Manfaat Buah Bit bagi Kesehatan Tubuh



Buah bit memiliki beraneka macam vitamin dan minerat yang sangat penting semisal vitamin C dan Vitamin B6, serta kalori, protein, lemak, dan serat. Beberapa contoh manfaatnya adalah dapat menjaga kadar gula darah di dalam tubuh dan menghindarkan tubuh terserang penyakit anemia.

Di dalam buah bit mempunyai daging berwarna merah, sama dengan buah naga. Meski buah bit termasuk ke dalam jenis buah, buah bit ternyata masih satu rumpun dengan umbi-umbian karena buah bit tumbuh di dalam tanah.

Di dalam buah bit tersebut memiliki nutrisi seperti protein, serat, antioksidan dan beraneka ragam jenis vitamin seperti vitamin C dan vitamin B6. Buah ini juga mempunyai kandungan lemak yang relatif rendah dan kalori yang aman dan sehat untuk tubuh.

Terdapat banyak manfaat dari buah bit tersebut diantaranya yaitu, dapat menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, meningkatkan stamina dalam tubuh, dan mencegah kepikunan. Disamping itu, buah bit juga sangat berguna agar dapat mencegah penyakit anemia dan merawat kesehatan mata.

Kandungan buah bit

100ml jus buah bit yang organik memiliki kandungan :

1. Protein sekitar 0,41 gram

2. Karbohidrat sekitar 7,4 gram

3. Kalori sekita 28 kilokalori

4. Serat sekitar 0,39 gram

5. Gula sekitar 5,41 gram

Sementara untuk buah bit yang di masak dalam 100 gram nya mengandung :

1. Protein sekitar 1,6 gram

2. Lemak sekitar 0,15 gram

3. Kalori sekitar 43 kilokalori

4. Serat sekitar 1,9 gram

5. Vitamin C sekitar 5,9% dari kebutuhan harian tubuh

6. Vitamin B6 sekitar 2,8% dari kebutuhan harian tubuh

7. Folat sekitar 19% dari kebutuhan harian tubuh

8. Kalium sekitar 5,9% dari kebutuhan harian tubuh

9. Fosfor sekitar 3,9% dari kebutuhan harian tubuh

10. Magnesium sekitar 5,9% dari kebutuhan harian tubuh

11. Zat besi sekitar 3,9% dari kebutuhan harian tubuh

12. Mangan sekitar 15,9% dari kebutuhan harian tubuh.

Manfaat Buah bit bagi kesehatan tubuh

1. Menjaga dan menstabilkan gula darah

Kandungan antioksidan di dalam buah bit berupa asam alpha-lipoc. Nutrisi ini sangat berguna untuk menghindari kerusakan sel dan membantu dalam proses penyembuhan sistem saraf yang rusak terhadap pengidap penyakit diabetes.

Di samping itu, dalam sebuah studi menyatakan bahwa, Buah bit mampu memperbaiki kadar gula darah terhadap seseorang yang mengidap obesitas atau kelebihan berat badan. Namun cukup membantu mereka agar mempunyai berat badan yang ideal

2. Menjaga tekanan darah dan membuat jantung menjadi lebih sehat

Di dalam buah bit terdapat kandungan nitrat akan diubah menjadi nitrit oksida di dalam tubuh orang. Zat itulah yang berguna dalam membantu untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Disamping itu juga, kandungan pigmen merah betasianin dan antioksidan bisa membantu untuk mengurangi peradangan yang berhubungan dengan penyakit jantung.

3. Mencegah supaya tidak terkena penyakit pikun

Di dalam buah bit kandungan nitrat bisa untuk meningkatkan aliran darah dan oksigen ke sel dan jaringan tubuh yang minim akan pasokannya, termasuk juga ke otak. Hal tersebut bisa untuk melawan perkembangan gejala pikun terutama pada orang yang sudah lanjut usia.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sebuah peradangan menjadi respons yang terbentuk saat terdapat sebuah benda atau zat asing yang masuk ke dalam tubuh seseorang. Buah bit dapat bekerja untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh setiap orang agar dapat mengusir zat itu yang dapat berakibat buruk untuk kesehatan tubuh setiap orang.

5. Membantu fungsi kerja dari otot dan saraf

Di dalam buah bit mengandung mineral yang sangat tinggi seperti kalium, yang bisa membantu sistem fungsi otot dan juga saraf di dalam tubuh. Manfaat itulah juga terjadi karena kandungan nitrat yang dapat bekerja untuk melancarkan aliran darah di dalam pembuluh darah vena dan arteri pada otot.

6. Meningkatkan Stamina Tubuh

Meningkatkan stamina tubuh merupakan sebuah manfaat yang terjadi karena kandungan karbohidrat dan protein beserta vitamin dan mineral yang berada pada buah bit. Apabila mempunyai jadwal aktivitas yang padat, sangat dianjurkan untuk minum jus buah bit agar dapat membantu tubuh selalu tetap bugar.

7. Dapat berguna dalam menurunkan berat badan

Di samping kadar kalorinya yang rendah, di dalam buah bit memiliki kadar air yang tinggi yang bisa berguna untuk menurunkan berat badan. Asupan serat yang terdapat di dalam buah bit bisa membantu agar nafsu makan tidak berlebihan dan membuat perasaan kenyang bisa bertahan dalam jangka waktu lebih lama.

8. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Serat bisa melancarkan proses pencernaan dengan cara menghisap air ke dalam usus besar. Jadi, feses yang dihasilkan akan menjadi lebih lembut dan besar, sehingga masalah buang besar bisa menjadi lebih lancar dan teratur. Serat pun juga dapat mengoptimalkan penyerapan nutrisi makanan, terutama yang jumlahnya sedikit.

9. Bisa membantu tubuh agar terhindar dari penyakit anemia

Di dalam buah bit memiliki zat besi yang tinggi, hal ini berfungsi untuk membantu tubuh agar dapat terhindar dari penyakit anemia. Penyakit ini memiliki ciri-ciri seperti sering merasakan rasa lelah, sesak napas, pusing, dan meningkatnya detak jantung

10. Menjaga mata supaya tetap sehat

Buah bit memiliki lutein atau zeaxanthin yang bisa berguna untuk membantu menyehatkan makula dan retina mata. Di dalamnya juga memiliki vitamin C yang bisa menjaga kadar kelembapan dan mencerahkan penglihatan.

Meskipun bisa menyehatkan, lebih baiknya jangan mengkonsumsi buah bit secara berlebihan. Karena, jika terlalu banyak mengkonsumsi buah bit bisa menurunkan kadar kalsium di dalam tubuh Anda dan dapat mempengaruhi sistem kerja organ ginjal.

Baca Juga : Manfaat Buah Pisang

                     Manfaat Buah jeruk

                     Manfaat Buah Apel

Apabila mengalami gangguan setelah mengkonsumsi buah bit, segera pergi ke dokter untuk dapat dilakukan perawatan. Pola hidup sehat sangat berguna untuk tubuh setiap orang. Kesehatan merupakan sebuah investasi Kita untuk masa yang akan datang. Dengan tubuh yang sehat kita dapat menjalankan seluruh aktivitas dengan maksimal.

Related Posts:

0 Response to "Manfaat Buah Bit bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment