidak berhenti disitu saja, ternyata buah apel memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh dan dapat melawan atau mencegah bermacam-macam serangan penyakit.

Apel memiliki kandungan mineral, vitamin dan nutrisi yang tinggi sehingga baik untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit. Tidak salah apabila buah bewarna hijau dan merah ini banyak disukai banyak orang. Di bawah ini terdapat berbagai manfaat buah apel yang dapat Anda dapatkan apabila mengkonsumsinya secara rutin.

Berbagai manfaat buah apel untuk kesehatan tubuh

Buah apel dapat memberikan Anda pengaruh besar bagi kesehatan tubuh Anda, tidak hanya daging buah apel saja yang memiliki banyak manfaat, akan tetapi kulit dari buah apel ini juga memiliki manfaat. Anda dapat merasakan tubuh menjadi lebih fresh setelah rutin dalam mengkonsumsi buah apel. Buah apel kaya akan serat, flavonoid dan antioksidan. Kandungan ini dapat membantu Anda terhindar dari penyakit diabetes, jantung, dan kanker. Maka dari itu, agar dapat merasakan manfaat dari buah apel tersebut, Anda disarankan untuk mengkonsumsinya setiap hari. Agar dapat mengetahui lebih lanjut tentang manfaat buah apel untuk beberapa jenis penyakit, berikut adalah berbagai macam manfaat dari buah apel.

1. Menjaga dan menghindari penyakit serangan jantung

Rutin mengkonsumsi buah apel minimal 1 buah setiap hari diketahui dapat menurunkan resiko terkena serangan penyakit jantung. Tidak hanya itu saja, dengan mengkonsumsi buah apel dapat membantu tubuh agar dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Menghindari peradangan dan penyumbatan di dinding pembuluh darah arteri juga menjadi salah satu manfaat dari buah apel itu sendiri. Manfaat apel menjadi buah untuk dapat menurunkan kolesterol bersumber dari kandungan fitonutrien, pektin dan juga antioksidan yang tinggi bermanfaat agar dapat menghindari terjadinya kolesterol yang menumpuk pada lapisan dinding pembuluh darah Anda.

2. Menghindari terkena penyakit diabetes

Manfaat dari buah apel yang berikutnya adalah dapat mengelola kadar gula dalam tubuh Anda. Fitonutrien yang ada dalam buah apel itu bermanfaat untuk mencegah naiknya kadar gula darah dengan cara memicu sel-sel pankreas agar dapat memproduksi insulin, memperlambat proses pemecahan karbohidrat untuk berubah menjadi gula, menurunkan penyerapan gula.

Makanan yang memiliki kandungan indeks glikemik rendah yang sayu ini dapat menekan naiknya gula darah secara signifikan. Kandungan antioksidan dalam buah apel tersebut berperan penting untuk menurunkan dan menghindari resiko adanya komplikasi penyakit serangan jantung pada pengidap diabetes.

3. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Buah apel tinggi akan seratnya yang bisa memperlancar BAB dan menghindari konstipasi. Agar bisa mendapatkan manfaat buah yang satu ini, Anda di sarankan untuk mengkonsumsi apel bersama kulitnya, karena kulit apel memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan kaya akan seratnya.

Disamping itu, pektin yang terkandung di dalam buah apel dapat memberikan nutrisi terhadap bakteri baik yang ada di dalam saluran pencernaan, sehingga dapat menjaga kelancaran fungsi dari pencernaan di dalam tubuh Anda.

4. Menghindari terkena penyakit stroke

Antioksidan yang terdapat dalam buah apel seperti kuersetin dan flavonoid tersebut dapat meminimalkan matinya sel saraf karena penuaan. Antioksidan yang begitu tinggi dalam kulit apel juga dianggap dapat menjaga kesehatan dan membantu fungsi memori otak.

Terdapat riset yang menyatakan kalau buah apel memiliki dampak yang bagus agar dapat meminimalkan terkena resiko penyakit stroke.

5. Menjaga berat badan agar tetap ideal

Terdapat beberapa riset yang menunjukan apabila mengkonsumsi buah apel sebanyak 2 kali dalam sehari dapat menurunkan berat badan tubuh hanya dalam kurun waktu 13 minggu saja. Manfaat buah apel juga bermanfaat dalam menjaga berat badan ini berasal dari kandungan serat dan air yang sangat tinggi.

Karena buah apel dapat memberikan rasa kenyang yang sangat lama, menurunkan porsi makan yang berlebihan, dan juga melancarkan BAB.

6. Menghindari bau mulut yang tidak sedap

Apabila anda memiliki masalah dengan bau mulut yang tidak sedap, anda dapat mengantisipasinya dengan cara rutin memakan buah apel. Buah apel memiliki kandungan pektin yang dapat meningkatkan jumlah air liur agar membersihkan mulut dan mengelola bau makanan yang berada di dalam mulut.

Tidak hanya bau mulut saja, salah satu riset juga menunjukan apabila buah apel dapat meminimalkan resiko terjadinya kanker kolorektal, kanker mulut, kanker paru-paru, kanker payudara.

Dampak dari meminimalkan terkena penyakit kanker tersebut berasal dari kandungan antiradang dan antioksidan yang terdapat dalam buah apel tersebut. Namun, masih memerlukan beberapa riset lanjutan agar dapat memastikan kegunaan yang satu ini.

Agar bisa mendapatkan manfaat dari buah apel secara optimal, Anda harus mempunyai buah apel yang segar dengan warna terang dan juga bertekstur padat. Gizi yang berada di dalam buah apel bisa terjaga jika Anda menyimpan di dalam kulkas dengan shu 3-4 derajat celcius. Saat Anda ingin mengkonsumsi buah apel, Anda harus memastikan terlebih dahulu agar bijinya tidak tertelan. Karena biji buah apel tersebut memiliki kandungan racun sianida yang apabila dikonsumsi dalam jumlah tertentu dapat berakibat fatal untuk kesehatan tubuh. 

Tidak hanya itu saja, Anda pun juga harus mencuci tangan dan juga apelnya sebelum Anda mengkonsumsinya karena ada lilin dan pestisida yang kemungkinan masih berada pada permukaan kulitnya. Itulah berbagai macam manfaat dari buah apel tersebut yang mesti Anda mengerti dan Anda bisa mendapatkan apabila mengkonsumsinya secara rutin setiap hari. Mulai sekarang mulailah biasakan diri untuk mengkonsumsi buah apel secara rutin agar bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Related Posts:

0 Response to "Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Tubuh"

Post a Comment